Pasar Cakar 'Treasures'

11:41:00 PM


Setelah wacana panjang mau main ke pasar cakar yang ada di Ambon, akhirnya hari ini terealisasi juga bersama teman sekampung di sini. Mungkin istilah 'Cakar' untuk sebagian orang nggak familiar, tapi sebagian lagi sangat familiar sangking akrabnya pakaian dalamnya pun berasal dari cakar. Kalau di kampung saya cakar dikena dengan nama Rombengan. Pas kuliah di Makassar teman-teman saya menyebutnya dengan Cakar. Alasan penamaan cakar bisa jadi karena kadang ada yang saling cakar pas rebutan milih bebajuan. *ngarang :D


Nah untuk yang belum kenal cakar, cakar adalah sebutan untuk barang-barang yang statusnya preloved (biar lebih keren disebut preloved) alias bekas dan dijual lagi. Mulai dari sepatu, tas, bebajuan, rok, celana, seprei, karpet, boneka, sofa, sampai pakaian dalam. Setahu saya cakar yang biasa dijual di sebagian kota di negara kita berasal dari luar, disimpan di karung besar, kalau di kampung saya karungnya bentuk kotak, biasa di kasih nama bal, Cakar (Cap Karung). Waktu saya kecil orang tua saya jualan Cakar tas dan pakaian.

Untuk yang sabar main-main ke pasar cakar kalau beruntung bisa bawa pulang pakaian yang layak banget dikenakan dengan harga miring hampir tumbang. Kalau beruntung bisa dapat merek Adidoz GAP, Nike, Goci eh Guci. Hahaha. Cakar juga jadi sorganya pecinta Jeans.


Di kampung saya, wakatobi, ada banyak sekali penjual Cakar, dalam jumlah besar, bal bal nya banyak banget. Saya sendiri akrab banget sama cakar, udah kayak sohib sangking akrabnya. Sejak lahir udah pakai cakar, sampai kuliah pakaian saya hampir 100 persen from cakar.  Saya baru beli tas di mall pas udah kerja, selama sekolah dan kuliah tas-tas saya semuanya cakar. Jadi cakar is my style. Padahal kenyatannya mah nggak punya duit. :D

Beberapa bulan lalu kakak saya kirim foto Sofa barunya, saya sempat kaget pas dia nyebut harga. Sofanya bagus, masih baru banget, modelnya juga kekinia ala ala skandinavian. Kalau ngintip di ikea harganya lebih 10 jutaan, pas di cakar harganya jadi miring banget. :D


Pagi tadi saya main ke pasar yang menjual cakar di kota Ambon. Tujuan saya untuk Ruwaid. Tapi pas nyampe di pasar yang jualan cakar saya langsung disorientasi, mau beli sepatu juga buat bapaknya Ruwaid :D


Jadi Ruwaid sama seperti ibunya, pakaiannya banyakan cakar. Alasannya apa? selain murah, bajunya bagus-bagus euy. Hampir separuh pakaian yang Ruwaid pakai from cakar juga. Selama ini kakak saya yang di kampung setia jajanin Ruwaid baju, setiap ada cakar baru pasti deh ikutan rebutan milih-milih. Hasilnya, bagus-bagus, beberapa malah dapat Baby GAP ala ala Rafatar. Selain baju, Ruwaid juga punya sepatu dan beberap celana dari Cakar.


Untuk mendapatkan bebajuan cakar yang bagus-bagus senjata utamanya adalah kesabaran dan makan yang banyak sebelum bertualang. Mata juga harus jeli melihat ada atau tidaknya cacat pada stuff yang kita pilih. Kata teman saya selain pilihan motif, yang harus diperhatiin adalah warna, leher, lengan sama bagian bawah. Setelah itu ngulik ada atau enggaknya noda, setelah itu periksa jahitannya satu-satu. Haha. Repot yaaa, ya gitu deh, mau yang murah tapi bagus butuh perjuangan.

Karena bebajuan cakar statusnya bekas entah dari mana, setelah dibeli harus dicuci sebersih-bersihnya. Bisa dengan air panas atau deterjen khusus. Selama ini sih aman-aman saja. Harap maklum panjang banget perjuangannya. Hehe. Di Ambon, Cakar banyak dijual di Pasar Mahardika. Pilihannya nggak sebanyak di kampung saya, wakatobi. Aseli deh di wakatobi kompor gas sama sofa juga ada cakarnya, karpet-karpet cantik, seprei, boneka yang lucu-lucu ada banyak, yang sering bikin kalap adalah harganya yang miring. Untuk bebajuan Ruwaid harganya ada dikisaran 10-15 ribu. Murah meriah kan? 

Salah satu keuntungan beli cakar kita jadi selektif banget, milih sampai gempor, ada cacat dikit langsung ragu. Intinya hanya beli yang benar-benar bikin jatuh cinta jadi nggak ada cerita barang numpuk. Mungkin ada kali ya malu memakai cakar karena statusnya yang bekas. Kalau saya sih santai aja, yang penting nyaman, apalagi kalau bagus-bagus. Ngebahas cakar untuk saya seperti pulang ke masa lalu, ada banyak yang bisa saya ceritaain. 

Penggemar cakar mana suaranya? 

Happy Weekend ya :)

You Might Also Like

4 comments

  1. Replies
    1. Cakar: Cap karung, tapi k kalau beruntung bisa dapat adidoz, nike, GAP, dan goci eh guci...

      Delete
  2. Agak rempong tapi kalau dapat yang OK pasti puas banget ya.....

    ReplyDelete
  3. Jadi khusus barang2 preloved gtu ya mbak?
    Dulu saya pernah jg dapat preloved masih oke banget di bazaar2 gtu hehe.
    kalu beruntung emang dapat yg ok. Wah saya penasaran penampakan sofanya kyk apa :D

    ReplyDelete

I'm Proud Member Of