Sunnah keluar masuk kamar mandi

08.21.00

Bismillah. Senang sekali melihat cuaca pagi ini, tidak terlalu panas, tidak juga terlalu dingin, sejuk. Sepanjang perjalanan ke tempat kerja saya memikirkan pencampaian saya selama sepekan ini, evaluasi dari jum'at ke jum'at. Saya melihat diri sendiri seperti terproyeksikan sebagai seorang yang banyak lupa dan tergesa-gesa, hampir setiap pagi, saya bangun terburu-buru hingga saya lupa mensyukuri nikmat kembali terbangun lagi, tak hanya itu, bangun terburu-buru itu bisa menukar-nukar do'a, tak jarang saya membaca do'a bangun tidur saat masuk kamar mandi di pagi hari atau membaca do'a sebelum tidur saat memulai belajar di malam hari.

Mungkin karena sunnah adalah bagian dari Ibadah maka jadilah ia bagian dari kehidupan yang diuji pengamalannya. Sederhananya, saya mencemaskan diri saya sendiri yang masih susah beristiqomah melakukan sunnah-sunnah yang sederhana. Pertanyaan paling beratnya adalah tentang pengakuan cinta pada Rasulullah, jika serius mencintai Rasulullah maka pastilah amalan sunnahnya habis-habisan, suka atau tidak suka, ringan atau berat. Mencintai Rasulullah itu menjadi tolak ukur keimanan, seseorang tidaklah dikatakan beriman dengan baik sebelum ia mencintai Rasulullah lebih dari darinya sendiri. Saya harus bilang kalau cinta saya ini belumlah terlalu serius, maafkan saya. Jum'at hari ini, saya lagi-lagi mengurai harapan Duhai Rabbku mudahkankan saya untuk hidup sesuai sunnah Rasul-Mu. Aamiin.

Salah satu sunnah yang terbilang sederhana dalam pengamalannya adalah sunnah keluar masuk kamar mandi, tapi yakin saja tanpa taufik dari Allah maka sunnah ini akan berat pelaksanaannya atau minimal lupa. Padahal dari sekian banyak sunnah, sunnah yang ini termaksud sunnah yang istimewa karena berkenaan dengan tempatnya. Saya ngeri membayangkan kalau di ruangan kecil tempat biasa kita 'buka-bukaan' itu ada makhluk lain yang tidak terlihat namun jelas mengamati kita.


Agama kita ini, lewat Rasulullah mengajarkan kita untuk memohon perlindungan pada Allah dari penghuni tetap kamar mandi sebelum kita memasukinya. Berkaitan dengan keluar dan masuk kamar mandi, ada beberapa sunnah, yaitu:
  1. Masuk dengan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan. Jangan ketuker yaah..
  2. Mengucapkan do'a masuk kamar mandi  اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ اْلخُبُثِ وَاْلخَبَائِثِ
    Artinya: Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari kejahatan syetan laki-laki dan setan perempuan (Muttafaq 'alaih)
  3. Mengucapkan do'a keluar kamar mandi  غُفْرَانَكَ (Kami memohon ampunanmu)
Kata khubts dan khabaaaits artinya adalah setan laki-laki dan perempuan. Setiap muslim memohon perlindingan kepada Allah agar memeliharanya dari kejahatan mereka karena kamar mandi adalah tempat tinggal setan.

Temans, Setiap hari kita bisa keluar dan masuk kamar mandi sampai berulang-ulang, jangan lewatkan momen membuktikan cinta dengan melaksanakan sunnah dalam setiap aktivitas kita ya, termaksud sunnah keluar masuk kamar mandi. Keep Istiqomah, forever till end.

Salam,

18 Oktober 2013
Tanggal 10 November masih lama..


You Might Also Like

4 comments

  1. alhamdulillah, ada yang mengingatkan kembali. makasih mbak Rahma guru online ku hehe.. ada apa tuh tanggal 10 november?

    BalasHapus
  2. Semoga sunah2 Rasul bisa kita terus terapkan dlm kehidupan kita ya....

    BalasHapus
  3. mau upacara bendera ya..??
    sebentar lagi koq..tanggal 10 nov mba...
    sabar aja...nda terasa koq...
    baca al quran 22 juz ....sampai dech ...
    :)

    BalasHapus
  4. Sunnah yang sederhana namun sring terlupa.. Syukran sudah mengingatkan..

    Sesuatu yang di nanti selalu terasa lama..
    10 nov...

    BalasHapus

I'm Proud Member Of