#gamelevel1: Happy-Happy Solution

8:08:00 PM

U: "Kenapa Ruwaid suka main air?"
R: Karena Ruwaid Senang main air dan main air itu hobinya Ruwaid"


Dialog diatas udah saya bayangkan akan menjadi obrolan saya dan Ruwaid saat saya bertanya kenapa dia suka banget main air, lihat kubangan air di jalan aja mata dia udah berseri-seri bahagia, hahaha. Sederhana sih sebenarnya, dia bahagia saat main air sedang saya kok seperti menghalangi dia untuk melakukan sesuatu yang bikin hatinya senang. Mungkin kalau Ruwaid udah bisa ngomong dia bakalan bilang ke saya "Kenapa sih umi nggak senang lihat orang seneng"😅

Awalnya saya pikir dia yang nggak ngerti maksud saya ngangkat paksa dia dari baskom, terus berulang setiap mandi selalu ada drama, Ruwaid masih mau main air sedang saya nggak sabaran karena alasan yang saya buat 'demi kebaikannya'. Sampai suatu hari Ruwaid nangis sedih banget saat saya angkat dia dari baskom, dia nangis di kasur sampai sesegukan. Melihat dia nangis kayak gitu, hati saya langsung luluh, saya menyesal.

Dikepala saya muncul pengakuan-pengakuan yang bikin saya sadar kalau saya nggak sadar sudah bikin anak saya sedih karena hal yang sebenarnya bisa saya kasih dan nggak akan ada apa-apa asal saya menemaninya disitu.

"Rahma, Kenapa nggak dibiarin aja dulu main air, toh belum lima menit, ditambah lima menit lagi juga insyaallah nggak akan masuk angin"
"Rahma, Kamu ngangkat dia bukan cuma karena alasan takut masuk angin kan tapi kamu udah nggak sabar karena mau nyelesain kerjaan lain"
"Rahma, kamu larang Ruwaid main air karena nggak mau repot kan bersihin lantai yang basah, padahal ngebersihin lantai juga nggak butuh waktu lama, lima menit juga selesai, lima menit yang nggak sebanding sama rasa senang yang dia rasain"

Saya nggak sadar air mata saya jatuh pas muncul kesadaran-kesadaran kalau ada yang salah dengan cara saya selama ini, saya langsung peluk Ruwaid dan minta maaf karena selama ini saya sudah salah menyikapi apa yang dia suka. 

Sejak kejadian hari itu semua perlahan berubah, saya pelan-pelan jujur ke diri saya kalau saya tuh sering egois mengatasnamakan demi anak padahal sebenarnya demi saya. Hiks

Hal pertama yang saya pelajari dan mulai saya praktekan adalah Happy Happy Solution, gimana caranya biar Ruwaid senang, saya juga senang. Saya mulai praktekin dari hal yang paling Ruwaid suka, main air, hehe, ini udah berasa sorga dunia banget buat dia. 




Saya menawarkan pilihan dia mau main air dibaskom saat mandi atau main air setelah rapi pakai baju, hehe (awal ngasih pilihan ini saya sebenarnya ngarep dia langsung lompat dari baskom).

Hasilnya, dia milih main setelah pakai baju rapi, memang sih resikonya cucian saya nambah, tapi yang bikin saya senang, satu step saya berhasil ngajak dia komuniasi, dan saya menemukan rasa bahagia yang lebih besar dari berhasil ngangkat dia dari baskon saat dia ngeluarin jurus memberatkan badan, haha, saya senang  banget lihat Ruwaid ketawa-ketawa girang mainin air yang saya sediain di gelas dan botol yang saya simpan di baki. Dan ternyata beresin mainannya nggak sampai lima menit tapi bahagianya awet.





Sekarang sebisa mungkin saya mengganti 'kalimat perintah dengan pilihan', hasilnya happy-happy solution. Coba deh....

#hari2
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of