10 Time Management Tips for Ramadan 2015

10.53.00


Bismillah. Ramadhan kurang lebih satu bulan lagi akan mendatangi kita. Dari ceramah seorang ustadz saya pernah mendengar cerita bahwa ulama terdahulu dari enam bulan sebelum ramadhan menampakan diri mereka sudah bersiap, bahkan ada yang sampai menutup perniagaan saat memasuki sya'ban

Alhamdulillah satu bulan ini dimedia sosial mulai ramai yang membagikan artikel berkenaan dengan ramadhan. Sangking banyaknya saya sampai bingung sendiri, keburu nafsu, hehe, scara ramadhan memang datang dengan berbagai janji kebaikan. Yang jadi masalah adalah bagaimana mengatur waktu agar bisa maksimal mendapatkan kebaikan-kebaikan ramadhan. Terutama untuk yang lagi hamil seperti saya, yang nafsu makannya naik dengan tajam. hehe.

Ada beberapa artikel yang menjelaskan bagaimana mengatur waktu dengan baik saat ramadhan. Artikel berjudul "10-time-management-tips-for-ramadan-2015" adalah yang paling oke menurut saya. Yang ingin melihat artikel aslinya bisa langsung meluncur ke sini.

Saya sengaja menuliskan kembali, biar lebih bertenaga aja, dan bisa saya sesuaikan dengan kebutuhan saya. Yuk, chek it out.

Plan in Advance

Kalau bicara rencana-rencanan selalu deh layu sebelum berkembang. Untuk perencanaan Ramadhan Goal paling utama yang ingin dicapai adalah Takwa. Secara nggak langsung dengan menetapkan goal di awal, takwa bisa menjadi patron rencana dan aktivitas ramadhan kita. Oleh karena itu Rencana paling utama di bulan ramadhan adalah bagaimana meningkatkan takwa, menjadi hamba-hamba Allah yang  bertakwa.

Calculate how much Ibaadah time you will have daily

Point berikutnya adalah mengatur waktu untuk ibadah dengan memperhitungkan kegiatan-kegiatan yang lain seperti tidur, kerja, dan waktu bersama keluarga. Pembagian waktu ini membuat kita lebih realistis, yah nggak mungkin juga selama 24 jam kita ngaji terus, ada tanggung jawab lain.

Contoh permbagian waktu bisa seperti ini. Membagi waktu jadi 3 jam waktu ibadah, kita dapat menjadwalkan satu jam  untuk membaca Al-Qur'an, satu jam mempelajari Islam dan satu jam untuk doa dan Dzikir (diluar waktu-waktu sholat wajib dan taraawih). Jika istiqomah ramadhan kita insyaallah maksimal.

Set Clear Goals

Yup HARUS jelas, spesifik, terukur dan terikat waktu.

Setelah menentukan goals langkah selanjutnya adalah mengukur waktu yang kita punya, harus selesai selama Ramadhan! 

Misalnya, ingin menghatamkan al qur'an sebanyak satu kali selama ramadha. Al qur'an ada 30 juz, se juznya ada 10 lembar. Atur waktu yang mengikat, misalnya dua lembar setelah selesai sholat, insyaallah bisa selesai 1 juz dalam sehari.

Atau ingin menghafal asmaul husna. Asmaul husna ada 99. 99 di bagi 30 hari. Berarti rata-rata sehari  harus menghafalkan tiga asmaul husna.

Allocate time for each goal.

Setelah menentukan goals, langkah berikutnya adalah dengan mengalokasikan waktu tertentu setiap hari untuk mengejar setiap tujuan. Misalnya Mengatur waktu tertentu setiap hari untuk membaca Al-Qur'an (Mungkin sebelum atau sesudah Subuh), membuat doa (sebelum Iftar), memiliki halaqah keluarga (setelah ashar atau setelah Tarawih).

Utilize the early hours of the morning

Bangun lebih awal dari waktu sahur untuk Itu untuk Qiyam Al-Layl (Tahajjud), doa dan membaca Al Qur'an. Pagi-pagi yang telah dikenal Barakah, Gunakan, jangan bobok lagi setelah shubuh!

Schedule in a family Halaqa

Point ini sangat menarik untuk saya. :)

Ini ramadhan kedua bersama suami saya. Insyaallah kami akan beramadhan bersama full sampai idul fitri. Setelah membaca point ini saya sudah punya beberapa rencana untuk saya dan suami saya, amalan yang bisa kami lakukan secara berpatner. Berpatner selain ada yang mengingatkan, ada juga perasaan berlomba dalam kebaikan. Tujuan dari point ini adalah bisa tumbuh bersama dalam keimanan. Semoga di mudahkan.

Dedicate time daily for Qur’an:

Ramadhan adalah bulan Al-Qur'an, dan membaca al qur'an menjadi salah satu amalan yang utama di bulan ramadhan.  Berpacu dalam membaca al qur'an seperti tahun-tahun kemarin tidak boleh terulang, mari tadabur!

 Avoid Multi-Tasking 

Studi menunjukkan produktivitas dengan multi-tasking melambat dan menyebabkan pekerjaan ceroboh. Ahli manajemen waktu modern setuju berfokus pada satu tugas pada satu waktu dapat dilakukan lebih cepat Dengan kualitas yang lebih baik daripada multi-tasking. Jangan mencoba untuk membaca Al-Qur'an, saat browsing melalui Facebook dan mengurus anak semua pada waktu yang sama. Sama Berlaku untuk mempelajari Tafsir atau membuat doa. Pilih tempat, waktu dan situasi di mana Kita akan lebih fokus. 
Setuju!

Fast from excessive socializing
 Ini termasuk media sosial. Ramadan adalah bulan Itikaf. Salah satu tujuan dari Itikaf adalah untuk mengambil istirahat dari kehidupan sosial kita sehingga kita dapat fokus pada hubungan kita dengan Allah.

Istirahat dari main fb, tuiter, blog dkk selama ramadhan!

Stay Healthy
 Kita tidak akan mencapai tujuan dengan bermalas-malasan, lemah, gelisah atau kurang tidur. Beberapa dari kita melakukan terlalu banyak aktifitas selama beberapa hari pertama Ramadan dan berakhir tanpa energi apapun untuk mendorong produktivitas selama sisa Ramadhan.

Kita Rata-rata membutuhkan 6-8 jam tidur malam, jadi pastikan diri kita mendapatkan itu, bisa dengan tidur lebih awal. Hindari makanan manis dan berminyak. Komsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka. Minum banyak air sebelum tidur di malam hari.

Semoga Allah menjadikan Ramadhan kita lebih produktif. Aamiin.

Sudah punya buku agenda ramadhan? jika belum, ayuk disiapkan :)

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of