#GameLevel2: Melatih Kemandirian Anak

11:52:00 PM


"Kemandirian terbangun melalui bantuan, kesempatan, dukungan yang diberikan oleh orang tua dan lingkungan sekitar"


Bismillah. Tidak terasa hari ini sudah masuk pekan #Gamelevel2 dengan tema 'Melatih Kemandirian'. Awal membaca tema ini saya sudah membayangkan hal-hal seru yang bisa saya coba bersama Ruwaid. 

Sebagai ibu-ibu muda dengan kegalauan dan kekepoan yang banyak, haha, saya juga tidak luput dari ingin tahu anak-anak yang lain yang seumuran Ruwaid sudah bisa apa. Kadang pas lagi ngobrolin anak sama teman lewat WA saya ketawa-ketawa sendiri, betapa tingkah anak-anak itu walaupun kadang bikin repot tapi giliran dibahas lagi pasti mendatangkan rasa senang yang bikin ketawa. 

Sebelum memulai tantangan 10 hari melatih kemandirian, saya coba membaca lagi ekspektasi kemandirian anak usia 0-3 tahun, kemudian saya ceklist kegiatan yang sudah bisa Ruwaid lakukan sendiri.

1. Minum sendiri dari Gelas  ✔
2. Memegang Makanan Ukuran Kecil ✔
3. Cuci tangan sendiri sambil diawasi
4. Menggunakan sendok makan sendiri ✔
5. Ikut merapikan mainan (biasanya pas saya masukin box disaat bersamaan dingeluarin, haha)
6. Memakai  dan mengganti sendiri baju yang tidak berkancing (sudah bisa lepas baju dan celana)
7. Memasukan baju kotor ke kotak cucian (belum pernah dicontoin)
8. Memakai dan melepas kaos kaki  dan sepatu tidak bertali (sudah bisa melepas, memakai belum)
9. Sikat gigi sendiri namun masih dalam pengawasan orang tua (dia kabur setiap kali lihat saya bawa pegang sikat gigi)
10. Memberitahukan orang lain ketika anak butuh ke toilet ( sudah ada kode, biasanya kalau saya nggak cepat tanggap pas dia BAB, dia langsung inisiatif sendiri mau cebok.. hahah, horor, cebok nggak akai air)
11. Buang air sendiri sedikit dengan sedikit bantuan untuk membersihkannya. (belum coba toilet training, saya belum siap, hahaha)

*Sumber: Buku Anti Panik Mengasuh bayi 0-3 tahun.

Untuk tantangan 10 hari melatih kemandirian, Ruwaid akan belajar merapikan mainan, memasukan baju kotor ke kotak cucian, sikat gigi sendiri, dan makan sendiri.

Evaluasi hari pertama:

1. Merapikan mainan: Saya lihat Ruwaid punya persepsi berbeda dengan saya tentang merapikan. Menurut saya merapikan adalah di masukan ke dalam box mainan, sedang menurut Ruwaid merapikan disusun rapi tapi diluar box. Maka jadilah pas saya masukin mainan, Ruwaid bergegas juga ngeluarin / numpahin mainan dari box. Rasanya, pengen jalan-jalan ke pantai dolo, hahaha, apalagi pas nggak sengaja nginjak lego.

2. Memasukan baju kotor ke tempat cucian: Belum dicoba, hari ini pas dia mandi saya malah rapiin jemuran terus bajunya langsung saya masukan ke baskom.

3. Sikat gigi sendiri. Ruwaid tiap kali lihat saya pegang sikat gigi langsung kabur, hahaha, sesekali dia minta sikat giginya lalu menyikat giginya sendiri. Pernah juga sikat giginya diumpetin dipinggiran kasur.

4. Makan sendiri. Alhamdulillah sudah bisa, tinggal belajar biar lebih rapi lagi dan saya belajar lebih sabar lagi sering-sering ngepel rumah.

Insyaallah empat kegiatan ini akan menjadi tema latihan kemandirian untuk Ruwaid dalam 10 hari ini. Tentang kemandirian, saya percaya anak-anak bisa mandiri karena diberi kesempatan untuk mencoba. Dulu saat Ruwaid mencoba sesuatu saya sering reflek men 'cut' apa yang dia lakukan karena berbagai alasan, hiks, padahal anak-anak seumuran Ruwaid memang lagi ada di fase ingin mencoba banyak hal.

Alhamdulillah, setelah menyadari kesalahan yang lalu, sekarang saya memberi anak saya kesempatan untuk melakukan apa yang ingin ia lakukan sendiri, saya memberi dia kesempatan mencoba hal-hal baru, hasilnya, saya di buat syok, dalam hitungan kedipan mata dia udah bisa manjat rak setinggi 1,5 meter. Padahal sebelumnya dia masih kesulitan untuk sekedar mengangkat kaki, tapi setelah mencoba dan mencoba akhirnya bisa. Dan eksperesinya pas udah bisa girang banget, bolak balik minta dituruni nterus naik lagi sampai saya keringat ijo. Hahaha.

#Harike1
#Tantangan10Hari 
#GameLevel2 
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian 
#InstitutIbuProfesional

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of