#gamelevel2: Latihan Pegang Sendok

3:29:00 AM



Belajar pegang sendok ini sebenarnya sudah mulai Ruwaid lakukan sejak usia enam bulanan. Dengan rentang waktu yang cukup lama dari usia enam bulan sampai dua tahun ada banyak cerita belajar pegang sendok. Yang semuanya bikin saya sadar kalau selama ini kesempatan yang saya kasih ke Ruwaid untuk memegang sendoknya sendiri saat makan masih sering saya batasi, ntah itu sayanya yang nggak sabaran melihat dia nyendokin nasi seumprit demi seumprit😂, sampai rasa malas ngebersihin sisa makanan yang terhambur kemana-mana.

Alhamdulillah, saya menyadari kesalahan ini lebih cepat. Saya menyadari bahwa memberi anak kesempatan untuk mencoba adalah kunci utama membangun kemandiriannya, membangun rasa percaya dirinya. Walaupun dengan memberi dia kesempataan berarti saya harus ngepel berkali-kali dalam sehari dalam sehari, saya harus mandiin dia lebih dari lima kali sehari karena makanannya selain dia masukin ke mulut di masukin ke celanannya juga, saya harus syok karena nasi disendokinnya bukan ke mulut tapi dipidahin ke selimutnya, hahaha, ya Alloh. Pengalaman belajar sendok ini bikin saya ketawa-ketawa sendiri. 😂

Awalnya belajar pegang sendok hanya pas makan aja, setelah mengenal montessori ternyata ada banyak cara melatih anak pegang sendok, pegang sendok tidak lagi hanya memindahkan makanan tapi ada banyak pelajaran lain yang di dapat si anak, mulai dari mengasah motorik halus, melatih koordinasi mata dan tangan, meningkatkan fokus dan konsentrasi anak, dan tentunya tak ketinggalan melatih kesebaran ibunya. 😂.

Untuk latihan pegang sendok, selain acara makan-makan, Ruwaid juga latihan pegan sendok dengan memindahkan benda benda kecil dan air dari satu wadah ke wadah yang lain, biar lebih semangat sendoknya saya ganti, mulai dari sendok kecil, sendok maka, sendok yang lebih besar, garpu, sampai sendok sup.

Hasilnya, dia senang dan makin pintar. hehe, apalagi pas mainin air, udah berasa sorga dunia buat dia. Alhamdulillah, tujuan main tujuan main selain memasukan nilai ke diri anak, juga untuk bikin dia senang, mengajarkan dan mencipta banyak kenangan manis dihatinya.

Hari ini kami latihan pegang sendoknya dengan memindahkan beras dari wadah yang satu ke yang lain, memindahkan air, makan semangka menggunakan garpu, makan labu kuning menggunakan sendok makan. Kadang makanannya kalau nggak bisa disendok, Ruwaid langsung ambil pakai tangan, makan sup pakai tangan itu anti mainstream. 😂.

#Harike3
#Tantangan10Hari 
#GameLevel2 
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian 
#InstitutIbuProfesional

You Might Also Like

1 comments

  1. [2021] Rotten Tomatoes and Reviews for Teenage Mutant Ninja
    Teenage Mutant Ninja Turtles: youtube mp4 The Secret of Shinobi (1991) is an action role-playing game developed and published by 1xbet korean Sega in Japan for the Sega Mega  Rating: 5 · ‎7 kadangpintar reviews

    ReplyDelete

I'm Proud Member Of