Sunnah saat bangun tidur

10.37.00

Bismillah. Bisa bangun pagi itu keren, tapi menyegerakan bangun pagi dengan istiqomah melaksanakan sunnah setiap bangun tidur itu lebih keren lagi. Keren karena melaksanakan sunnah adalah upaya kita untuk benar-benar memulai hari kita dengan syukur dan hidup sesuai petunjuk Rasulullah. Masyaallah.

Temans, sesuai niatan jum'at pekan lalu, hari ini kita mulai lagi nih belajar sunnah. Di postingan kali ini, kita akan belajar sunnah saat bangun tidur. Untuk yang sudah tahu, nggak apa-apa ya, anggap saja buat merefresh dan muhasabah diri sudah sejauh mana usaha kita untuk istiqomah melaksanakan sunnah saat bangun tidur. Buat kita-kita yang baru tahu, jangan berkecil hati, its time to move on hidup sesuai sunnah Rasulullah. Saya yakin kamu pasti akan seperti saya yang terpesona hebat saat tahu kalau hal-hal kecil pun dalam kehidupan ini  ternyata sudah dicontohkan rasulullah, jadi kita gak musti ngarang membuat amalan baru.


Sunnah-sunnah saat bangun tidur ada beberapa point, silahkan disimak ya. cekidot.

Pertama, mengusap wajah dengan tangan agar hilang ngantuk. Imam an nawawi dan ibnu hajar Rahimahumallah telah menjelaskan disunnahkannya perbuatan ini berdasarkan hadits berikut "Saat Rasulullah bangun dari tidur, beliau duduk dan mengusap wajahnya dengan tangannya untuk menghilangkan ngantuk" (HR. Muslim)  

Kedua, mengucapkan do'a berikut 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kita kembali, setelah sebelumnya mematikan kita, dan hanya kepadaNya kita kembali"

Ketiga, bersiwak "apabila Rasulullah bagun dari tidur di malam hari, Rasulullah menggosok gigi dengan siwak" (HR. Bukhari dan Muslim)

Keempat, mendenguskan angin dari lubang hidung, Rasulullah bersabda "Apabila salah seorang di antara kalian bangun tidur, hendaknya ia mendenguskan angin melalui lubang hidungnya sebanyak tiga kali karena setan biasanya mendekam di lubang hidung" (Muttafaq 'alaih)

Kelima, membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda "apabila salah seorang di antara kalian bangun tidur, jangan lansung mencelupkan tangannya ke dalam bejana wudhu sebelum membasuhnya sebanyak tiga kali (HR. Bukhari Muslim)

Subhanallah, Agama kita ini memang keren pake banget, disetiap sendi kehidupan kita sudah ada contoh dari Rasulullah. Yang musti selalu kita ingat, melaksanakan sunnah itu selain dapat pahala, juga merupakan indikasi cinta yang sempurna pada Rasulullah, Mutaba'ah. Semoga Istiqomah, untuk pekan ini ayuk latih diri kita untuk ngamalin sunnah yang ini.

Tetap steytun, Insyaallah postingan belajar sunnah akan ada terus setiap hari jum'at, selamat mengamalkan yaaa :)

Salam, 

Sumber: 1001 Sunnah dalam sehari semalam karya Khalid Al Husain

11 Oktober 2013





You Might Also Like

4 comments

  1. jazakillah khayran sudah berbagi...^^

    BalasHapus
  2. kalau mendengus baru tahu mbak, terimakasih ya.. saya akan coba..

    BalasHapus
  3. makasih udah share Mbak, semoga kita bisa istiqomah untuk mengamalkannya. Aamiin :)

    BalasHapus
  4. mbak Rahma.... Alhamdulillah, sudah An share di sini: http://mentoringfamily.blogspot.com/2013/10/sunnah-saat-bangun-tidur.html

    jazakillah khairan katsiran...

    BalasHapus

I'm Proud Member Of