Kenikmatan membaca...

10.08.00

Akhir tahun kemarin blog favorit saya -cupofjo.com- membuat artikel berupa tanya “What Movies/TV/Books Did You Enjoy Most This Year?”

Tangtingtung nggak ngejawabnya? hehe

Saya sempat menanyakan ini kebeberapa teman saya, dan harus mikir pake lama untuk sekedar menyebutkan satu buku saja yang benar-benar di nikmati tahun kemarin.

Karena penasaran redaksi tanyanya coba saya ubah jadi “ apa nih judul buku yang rekomended untuk di baca” Responnya hampir mirip-mirip dengan pertanyaan sebelumnya, malah ada teman saya yang bilang “nggak kepikiran beli buku baru, buku yang lama aja belum dibaca”  hehe.


Di indonesia sendiri minat baca memang masih sangat rendah, Indonesia menempati urutan ketiga terbawah di kawasan ASEAN, atau berada di atas Kamboja dan Laos. (Sumber: menumbuhkan-minat-baca-masyarakat)

Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan. Padahal tingkat literasi indonesia cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari banyaknya buku-buku dipasaran, banyak buku tapi pembacanya sedikit. (Sumber: mengapa-minat-baca-orang-indonesia-rendah


Merujuk pada hasil survei United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 2011, indeks tingkat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya, hanya ada satu orang dari 1000 penduduk yang masih ‘mau’ membaca buku secara serius (tinggi). Kondisi ini menempatkan Indonesia pada posisi 124 dari 187 negara dalam penilaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM).( Sumber:www.republika.co.id)

Sangat disayangkan padahal manfaat membaca sangat buanyak, Dari ngoprek gugel saya membaca banyak sekali manfaat dari membaca, di antaranya:

1. Dapat Menstimulasi Mental. Otak merupakan salah satu organ tubuh yang memrlukan latihan agar tetap kuat dan sehat seperti organ tubuh yang lainnya. Dengan membaca buku dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. 

2. Dapat Mengurangi Stress. Setelah seharian melakukan rutinitas harian yang melelahkan, tak jarang hal tersebut dapat memicu timbulnya stress. Dengan melakukan kegiatan membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membacadapat membuat pikiran lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%.

3. Menambah Wawasan dan Pengetahuan.

4. Dapat Menambah Kosakata. Saya rasakan sekali dalam aktifitas menulis yang saya lakukan.

5. Dapat Meningkatkan Kualitas Memori. Seorang presiden direktur dari riset Haskins Laboratories yang bernama Ken Pugh, PhD mengatakan bahwa kebiasaan membaca buku dapat memacu otak untuk berpikir dan berkonsentrasi. 

6. Melatih Ketrampilan untuk Berfikir dan Menganalisa Manfaat membaca buku dapat melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah yang tersaji dalam apa yang kita baca. 

7. Dapat Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

8. Melatih untuk Dapat Menulis Dengan Baik. Dengan bertambahnya kosakata yang kita miliki dari kegiatan membaca buku, otomatis dapat membantu kita untuk dapat membuat karya tulis sendiri dengan bahasa yang sebaik atau bahkan bisa lebih baik dari apa yang telah kita baca sebelumnya.

9. Dapat Memperluas Pemikiran Seseorang. Seseorang yang gemar membaca buku telah dilaporkan memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak atau kurang gemar membaca. Dengan kegiatan membaca buku, kita bisa berbagi pengalaman dengan orang lain tentang berbagai macam hal, yang nantinya bisa kita jadikan sebagai suatu bahan pertimbangan untuk dapat memutuskan sesuatu.

10. Dapat Meningkatkan Hubungan Sosial. Kegiatan gemar membaca buku ini juga mempengaruhi aspek kehidupan sosial manusia, dimana ia bisa lebih mengenal berbagai macam karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial suatu masyarakat. Sehingga apabila suatu saat ia berkunjung ke tempat tersebut, ia telah tahu bagaimana cara bersikap untuk menghormati adat serta kebudayaan mereka.

11. Dapat Membantu Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif. Berdasarkan study yang dilakukan oleh Rush University Medical Center menyatakan bahwa Seseorang yang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan kegiatan kreatif atau intelektual seperti membaca mengalami tingkat penurunan kognitif hingga 32% daripada mereka yang tidak membaca dikemudian harinya. Membaca buku dapat membuat otak bekerja lebih efisien yaitu dengan mengubah struktur neuropathologies yang berkaitan dengan usia. 

12. Dapat Meningkatkan Empati Seseorang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York University mengatakan bahwa dengan membaca buku dapat meningkatkan kemampuan kita untuk lebih memahami perasaan orang lain. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang-orang disekitar kita. 

13. Dapat Mendorong Tujuan Hidup Seseorang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University menyatakan bahwa dengan membaca buku dapat membantu seseorang untuk mendapatkan motivasi dalam mengatasi berbagai macam hambatan, sehingga nantinya dapat membantu dalam mencapai tujuan hidupnya.

14. Dapat Membantu Kita untuk Terhubung Dengan Dunia Luar. Buku, hal tersebut dapat membantunya untuk mengidentifikasi karakter dalam buku yang ia baca. Ia akan mengalami jenis hubungan kehidupan nyata yang dapat meningkatkan rasa inklusi.  Dengan kata lain, membaca dapat meningkatkan persahabatan dengan dunia luar. 

15. Dapat Lebih Berhemat. Dengan membaca buku akan membawa dampak pada segi perekonomian. Dimana dengan membaca buku dapat menghemat uang daripada harus bersusah payah mencari jasa penyedia informasi atau hiburan lainnya, misalnya bioskop.

Sumber: manfaat-membaca-buku

Nah banyak sekali kan manfaatnya, di mata saya  mereka yang rajin membaca selalu kelihatan keren di mata saya, Ada salah satu blogger favorit saya yang bisa membaca hampir seratus buku setiap tahunnya, salut. Saya juga pernah beberapa kali mendapati dua wanita paru baya yang masih aktif mengulik buku di Gramedia padahal kondisi mereka harus didorong pake kursi roda. Buku, Sebaik-baik teman duduk pada setiap waktu adalah buku.

------
Salah satu resolusi saya tahun ini adalah banyak membaca, ada beberapa hal yang saya list bekernaan dengan Resolusi membaca yang saya rencanakan.

1. Menjadikan membaca sebagai amalan harian
2..Dalam satu tahun saya harus membaca minimal 12 buku, satu buku setiap bulannya. sedikit ya? udah beberapa kali buat target yang canggih mau baca banyak buku tapi malah ketetaran, jadi tahun ini disederhanakan.

3. Tidak membeli buku baru sebelum saya membuat postingan review buku sebelumnya. 
4. Menceritakan hikmah dari bacaan saya, mengajak orang lain untuk mendapatkan manfaat dari buku yang saya baca.
5. Buku yang saya baca harus bisa menggerakan saya untuk lebih baik.
6. Membawa buku yang sedang saya baca ke mana saja, jika ada waktu luang maka akan saya manfaatkan untuk membaca, membaca kemudian menulis bagian-bagian menginspirasi.
7. Menyisihkan waktu satu jam di waktu malam hari untuk membaca, saat melakukan kegiatan membaca maka hape harus disimpan jauh-jauh biar nggak tergoda buka fb dan teman-temannya. Hehe
8. Aktif mengunjungi blog-blog yang khusus membahas Review buku jadi info buku terbaru beserta reviewnya bisa terus up date.
8.Semoga istiqomah :D




You Might Also Like

1 comments

  1. Emang keren kalo baca buku ya :) Kalo butuh referensi aku juga punya blog khusus buku hehe delinabook.wordpress.com :)

    BalasHapus

I'm Proud Member Of