#gamelevel2: Clean up together

11:13:00 PM


Saya nggak nyangka ngomongin mainan anak ceritanya bisa panjang dan berulang tiap hari dalam kehidupan saya setelah jadi ibu. Kadang saya merasa de javu karena tiap hari ngulang-ngulang kegiatan yang sama, mungutin mainan, hehe. 

Saat ada tantangan #gamelevel2 dengan tema melatih kemandirian pada anak saya udah ngebayangin Ruwaid bisa macam-macam, salah satunya bisa membereskan mainannya sendiri. Setelah berlalu 10 hari hasilnya masih gitu, setelah main mainannya ditinggalin. Hahahaha. Kadang kalau lagi nurut dia mau bantu masukin mainannya ke keranjang setelah itu ditumpahin lagi, begitu terus sampai upin sarjana. 

Hari ini sebagai salah satu langkah kongkrit urusan merapikan maianan, saya membeli beberapa keranjang untuk tempat mainannya Ruwaid, rencanannya mau coba metode konmari, saya menyiapkan semacam rumah- rumahan untuk setiap mainan. Jadi setiap mainan punya tempat pulang setelah dipakai seharian, tempat pulang yang rapi nggak umpel-umpelan dalam satu keranjang. Langkah pertama yang kami lakukan, saya memisahkan mainan yang paling sering dimainin Ruwaid. Setiap jenis mainan ada tempatna dan tepisah. 

Awalnya si tuan pemilik mainan masih nurut, ikut misahin mainannya, lama-lama dia gemes dan nggak tahan pengen masuk keranjang baru, dikiranya mobil-mobilan😅. Keputusan untuk memisahkan mainan setiap jenisnya adalah bagian dari hasil pengamatan kalau si bocah ini dalam sekali main hanya mainan satu dua jenis mainan padahal isi satu kerajang udah ditumpahin. 

Selanjutnya acara beres-beres bersama jadi acara saya sendiri, anak saya mainin mobil-mobilannya di pojokan, sedang saya sibuk memilah mainannya. 😅

Saya percaya tidak pernah terlalu dini menanamkan kebiasaan baik pada anak, salah satunya membiasakan ia membereskan mainannya walaupun awalnya si anak masih ogah-ogahan. Paling tidak dia tahu bahwa setelah bermain dia punya tanggung jawab untuk merapikan mainannya. Kesadaran ini membantu saya bisa ikhlas bahagia mengajak anak merapikan mainan anak tiap hari meski kadang dikacangin sama si anak dua tahun. 😅

#Harike10
#Tantangan10Hari 
#GameLevel2 
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian 
#InstitutIbuProfesional





You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of