Tips nabung 5 Jutaan pertahun dari sisa uang belanja bulanan

10.30.00

Baru-baru ini, ramai dishare di media sosial video berjudul "gajian". Video tersebut bercerita tentang seorang suami yang baru gajian setelah menggalau nunggu tanggal satu, disitu di tulis total gajinya tiga juta. Belum sempat amplop gaji di buka, si bapak udah di berondong dengan list pengeluaran, dan jreeeeng, setelah di itung-itung dikurangin sama pengeluaran, diamplop sisa 100 ribu, ya ampun, haha, saya banget ini mah. Videonya munculnya pas banget lagi, pas saya lagi bolak-bolak ngintip internet bangking, pas di kantor lagi ramai nanya-nanya "udah gajian belum ya" hehe.

Perasaan si bapak di video benar-benar kisah nyata tanpa rekayasa, hehe, ya gitu deh, gajian cuma lewat doang. Lalu bagaimana perasaan para ibu? jangan ditanya, sama aja galaunya, mengantur dapur agar tetap mengepul dengan penghasilan yang segitu-gitu aja, sedang harga-harga naik, bukanlah perkara mudah. Kalau sudah begitu jadi berasa susah banget ngamalin petuah 'rajin nabung pangkal kaya', jangankan nabung, kebutuhan sehari-hari aja udah pas-pasan ya, jadi gimana dong? apa mesti pake jurus mak irits yang segaja bawa botol kosong buat nampung saos pas makan di ka ef ce. haha. Eh saya sampe baca komik tips-tips berhemat ala mak irits  sangking seriusnya pengen belajar berhemat, tapi tetap aja.

Pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, rekening selalu terkuras tanpa tersisa, tahun ini salah satu resolusi saya adalah MENABUNG. Dulu-dulu saya juga buat rencana untuk nabung, rencananya malah canggih-canggih tapi nggak terlaksana, tahun ini coba saya sederhanain nabungnya dikit-dikit aja tapi istiqomah. Insyaallah lama-lama jadi bukit. hehe. 

Langkah pertama yang saya tempuh sebelum nabung adalah berangan-angan, hehe, berangan-angan mau beli apa dengan tabungan saya, kepikiran mau naik haji, mau umrah, mau jalan-jalan, mau beli ini itu, akhirnya fix buat naik haji, agak lama sih ngumupulinnya, tapi yakin siapa yang bersungguh-sungguh pasti ada jalan.*5 juta pertahun, kira-butuh waktu 12 tahunan ya biar cukup, belum nunggunya* :D

Langkah kedua untuk mendukung Resolusi menabung yang saya rencanakan adalah beli celengan. Maunya sih yang dari bahan kaleng, tapi harganya mahal euy. Akhirnya saya putuskan untuk memakai kaleng biskuit khong guan, kan kaleng biskuitnya pake tutupan tuh, sama ibu saya tutupnya di lengketin pake lem besi, jadi nggak bisa di buka-buka :D .


Langkah ketiga, saya menentukan sistem menabung yang saya pakai, mau perhari, perpekan, atau perbulan? Ada tiga opsi pilihan jenis tabungan yang saya rencanakan, ada yang dapat lima juta an pertahun, ada yang tiga jutaan, dan satu setengah jutaan. Setelah meras keringat ngitung sana-sini, akhirnya saya putuskan untuk nabung dengan target lima jutaan pertahun. 

1. Nabung sesuai tanggal hari berjalan, misalnya tanggal 20, nabungnya 20 ribu, tanggal 5 nabungnya 5 ribu, tanggal 15 nabungnya 15 ribu, gitu seterusnya, kalau di itung, totalnya dipenghujung tahun 5 jutaan lebih.

2. Nabung 10 ribu perhari, setahun bisa dapat 3 jutaan lebih.

3. Nabung 5 ribu perhari, setahun hampir 2 jutaan. 

Saya pilih yang point pertama, nabung berdasarkan tanggal. Dikit yaa? Jangan lihat dikitnya, percaya nggak percaya ada loh yang nabung serupiah demi rupiah selama 40 tahun, dan akhirnya bisa naik haji. Ayo dimulai saja ibu, sisihkan sedikit dari uang belanja kita. :)
Ayo menabung!

You Might Also Like

5 comments

I'm Proud Member Of