#gamelevel2: “Slow Down”

9:44:00 PM


Hari ini masih lanjutan dari latihan merapikan mainan. Masih main tuang-tuang air, soalnya Ruwaid senang nggak kira-kira saat main ini. Saat menemani Ruwaid bermain saya membiarkannya melakukan apa yang ingin dia lakukan, saya tahu pilihannya adalah yang membuatnya senang walaupun saya sempat syok karena air yang sudah saya kasih pewarna dituang ke lantai. 😅

Bagi anak-anak bermain adalah bermain, beda dengan orang dewasa yang menyelipkan banyak hal dalam setiap hal yang mereka lakukan, dan sungguh ini menghilangkan mindfulness yang menenangkan.

Membiarkannya memilih apa yang ia lakukan adalah cara melatih kemandiriaannya, setelah main-main mainannya ditinggalin, haha, lupa lagi padahal kemarin udah belajar beresin mainan. 🤣🤣😅

Yang coba saya lakukan sekarang belajar 'slow down dan mindfulness' setiap harinya. Ruwaid mengajarkan dua hal ini, saya selalu takjub pada cara anak-anak bahagia, dengan ritme hidup yang lambat, mereka menyadari hal-hal kecil disekitar mereka, pun seekor semut kecil hitam disela-sela lantai yang luput dari perhatian orang dewasa. Dulu tumpahin air selalu terasa merepotkan setelah merubah mindset bahwa ngelap air yang ditumpahin anak nggak sampai lima menit kok, rasanya lebih tenang, dan nggak ada lagi drama nyesal karena udah marah-marah.

#Harike9
#Tantangan10Hari 
#GameLevel2 
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian 
#InstitutIbuProfesional

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of