Resolusi 2018: Hafal Juz 29 Biar Bacaan Sholat Nggak Itu-itu Aja

7:06:00 AM


Rahma, kamu butuh satu tahun untuk ngapalin juz 29?  nggak kelamaan?

yaa mau gimana lagi selama ini malah rencana ngapalin Juz Amma nggak kelar-kelar padahal udah berlalu ratusan purnama, makanya tahun ini salah satu target saya selain ngulang-ngulang juz Amma, saya juga mau ngapalin juz 29. Telat banget ya umur segini baru ngapalin juz 29? telat, malu sama anak TK. Tapi daripada nggak samsek. 

Saya pernah dengar ceramah kalau kita istiqomah ngapalin satu juz setahun, bearti butuh waktu 30 tahunan, untuk saya yang udah masuk umur 30 an insyaallah umur 60 tahun baru bisa khatam 30 Juz. Dulu pernah ikut seminar, narasumbernya nenek umur 70an, beliau hafal al quran diumur segitu dengan mengikuti pelatihan 40 hari menghafal al quran. Jadi insyaallah belum terlambat untuk memulai.

Walaupun sebetulnya saya sudah 'pernah' hafal Juz 29 tapi sekarang jadi nggak PD pas murajaah alias  yang nyangkut tinggal dikit banget, jadi tahun ini hafal juz 29 masuk salah satu proyek besar yang ingin saya selesaikan, sengaja saya kasih waktu setahun, rencananya saya mau menghafal pelan-pelan sama artinya juga, sama benarin tajwidnya. Pengalaman dari yang lalu, saat buru-buru menghafal hasilnya emang cepat hafal tapi cepat juga hilangnya. Biasanya juga tiap tahun selalu buat resolusi keren ingin hafal ini itu tapi pas dievaluasi diakhir tahun hasilnya bikin sedih, tahun ini semua resolusi saya sederhanain, bukannya nggak mau mimpi yang besar-besar tapi lebih ke sadar diri :)

Jadi teman-teman yang baca tulisan ini, sebelumnya saya mohon maaf ya, kalau langkah-langkah yang saya tulis kebaca sotau. Cara praktis yang saya tulis disini murni dari hasil ngeracik senyaman saya. Maksud saya ngeshare disini siapa tahu aja ada yang senasib sama saya, hafalan itu-itu aja dari jaman old. Udah itu-itu aja tajwidnya juga masih salah-salah -_-'

Bismillah, diniatin tahun ini nambah hafalan, yuk buat peta hafalan tahun ini biar nanti dipenghujung tahun kita udah hafal juz 29. Insyaallah. Ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan selama satu tahun ini, semoga dimudahkan ya.

Pertama

Berdoa minta sama Allah agar dimudahkan. Dalam Al Quran sebenarnya udah ada penjelasan bahwa menghafal al quran itu nggak sulit. Tapi balik lagi ke diri pribadi selama ini ngapain aja. Hiks.

Kedua

Dari dulu saya kalau menghafal pasti ngitung ayatnya ada berapa. Nah ini saya pakai juga di Juz 29. Setelah saya total total juz 29 terdiri dari 431 ayat (dihitung lagi ya, sapa tahu saya salah itung).

Selanjutnya lihat jumlah surat yang ada di juz 29, ada 11 surat, jadi sebenarnya kalau bisa ngapalin satu surat perbulannya setahun insyaallah bisa selesai. 

Terus ayat-ayatnya panjang-panjang nggak? untuk juz 29 standar aja, rata-rata satu setengah baris satu ayatnya, tapi banyak juga yang sebarisnya ada tiga ayat. Ayat yang panjang banget ada dua ayat, di QS. 74: 31 dan QS.73:20) sekitaran 5 baris.

Ketiga

Pilih metode menghafal.

Saya punya beberapa pilihan:

> Dibaca berulang-ulang, salah tips dari seorang hafidzah 'ayat yang mau dihafal diulang sampai 60 kali, nanti akan  hafal dengan sendirinya'

> Dengarkan berulang-ulang. Untuk memudahkan silahkan masukin muratal ke gadget jadi bisa didengar kapan aja pas lagi lowong atau bisa sambil nyetrika untuk ibu-ibu. hehe

> Satu ayat perhari (nggak bisa tamat kalau metode ini soalnya jumlahnya ayatnya lebih banyak dari jumlah hari dalam setahun, hehe)

> Tadinya mau 5 ayat perhari tapi takut nggak istiqomah, hehe, jadi saya atur sefleksibel mungkin artinya untuk ayat yang seayatnya lebih sebaris bisa sehari satu ayat, untuk ayat-ayat yang pendek bisa 3 ayat perharinya.

> Untuk metode bisa senyamannya aja, intinya bisa hafal dengan benar sama ngerti ayat yang dihafal lagi nyeritain apa. Ingat, waktu kita lama, ada setahun jadi bisa diatur sebagus mungkin.

Keempat

Buat Rencana  (Jangan rencana tinggal rencana ya...)

Ini salah satu pilihan yang bisa dicoba:

Al Mulk (30 Ayat) ----> 15 Hari ( 2 ayat perhari) di bulan pertama. Sisanya bisa dipakai murajaah atau nambah hafalan lain.

Al Qolam (52 Ayat)----> 26 Hari (2  Ayat perhari/ ayat-ayatnya pendek) untuk bulan ke dua. Waktu sisanya masih banyak banget, bisa dipakai untuk murajaah surah sebelumnya sama ngapalin artinya)

Al Haqqah (52 Ayat) ----> 26 Hari (2 Ayat perhari/ ayat-ayatnya pendek) untuk bulan ke tiga. Waktu sisanya bisa dipakai untuk murajaah surah sebelumnya sama ngapalin artinya)

Al Ma'arij (44 Ayat) ----> 22 Hari  (2 Ayat perhari/ ayat-ayatnya pendek) untuk bulan ke empat. Waktu sisanya bisa dipakai untuk murajaah surah sebelumnya sama ngapalin artinya) 

Sebenarnya kalau mau diusahai bisa lebih cepat, tapi balik lagi dikit-dikit nggak apa-apa yang penting bisa istiqomah.

Nuh (28 ayat) ----> 14 Hari  (2 Ayat perhari/ Ayatnya campur-campur, ada yang agak panjang, ada yang pendek juga) untuk bulan ke lima. Waktu sisanya bisa dipakai untuk murajaah surah sebelumnya sama ngapalin artinya). Masuk bulan ke enam sudah Ramadhan harusnya bisa lebih semangat.

Al Jin (28 Ayat)---> 28 Hari di bulan ke Enam (1 ayat perhari, kata teman-teman saya surah Jin lumayan susah dihafal, makanya saya kasih waktunya lama). Karena waktunya mepet jadi menghafalnya nggak boleh ditunda ya untuk bulan ke enam. Insyaallah hafalannya kuat karena tiap hari diulang-ulang, menghafal ayat baru sekaligus murajaah ayat sebelumnya.

Al Muzammil( 20 Ayat) ----> 25 hari di bulan ke 7. Salah satu ayat yang panjang yang ada di juz 29 ada di surah Al Muzammil ayat 20. Ayat 1-19 panjangnya standar bisa sehari seayat, untuk ayat terakhir bisa dirampungkan dalam 5 hari.

Al Mudatsir (56 Ayat tapi ayatnya pendek-pendek)----> 25 Hari.  Di Surah Al Mudatsir juga ada yang panjang sebanyak 1 ayat di ayat 31. Sisanya sebanyak 55 Ayat termaksud pendek-pendek. Untuk yang 55 ayat insyaallah bisa dihafal tiga ayat perhari. Jadi butuh alokasi waktu sekitar 19 hari. Ayat 31 bisa dihafal dalam 3-5 hari, bisa juga sehari kalau semangat. Ini untuk bulan ke 8.

Al Qiyamah (40 Ayat)---> 10 hari di bulang ke 9 (4 Ayat perhari, Ayat-ayatnya pendek) Sisa waktunya bisa dipakai murajaah.

Al Insan (31 Ayat) ---> 16 Hari (2 ayat perhari di bulan ke 10)

Al Mursalat (50 Ayat)---> 25 Hari (2 ayat perhari di bulan ke 11)

Bulan 12 Murajaah seluruh Juz 29. 

Lama banget ya? hehe

Nggak lama kok, selama ini tahun-tahun berganti tapi hafalan gitu-gitu aja kan?

Kelima

Tulis Hafalan di planner atau buku harian biar nggak lupa, bisa juga ditulis di spot-spot yang gampang dilihat.

Sebenarnya poin 4 yang saya ceritain di atas lebih ke ngeyakinin diri sendiri kalau menghafal itu tergantung kamu mau apa enggak. Butkinya pas dijabari ternyata nggak sesusah yang ada dalam pikiran. Seayat sehari masa nggak bisa sih Rahma?

Keenam

Sediakan waktu khusus, senyamannya yang penting bisa fokus. Kata teman-teman yang udah menghafal duluan, waktu sebelum shubuh atau setelah shubuh bagus untuk menghafal. Untuk emak-emak mungkin keburu dikejar cucian, hehe, waktunya tinggal disesuikan yang penting ada waktu khusus menyendiri dengan hafalan. Kalau fokus nggak nyampe 15- 30 menit, bisa dicoba di waktu malam.

Ketujuh

Murajaah dan banyak mendengarkan muratal juz 29

Sebenarnya inti dari waktu panjang yang saya pakai biar banyak waktu murajaahnya. Murajaah yang banyak biar hafalannya kuat. Sudah cukup pengalaman yang lalu lalu, ngapalinnya susah tapi hilangnya gampang banget. 

Siapkan waktu khusus atau nggak khusus :D untuk mendengarkan surah-surah yang ada dalam juz 29 + surah yang lagi dihafal. Murajaah juga bisa dengan menggunakan ayat-ayat yang dihafal dalam sholat sunnah.

Kedelapan

Cari patner menghafal. Yang senasib. eheehe. Kalau ada patner insyaallah lebih semangat, ada yang ngingatin juga.  

****

Kalau dalam waktu setahun ini nggak bertambah juga hafalan Al Qur'an , kita saya patut kuatir dimasukin ke golongan orang-orang yang lalai. Ingat, setahun, ngapain aja sih? masa seayat sehari nggak bisa! Ya Allah mudahkan.

Saya yakin insyaallah bisa lebih cepat :) Nggak harus nunggu setahun kalau diupayakan. Sampai ketemu akhir tahun insyaallah dengan membawa hafalan juz 29. Aamiin

You Might Also Like

3 comments

  1. juz 29 ini termasuk juz favorit aku sama juz 27. soalnya surahnya ayatnya pendek-pendek jadi gampang menghafalnya. aku dulu sempat ikutan kelas tahfiz dan hapal juz 30 sampai 27. sekarang gara-gara stop udah mulai pada hilang hafalannya :(

    ReplyDelete
  2. salut mbak...aku juga lg kendor...pingin deh resolusinya

    ReplyDelete
  3. Tahun lalu aku berencana hafal 6 juz, tapi qadarullah ternyata belum sesiap itu :( Tahun ini masih berharap hal yang sama, belajar dari tahun lalu gimana taktik yang lebih baik. Semoga istiqomah :)

    acipah.com

    ReplyDelete

I'm Proud Member Of