Ramadhan datang Janjipun terurai

06.17.00

Bismillah. Walau kata sebagian orang menyesal tak ada gunanya, tapi saya tetap saja menganggap bahwa penyesalan itu banyak gunanya, setidaknya ada keinginan untuk berbuat lebih baik andai ada kesempatan lagi, atau paling minimal kita bisa menjadi pahlawan untuk orang lain dengan memberikan peringatan untuk tidak mengulang kesalahan yang sama.

Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan ke dua belas sejak hukum wajib puasa melekat pada diri saya. Diumur yang sekarang ini ada banyak penyesalan atas terlewatinya banyak ramadhan tanpa benar-benar terhayati. Di bagian ini, penyesalan sangat berguna, Andai ada kesempatan untuk bertemu ramadhan, InsyaAllah akan saya dekap erat-erat ramadhan itu. Saya tidak akan membiarkannya pergi sebelum semua dosa saya terkuras. *Ya Allah pertemukan kami dengan Ramadhan*

Kurang Lebih 40 hari lagi Ramadhan akan menemui para perindunya, persiapan saya ini agak terlambat. Sejarah menceritakan bahwa dada-dada ulama terdahulu sudah bergemuruh dari enam bulan sebelum ramadhan datang. mereka banyak berdo’a agar dipertemukan dengan bulan mulia itu. Rindu yang menyesaki dada-dada mereka bukan tanpa alasan, Ramadhan hadir dengan banyak janji, disesaki kebaikan, keberkahan, pemberian, dan pintu ampunan terbuka lebar, bahkan syurgapun terbuka pintunya saat ramadhan menampakan diri. Subhanallah.

Ada banyak persiapan yang bisa dilakukan untuk menyambut Ramadhan, dan sebaik-baik persiapan adalah takwa dan Ilmu. Oke teman-teman , karena saya adalah tipikal orang yang semangat jika diiming-imingi janji manis,hehe, jadi saya mengawali persiapan menyambut ramadhan dengan mempelajari keutamaannya. Cekidot

Pertama

”Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra: Bahwa sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda : Ketika datang bulan Ramadhan: Sungguh telah datang kepadamu bulan yang penuh berkat, diwajibkan atas kamu untuk puasa, dalam bulan ini pintu Jannah dibuka, pintu Neraka ditutup, Setan- Setan dibelenggu. Dalam bulan ini ada suatu malam yang nilanya sama dengan seribu bulan, maka barangsiapa diharamkan kebaikannya ( tidak beramal baik didalamnya), sungguh telah diharamkan (tidak mendapat kebaikan di bulan lain seperti di bulan ini). ( HR. Ahmad, Nasai dan Baihaqy. Hadits Shahih Ligwahairihi) .

Pintu-pintu syurga dibuka pada bulan ramadhan karena sesaknya bulan ini dengan banyak kebaikan, pintu neraka ditutup disebabkan sedikitnya dosa yang dilakukan oleh orang-orang beriman. Syaithan yang sebelum-sebelumnya aktif menggoda kita, saat bulan ramadhan mereka di ikat.

Kedua

Dari Abu Hurairah, semoga Allah merahmati beliau atas banyaknya hadits yang beliau riwayatkan. Beliau menuturkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Ummatku diberikan lima hal yang belum pernah diberikan kepada ummat-ummat sebelumnya ketika ramadhan. Pertama, Bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum daripada minyak kesturi di sisi Allah. Kedua, Para malaikat untuk mereka hingga berbuka. Ketiga , Allah memperindah syurga-Nya, seraya berfirman kepadanya :”Hampir-hampir para hambaKu yang shalih akan mencampakan berbagai kesukaran dan penderitaan lalu kembali kepadamu. Keempat, Syaithan-syaithan durjana dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti bulan-bulan selain ramadhan. Kelima, mereka akan mendapat ampunan diakhir malam. ‘ada yang bertanya: wahai Rasulullah , apakah itu terjadi pada malam lailatul Qadr ?’ beliau menjawab “ ‘bukan, namun pelaku kebaikan akan disempurnakan pahalanya seuasai menyelesaikan amalannya” (HR. Al Bazzar dan Al Baihaqi)

Keutamaan ini baru sebagian tapi Semoga dengan mengetahui keuataamaan ini, rindu kita semakin tidak sabaran ingin bertemu ramadhan, Guys.. jangan biarkan Ramadhan nanti pergi begitu saja, bisa bertemu Ramadhan adalah nikmat yang besar bagi orang yang mendapati dan menunaikan hak nya. Yaitu, mereka yang kembali kepada Rabb Nya dari kelalaian, siapkan diri kita sebaik mungkin, karena sungguh merugilah mereka yang ramadhan berlalu namun tidak mendapatkan ampunan, sabda Rasulullah.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”
(QS. Al Baqarah: 183)

Sumber bacaan : Majelis Bulan Ramadhan karya syaikh Muhammad bin shalih al-‘Utsaimin

Pict from muslimagnet

1 Juni 2013/22 Rajab 1434 H

You Might Also Like

2 comments

  1. Assalamualaikum...
    Rahma di bekasi? Boleh minta no hape nya? Insyallah rencananya mau ke bekasi, menghadiri nikahan teman. (Kirim ke kotak privat message aja ya)

    BalasHapus
  2. Wa'alaykumsalam...iyap d bekasi..boleh, ini nomer hapeku. 085341902131..kabar2i y klo udah mau kesini..

    BalasHapus

I'm Proud Member Of