Tuntunan praktis dan padat bagi ibu hamil dari A sampai Z

09.18.00

Saya yakin sebagian ibu-ibu hamil pasti tahu buku heidi murkoff yang fenomenal itu, iya buku yang setebal bantal itu. Hehe. Bukunya sangat rekomendid untuk mengisi hari-hari kehamilan. Nah buku yang kali ini akan saya review menjadi semacam pelangkap buku Heidi murkoff yang sudah membahas kehamilan sampai persalinan dengan sangat lengkap dari berbagai sisi. Pelangkap yang saya maksud adalah tinjauan penulis tentang kehamilan dari sisi syari’at islam, bagaimana islam memandang dan menempatkan kehamilan, lengkap dengan sunnah-sunnah apa saja yang bisa dilakukan oleh perempuan yang sedang menjalani masa-masa kehamilan.

Saya tahu info buku ini dari sahabat saya, Fatmi. Awalnya saya pikir bukunya akan setebal buku heidy murkof.. Hehe, eh ternyata bukunya tipis aja hanya sekitar 200 halaman tapi pembahasan kehamilan dari sisi syariat rasa-rasanya sudah terangkum lengkap dalam buku ini.


Buku Tuntunan praktis ibu hamil dari A sampai z terbagia menjadi empat bab utama.

Bab pertama dimulai dengan pembahasan masa-masa kehamilan sebelum kelahiran. Bab ini menurut saya sangat menarik karena sebagian pembahasannya mencakup hal-hal diluar apa yang saya pikirkan akan ada pada buku yang membahas kehamilan, seperti kondisi mengandung anak zina, keguguran dan kelahiran prematur, hukum cairan-cairan yang keluar dari kemaluan wanita hamil, serta cairan atau darah yang keluar dua atau sehari sebelum melahirkan. Pembahasan pada bab pertama sangat penting diketahui perempuan yang sedang menjalani masa kehamilan, selain agar kehamilan sehat-sehat juga bisa bernilai ibadah lebih. Bab ini juga membahas pentingnya menjaga keturunan yang penjagaannya dimulai dari masa-masa kehamilan, penjagan dari hal-hal yang melanggar syariat dan dari apa-apa yang tidak sehat. Bagian akhir dari bab ini membahas bagaimana tuntutan syariat saat perempuan kesulitan melahirkan. Eh ada juga pembahasan bagaimana tetap mesra dengan suami selama hamil :)

Melangkah ke bab ke dua, selamat datang anakku sayang :*

Pembahasan pada bab dua ini adalah ma’lumat setelah melahirkan. Pembahasan sunnah setelah melahirkan dikumpas tuntastastas. Dimulai dengan do’a memohon perlindungan untuk anak serta sunnah bagaimana mentahnik bayi yang baru lahir.

Mentanik itu apa? Baca buku ini deh biar tahu lebih banyak lagi.

Di bab dua ini bukan cuma kesayangan kita aja yang dibahas, ibunya juga dibahas. Ya, masa-masa nifas, apa-apa saja yang boleh dilakukan perempuan yang sedang nifas, dan apa-apa yang harus dilakukan jika darah masih keluar setelah 40 hari? Eh batasan masa nifas itu sampai berapa hari sih? Baca buku ini deh biar tahu lebih banyak.

Setelah pembahasan ibu yang sedang berbahagia, pembahasan selanjutnya adalah tentang sunnah-sunnah yang harus dilakukan untuk kesayangan, seperti aqiqah dan khitan.

Pembahasan terakhir pada bab ini adalah tentang pamali-pamali (baca: bid’ah seputar kehamilan dan kelahiran)

Di bab ketiga membahas tanya jawab seputar hamil dan kelahiran.

Eh pernah dengar film beranak dalam kubur kan? Hehe *penggemar filem nggak mutu* di bab ini ada pertanyaan bagaimana jika wanita meninggal sementara di dalam rahimnya ada janin yang hidup?

Pertanyaan lainnya ada juga yang berkenaan dengan hubungan suami istri saat istri sedang menyusui. Penting diketahui nih.

Dan masih banyak tanya jawab lainnya yang mungkin kita tanyakan juga.. :)

Bab ke empat membahas seputar dzikir-dzikir yang dianjurkan untuk wanita hamil. Saat membaca bab ini kita jadi menambah khazanah keilmuan karena dzikir-dzikir yang dibahas dalam buku ini jelas periwayatnya, insyaallah shahih.

Dibagian terakhir ada list nama-nama yang indah untuk anak, lengkap dengan sunnah-sunnah dalam pemilihan nama untuk kesayangan. 

Sekian review dari saya :)

Judul buku: Tuntan praktis dan pada bagi ibu hamil dari A sampai Z menurut al al qur’an dan as sunnah yang shahih
Penulis: Abu Muhammad ibnu shalih bin hasbullah
Penerbit: Pustaka Ibnu Umar

 

 

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of