What Did You Learn This Year?

9:27:00 AM


Kira-kira Butuh waktu berapa lama untuk menjawab jika ditanya "Belajar Apa Tahun Ini?"

Saya ajukan pertanyaan ini kepada beberapa teman saya, ada yang langsung bisa jawab panjang banget, ada yang bingung mikir 'duh setahun ini saya ngapaian aja', ada yang ngasih jawaban singkat tapi ngena banget. Saya yakin setiap orang punya versinya sendiri saat ditanya tahun ini belajar apa. Untuk saya tahun ini begitu berwarna, karena pertanyaan ini sampai kepikiran setahun ini saya ngapain aja, jika menengok kebelakang hari-hari saya nggak selalu bahagia tapi saya sadari betul bahwa memang perasaan nggak bisa dipegang, sebentar senang, sebentar sedih, ini nggak masalah asal selalu coba bangkit lagi. 

Sangat menyenangkan sekali membuat tulisan ini, jika selama ini saya hanya menulis dari sisi saya, kali ini saya menerima banyak sekali cerita teman-teman saya tentang apa yang mereka pelajari sepanjang tahun ini, rasanya luar biasa. Yang paling bikin senang adalah kesadaran ternyata saya nggak sedang berjuang seorang diri, di luar sana banyak yang sedang berjuang, menikmati jatuh bangun kehidupan. Dari sharing mereka saya juga punya list apa-apa saja yang ingin saya pelajari kedepan, pernah nggak sih ngerasa dapat sesuatu yang menginspirasi dari apa yang dibagi orang lain yang sebenarnya sederhana saja dan kita sudah tahu? saya pernah. Saya pikir ini adalah salah satu 'keajaiban' berbagi, bisa menggandakan kebaikan.

Nah, ini Jawaban teman-teman saya saat ditanya "Belajar Apa Tahun ini?"

***

-N

Tahun ini hal terbesar adalah belajar tentang riba dari buku-bukunya saptuari. Dan nekad buat ngelepasin ratusan juta demi taat dg hukum Allah yaitu riba. Kami nggak mau ambil resiko terlalu tinggi, jadi memilih utk bener2 kembali ke 0 ga punya apa2, walaupun uang yg sudah masuk ke bank wooow bgt bagi saya & suami. 

Belajar & baru tau.... Ternyata khitan itu baiknya dilakukan saat anak masih kecil utk menghindari munculnya penyakit misal penyumbatan lubang pipis (nah ini aku kemana aja ya, koq baru tau 😅)

Tahun ini mulai baca buku lg setelah sekian lama ga baca buku. 

Terus belajar lebih banyak diam, ga mau banyak omong. Pengen lebih kalem Walaupun masih sering kelepasan ngomong terus 🤔

***

-H

Sebenarnya ada sangat banyak yang saya pelajari di tahun 2017. Generally, saya masih terus belajar tentang kehidupan. Kalau di tahun2 sebelumnya saya berkutat dengan pelajaran berdamai dengan diri sendiri. Berkompromi dengan hati. Tapi tahun ini saya mungkin belajar selain berdamai dengan diri sendiri, juga berdamai dengan keadaan. Termasuk berdamai dengan orang lain.

Selain itu, saya masih terus mempelajari takdir dan bagaimana menyikapinya melalui nasehat2 Ibnul Qoyyim dalam buku Al fawaid : "Landasan setiap kebaikan adalah jika engkau tahu bahwa setiap yang Allah kehendaki pasti terjadi dan setiap yang tidak Allah kehendaki tidak akan terjadi."

Pelajaran selanjutnya: MERUBAH MINDSET itu PENTING. Ini kerasa banget. Padahalnya, selama berpuluh2 tahun saya struggling dengan permasalahan2 yang sebenarnya saya tau ilmunya. Tapi sering stuck pada titik2 tertentu. Seolah2 saya berasa dalam tempurung. Baru kerasa banget setelah menganalisa orang terdekat saya yang saya perhatikan nggak bisa keluar dari tempurungnya. Padahal, I admire her so much. She's one of my role model, actually. Waktu kami punya waktu untuk sharing, saya keluarkan semua unek2 saya ke dia. Baru disitu dia dan saya tersadar bahwa solusi untuk keluar dari tempurung kami adalah dengan merubah mindset. Setelan pemikiran (mind set) kita akan menentukan bagaimana kita akan menjalani kehidupan ini.

Well, rasanya pelajaran2 hidup saya complicated banget ya. Nah, baru desember ini jg sy belajar tentang orang yang pemikirannya terhadap kehidupan cukup simpel. Nggak rumit. Nggak njlimet. Pokoknya opposite banget sama saya. Ada pelajaran berharga yang saya dapat dari dia. Bahwa simpel itu kadang dibutuhkan. Untuk membuat hidup terasa lebih mudah. Jadi saya belajar untuk slow down sedikit dalam menjalani kehidupan.

Pelajaran yang lain juga: Berusaha untuk bersemangat memberi manfaat kepada orang lain. Ini pelajaran yang saya nggak sangka banget dapatnya dari orang yang enggak banget. Sekelompok anak2 muda yang awalnya saya pandang sebelah mata. Hanya karena mereka bergerak di bidang yang jauh dari jangkauan saya, bukan berarti saya nggak bisa ambil pelajaran dari mereka. Complete package itu yang saya pelajari dari mereka: Hard work, passion, patience, and good attitude. Perkara niat mereka apa, itu bukan urusan saya. Tapi semangat mereka untuk memberi manfaat kepada orang banyak dengan 4 modal tadi benar2 pelajaran berharga buat saya.

Sebenarnya masih banyak banget pelajaran yang saya ambil di tahun ini. Dan pelajaran tiap tahun saya adalah: Belajar untuk terus bersyukur. Belajar nggak greedy. Belajar nggak fragile lagi.

***

-U

Hati2 dgn perkataan (doa)..ketika anak saya blm genap setahun, tinggal di bpn hanya ber3 dgn sgla suka duka, suatu hr sy prnah benar2 kelelahan, sypun brkata bnr2 ingin istrhat dr semuanya..tdk butuh wktu lama, hanya bbrp minggu sj Allah mngabulkan, sy bnr2 istrhat dr semuax, sakit, trbaring lemah drmh sakit dan tdk bs melakukan apapun 😢..

Bbrp thn silam, krna 2 kali tiket promo kluar negeri hangus, batal brgkat krna suatu urusan, sypun bergumam, tdk apa2 batal, kluar negeri pertama kali lgsg ke mekkah/madinah sj..benar sj, thn2 berikutx lagi2 tdk bs liburan ke ln, entah krna kesibukan paksu dn lain sbagix..Alhamdulillah, thn 2017 akhirx kami berhasil ke luar negeri dan lgsg ke madinah 😍..
Jd berhati2lah dgn perkataan/harapan/mimpi..

Dan Usahakanlah bermimpi yg besar..😁

***
-F

Tahun ini sy semakin percaya dg Takdir Allah, Seberapa besarpun manusia berusaha Allahlah yg menakdirkan segalanya (sakit, kematian, pernikahan, dll)

***

-FN

Tahun ini saya belajar.. Kebanggan tersendiri saat anak bisa jago karena didikan sendiri.. 😂
Krn kadang anak jadi hasil keberhasilan guru disekolah..

***
-R

Belajar menerima kembali seseorang yg telah pergi.

***
-M

Tahun ini sy belajar jadi ibu,

***
-E

Alhamdulillah thn ini bnyk ilmu yg sy dpt sejak gabung di iip ukh, terutama ilmu u mendidik anak, diantarax kmrn sy belajar ttg bgmn komunikasi produktif dgn anak dan suami, melatih kemandirian anak, mengenal gaya belajar anak, stimulasi anak mencintai buku, belajar matematika, dll.  Materinya msh terus berlanjut smpe 1 thn

***

-A

Dlm setahun .. 

Objek pembelajaran yg fokus untuk saya adalah anak.
Krn usianya masuk 2 tahun, byk skali hal baru yg dia tunjukkan... baik / buruk semua diserap dgn baik 😅
Sy ibu yg punya banyak kekurangan disana sini apalg soal mendidik anak .. 

Sering emosi, terlalu disiplin, dan trlalu banyak melarang, Karakter seperti ini lahir dr cara didik ibu saya dan secara tdk sadar sy turunkan ke anak saya .. 

Dari anak sy belajar : 
Berat sekali rasanya jd orgtua , butuh usaha ekstra spy hanya yg baik saja yg diturunkan ke anak .. tp trnyata pd prakteknya.. ada hal2 yg tdk disangka trnyata diresap oleh anak misalnya.. waktu ngantuk berat, trs anak saya minta macam2 dan ganggu sy tdr.. sy jd lbh tempramen eh trnyata anak saya jg begitu 😥  
Atau kebiasaan slh satu org dirumah yg kalau ngasih sesuatu pake kaki.. anak saya jg ikut2an meniru .. blm lg kebiasaan meludah kalau marah yg entah drmana dia tiru , 

Dr anak sy belajar, trnyata untk bahagia dia cmn bth hal sederhana tp kadang sy sbg orgtua menganggap permintaannya ribet dan bikin susah .. 
😣

Dr anak sy bljr .. kalau trnyata byk skali kekuranganku sbg ibu dan anak saya tunjukkan scr lgsg ke sy lwt perilakunya. Makanya, sy punya pe er yg bsr menyelesaikan masalah emosional anak saya yg msh kacau krn emosi sy pribadi sbg seorang ibu sama kacaunya 😞

Dr anak sy belajar, 
Bagaimana ibu sy dlu begitu repot dan setengah mati urus sy smpai se jg betul2 bs merasakan berat , repot, dan nikmatnya jd seorang ibu :')

Dr anak sy belajar , 
bgmn dia meresap setiap tutur kata dan kebiasaan orgtua.. mengucapkan kalimat thayyibah trnyata mmg butuh pembiasaan dr orgtua agar bs tertular ke anak .. 

***
-T

Sy belajar banyak org terlalu fokus mencari kebahagian  di luar. Tapi ternyata Menghargai dan mensyukuri hal hal kecil saja  bisa  mendatangkan kebahagian luar biasa. Bahagia itu simple

***
-No

Pertama, belajarYakin.. belajar yakin Allah akan atau bahkan sudah mengganti gaji bulanan plus bonus akhir tahun yg hrsnya gw trima kl aja gw masih bekerja. 

Ya gw yakin Allah menggantinya dalam bentuk kebersamaan dengan si kecil, melihat tumbuh kembangnya, bs menyiapkan makanan untuk suami dan keluarga drmh, bs olah raga setiap hari dgn bersepeda ke pasar dll. Semuanya memiliki value berharga yg ga bs diuangkan dan semua itu adalah nikmat yg ga kalah dgn nikmat saldo di rekening 😊😊😊..
Uang bs dicari krn ada Allah sang maha kaya mah pemberi dan maha penyayang.

Yang kedua, belajar Bikin es krim sendiri
( walau akhirnya pk es krim made in pabrik xxx)... wkwkwkwk yg penting jd nambah keahlian bs bikin es krim sendiri.

Yang ktiga.. blajar nerima di pandang remeh sm tukang parkir di salah satu tempat makan.. Sejak mobil dijual kemana2 seringnya gw naik sepeda atau naik angkot.. pas gw nyebrang dia ga nyebrangin gw ditengah kemacetan yg padat merayap... ktika ada motor yg hampir aja nabrak dan dia cm ngeliatin doang..hmm giliran ada pembeli dgn kendaraan beroda..dia sigap bgt nyebranginnya scara dia bakal dikasih duit minimal 2000laaah.. Hokeh..cukstau..
😢😢😢😢
Gw tau sih mungkin krn dia bingung mau markirin gw kesebelah mana😂😂😂😂

Yang ke empat.. belajar jadi pedagang😀😀😀😀

Ternyata dgn berdagang gw bisa ngerasain sedikit hanya sedikit bagian kelelahan orang tua gw yg dl cr nafkah dgn berdagang.
Masya Allah.. betapa capek dan mereka lupakan rasa capek itu demi menyekolahkan dan menghidupi keluarga.


Udah ah rahma segitu aja😘😘


***
-W

Tahun ini mengajarkan aku keikhlasan, kesabaran, dan kekuatan untuk bangkit dan semangat.

***
I

Tahun ini belajar Al Qur'an

***
-L

Tahun ini lumayan banyak badai

Tambah anak, jauh dr suami

Insyaallah ibadah di istiqomahkan

banyak introspeksi diri ttg sikap dan tingkah laku

***
-M

Yang pasti belajar jdi ibu baru alias mahmud
belajar banyak2 bersyukur, ikhlas walau penghasilan sebulan skrg tidak sama dgn sebulan dulu tapi bahagianya skrg lain jdi berusha di syukuri
Belajar sabar... ahhh kalau ini masih dipelajari terus sih
Belajar jdi reseller,,  walaupun bru..hahhaha

***

Masyaallah :)

Buat teman-teman yang sudah mau meluangkan waktu untuk ngetik jawaban dari pertanyaan saya, terima kasih ya, dari kalian saya belajar lagi, nggak ada kebaikan yang remeh jika dilakukan dengan tulus, nggak jarang hal-hal kecil yang kita lakukan membawa perubahan besar pada diri seseorang.

Well, What Did You Learn This Year?

:)

P.S: Maaf sebagian tulisannya nggak rapi ya, saya langsung copy dari Wa teman-teman saya, biar lebih berasa feelnya. hehe :D

You Might Also Like

2 comments

  1. Belajar ngontrol emosi.. menghadapi anak2. Belajar menerima keadaan2 yg nggak sesuai dgn keinginan ��

    ReplyDelete
  2. Semangat mba, kita sama-sama belajar :)

    ReplyDelete

I'm Proud Member Of