7 Cara Sederhana Agar Surat Al Kahfi Nggak Terlewat Lagi Dihari Jum'at-mu

7:03:00 PM


Beberapa waktu lalu, saat ngobrol dengan seorang teman, Dia cerita kalau pengen banget nuntasin baca surah Al Kahfi setiap Jum'atnya. Udah diniatin tapi selalu aja kelewat ntah itu karena lupa atau kesibukan. Dia nanya ke saya apa ada cara khusus biar bisa baca Al Kahfi tiap Jum'atnya walaupun lagi banyak kesibukan. Waktu itu saya jawab nggak ada cara khusus karena saya juga sering keteteran, baca di akhir-akhir waktu dan 'feel' kayak nggak dapat. Saya sendiri baru tahu kalau ada sunnah membaca Al Kahfi dihari Jum'at pas kuliah, telat banget ya. Alhamdulillah dikasih kesempatan untuk tahu walaupun telat :)

Setelah obrolan kami tempo hari, saya jadi kepikiran. Apa mau gini-gini aja bacaan Al Kahfinya, baca, selesai, dan nggak ada rasa apa-apa. Padahal Allah lewat Rasulullah tidak mungkin menjadikan ini Sunnah tanpa ada hikmah yang bisa dipetik. Nah, surah Al Kahfi itu bahas apa sih sebenarnya, apa manfaat yang bisa didapat dengan membacanya terus menerus setiap Jum'at. Sampai suatu hari saya baca tuntas satu-satu arti tiap ayat yang ada dalam surah Al Kahfi, rasanya beda banget sama membaca dengan kecepatan angin topan sangking ngos-ngosannya takut keburu magrib.

Setelah tahu dikit-dikit arti ayat yang saya baca, saya jadi lebih semangat dan mendapatkan cara agar nggak kelewatan baca surah Al Kahfi setiap Jum'atnya, ini sudah saya praktekan walaupun pada prakteknya saya kadang masih baca Al Kahfi di akhir-akhir waktu saat   semua pikiran tersita pada kesibukan di rumah. Sok sibuk ya? Padahal sebenarnya nggak sesibuk itu.

Dalam membaca Al Kahfi saya punya beberapa cara agar bisa tuntas dihari Jum'at, cara-cara ini saya praktekan sesuai kondisi yang saya hadapi. Ini beberapa cara yang saya pakai semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang ngerasa kok susah banget ya namatin Al Kahfi setiap Jum'atnya.

1. Tahu keutamaannya dan ngerti arti ayat yang dibaca

Saya pernah dengan ceramah Ustadz Khalid Basalamah yang menjelaskan salah satu kaidah yang bisa kita pakai dalam beramal yaitu, cari tahu keutamaannya. Kalau bisa cari hadist atau ayat yang menjelaskan keutamaan amalan tersebut, insyaallah akan semangat. 

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum'at, dia akan disinari cahaya antara dia dan ka'bah." (HR. Ad Darimi) 

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, dia akan disinari cahaya diantara dua Jum'at"(HR. An Nasa'i dan Baihaqi)

Selanjutnya ngerti arti ayat yang kita baca biar dapat feelnya dan keimanan kita bisa bertambah. Mungkin pernah ngalamin baca al kahfi rasanya datar-datar aja, bisa jadi karena emang nggak tahu artinya. Coba deh mulai sekarang disempatin untuk baca artinya, kalau nggak sempat dihari jum'at bisa dicicil dihari lain.

2. Niat dan Kesungguhan 

Selama ini udah diniatin tapi selalu kelewat. Kalau sudah begini saya yakin masih ada yang kurang pada niat kita yaitu kesungguhan. Niat saja nggak akan cukup kalau nggak disertai kesungguhan untuk melaksanakan apa yang sudah diniatkan. Pernah nggak sih punya keinginan yang besar banget apa aja mau dilakuin asal bisa dapat. Nah, begitupun dengan membaca Al Kahfi, kalau kita menganggapnya 'penting' dan menjadi sesuatu yang ingin kita dapat pasti bakal kita usahain, bela-belaian. Nah, masalah niat dan kesungguhan ini diri sendirilah yang paling tahu.

3. Target dan Alokasi waktu

Ini tergantung masing-masing. Masalah target, bisa sekali baca sekali duduk langsung abis, dibaca sebelum tidur, dibaca setelah sholat 5 waktu dihari Jum'at, dibaca sebelum shubuh, tergantung alokasi waktu yang kita sediain.

Surah Al Kahfi sebanyak 5 lembar, biasanya kalau dengar muratal yang ada di youtube dengan tempo sedang hanya butuh 30-35 menit. Jadi tinggal dialokasikan waktunya.

Pembagiannya bisa seperti ini:

Sekali duduk artinya butuh waktu 30 menitan
Setelah sholat 5 waktu bisa dicicil satu lembar satu lembar
Sebelum tidur alokasikan waktu 10 menit, lumayan bisa baca 2-3 lembar
Sebelum shubuh, sebelum beraktifitas, bisa dicicil juga, alokasikan waktu 10-15 menit, sisanya bisa dicicil diwaktu lain.

Mengenai target dan alokasi waktu ini sebenarnya fleksibel tergantung masing-masing. Intinya untuk membaca Al Kahfi jangan gunakan waktu-waktu sisa kita, HARUS alokasikan waktu khusus walaupun itu nggak lama.

4. Buat pengingat dan ingatkan sahabat-sahabatmu

Pernah nggak baca Al Kahfi karena lupa? saya pernah. Artinya nggak disengaja, tapi ini juga karena kelalaian saya sih, padahal kan bisa pasang alarm atau pengingat di handphone, bisa nulis pengingat di buku jurnal, atau spot-spot yang gampang dilihat.

Biar nggak lupa cara paling ampuh adalah dengan mengingatkan teman-teman kita, jadikan ini amalan rutin tiap jum'at karena yakin deh ada-ada aja yang lupa, ada-ada aja yang sibuk sampai akhirnya nggak disempatin. Siapa tahu dengan membaca pengingat dari kamu, teman kamu jadi semangat. Dan pastinya kamu nggak enak sendiri kalau udah ingatin orang untuk baca Al Kahfi sedang kamunya nggak baca.

5. Sering membaca akan memudahkan kamu untuk menghafal

Kemarin saya ngobrol sama sahabat saya waktu kuliah, pas ngobrol-ngobrol dia cerita kalau dia udah hampir hafal surah Al Kahfi. Saya sempat kaget, nggak nyangka aja. Dari dia juga saya tahu kalau dia gampang hafal karena udah terbiasa baca.

Minimal hafal 10 ayat pertama, karena ada hadits yang isinya menceritakan bahwa barang siapa yang hafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi akan dilindungin dari dajjal. 

"Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surah Al Kahfi, maka akan dilingi dari Dajjal" (HR. Muslim)

Masyaallah ya.

6. Tandai ayat-ayat Favorit kamu di Surah Al Kahfi

Sudah punya belum? 

Kalau belum coba deh baca artinya dan tandai ayat-ayat yang menurut kamu 'bertenaga' insyaallah ini akan menambah semangat. Seperti yang saya bilang diawal surah Al Kahfi  istimewa sampai-sampai dijadikan sunnah khusus untuk dibaca rutin setiap Jum'at. Cari tahu yuk, biar bacaan kita nggak sekedar mampir atau lewat. 

7. Unduh Aplikasi Al Qur'an yang akan memudahkanmu membaca dimana saja

Ngomongin Al Quran seperti nggak abis-abis kebaikannya. Terkhusus Al Kahfi yang ada sunnah tersendirinya dihari Jum'at untuk memudahkan coba deh instal aplikasi Al Qur'an di Gadgetmu, jadi bisa kamu baca walaupun lagi dalam perjalanan ke tempat kerja, atau disela-sela waktu istirahat.

***

Baca Al Kahfi itu nggak rumit kok dan nggak butuh waktu lama, paling lama 40 menitan. Allah udah ngasih kita waktu 24 jam, coba deh sisihkan waktu khusus untuk membacanya dihari Jum'at. Mudah-mudahan kita bukan termaksud yang nggak 'diinginkan' kebaikan oleh Allah, padahal banyak waktu luang tapi nggak sempat. Naudzubillah. Selamat mencoba! Jangan lupa minta bantuan Allah agar dimudahkan.

:)

You Might Also Like

7 comments

  1. Oh... bisa dicicil gitu ya ternyata bacanya? Terimakasih pencerahannya Mak😉

    ReplyDelete
  2. Makasih untuk artikelnya, nyesss di hati kubaca tuntas

    ReplyDelete
  3. Wah saya belum pernah dengan sengaja membaca surat al kahfi khusus hari jumat T_T. Saya hanya membaca surat lain di Al Quran. Terima kasih ilmuanya

    ReplyDelete
  4. Aku juga tahu keutamaan baca surat Al-Kahfi dari ibu. Ibuku cukup rajin membaca surat ini sehabis solat 5 waktu

    ReplyDelete
  5. Saya cuma baru tahu keutamaan surat Al Kahfi dan membacanya tiap Jumat. Cuma belum dapat pesan hikmah dari surat ini.

    ReplyDelete
  6. Kalau saya bacanya dibagi 2 biasanya biar nggak capek. Tapi seringnya bagian 2 yang akhir suka nggak kebaca. Heu

    ReplyDelete
  7. Masya Allah....keren buk. Tolong ingatkan ya sahabatku...

    ReplyDelete

I'm Proud Member Of