Baca Buku Apa Tahun Ini?

7:11:00 PM


Sebentar lagi akhir tahun, seperti tahun-tahun sebelumnya saat akhir tahun sudah dekat, saya akan lebih rajin membaca buku agenda saya tahun ini, untuk melihat pencapaian, hehe, walaupun sebenarnya cuma ngintip-ngintip jejeran barang yang ingin saya beli tapi nggak kebeli karena belum punya uang. 

Salah satu catatan saya tahun ini adalah buku-buku yang ingin saya baca dan yang sudah saya baca, nggak banyak sih selain karena sekarang saya gampang banget ngantuk saat berhadapan sama buku, saya merasakan hal yang beda saat nggak terlalu nafsu baca banyak buku. Salah satunya, saya jadi lebih menjiwai setiap buku yang saya baca, saya juga jadi punya kesempatan untuk nanya ke diri saya, berubah jadi baik nggak nih setelah baca buku? atau biasa aja? Dulu punya banyak buku kayak keren walaupun nggak dibaca, sekarang sudah Insaf. :D

Jadi tahun ini disela-sela banyak wacana ingin baca ini itu, saya hanya menyelesaikan beberapa buku. Ini beberapa review dari saya, siapa tahu teman-teman belum membacanya dan bisa dijadikan list bacaan untuk tahun 2018 nanti, insyaallah.

Sirkus Pohon

Buku ini ditulis Andrea Hirata, seperti biasa Andrea Hirata selalu bisa membuat pembacanya bahagia. Saya suka sekali buku ini, menjadi satu-satunya novel yang saya baca tahun ini.

Mendadak Haji

Prie GS penulis buku ini adalah salah satu penulis Favorit saya. Buku-buku beliau ceritanya ringan tapi ngena banget dan bikin mikir. Mendadak haji bercerita tentang perjalanan beliau saat melakukan ibadah haji. Membaca cerita beliau tentang tanah suci membawa kita pada cara pandang lain tentang perjalanan haji.

The Life Changing Magic of Tidying Up

Buku Favorit banget ini. Mengubah banyak hal dalam diri saya. Rasanya ingin sekali saya rekomendasikan buku ini ke semua orang.

99 Cara Mengelola Waktu | Miliarder VS Orang Biasa

Buku ini saya beli dua tahun lalu tapi baru saya baca serius tahun ini, berasa banget semrawutnya saya mengatur waktu. Membaca buku ini akan membuat kita ngangguk-ngangguk, yang ngebedain kita dengan miliarder ternyata bukan cuma soal duit tapi juga kebiasaan-kebiasaan. Saya pikir saat mencontek kebiasaan miliarder hidup akan lebih produktif dan bermakna walaupun mungkin dari sisi finansial nggak banyak.

Happy Little Soul

Cerita ibuk Retno Hening dan Kirana. Masyaallah, banyak banget pelajaran dari buku ini. disajikan dengan sederhana. Ibu muda like me kudu harus baca buku ini.

Berjihad Melawan Riya dan Ujub

Sejak ramai medsos, internet, dan printilannya saya merasa udah jarang banget beli buku islami, saya kayaknya lebih tergila-gila sama berita yang lagi hits, pola asuh, dan cerita kegalauan ibu muda.

Membaca buku ini mengajak saya menengok hati lagi, Oh hatiku T_T

Anti Panik Mengasuh Bayi

Buku ini menyenangkan sekali dibaca. Kertasnya berwarna, banyak gambarnya, dan informatif. Awalnya saya tiap kali ke toko buku selalu mampir numpang baca bentar trus berlalu karena harganya mihil. Lama-lama jatuh cinta dan saya bawa pulang. Judulnya pas banget, Anti Panik, hehe. Sebagai ibu yang pernah kehilangan anak, jujur saya panikan banget dan buku ini sangat membantu meredakan kepanikan saya, nggak hanya itu, lewat buku ini kita diajak mengenal dekat anak kita dari berbagai sisi, fisik, emosional, dan kebutuhan mereka. Ibu-ibu wajib banget punya buku ini.

Montessori di Rumah

Sejak mengenal Montessori saya jadi nggak sabaran ingin cepat-cepat mengajak Ruwaid Main, saya Jatuh cinta pada metode Montesori. Saya membayangkan Ruwaid sampai dewasa nanti akan mengingat semua kegiatan-kegitan kami di rumah. Dalam bayangan saya Montessori bukan cuma sekedar main, tapi metode ini adalah salah satu cara membangun hubungan dengan anak. 

Mencari Jalan Pulang

Mencari jalan pulang adalah buku ke tiga dari Tetralogi yang ditulis Saptuari yang banyak membahas perjuangan orang-orang bersuaha meninggalkan Riba. Bukunya masyaallah bagus, sangking sukanya saya juga ikut memasarkan buku ini, dan nggak nyangka lewat buku ini saya berkenalan dengan banyak sekali teman baru. Karena buku ini saya dihubungi ibu direktur tempta saya kerja dulu, jangan ditanya deg-degannya saya pas nawarin buku ini, takut dikira songong, hehe. Alhamdulilah respon beliau bagus banget, beliau malah minta didoakan agar bisa lepas dari riba. Siapalah saya ini.

7 Kebiasaan Anak Bahagia

Yang punya buku 7 Kebiasaan Manuasia Efektif dan nggak khatam-khatam bacanya saya sarankan baca buku ini, soalnya kita senasib sis. Hihi. 7 Kebiasaan Manusia Efektif saya beli tahun 2007 silam, udah lama banget tapi nggak pernah benar-benar khatam dan dipraktekin. Pas baca buku 7 Kebiasaan Anak Bahagia, rasanya energi untuk melakukan kebiasaan baik langsung menyala. Buku 7 Kebiasaan Manuasia efektif dibuat dalam versi cerita bergambar. Buku ini khsusus untuk Ruwaid. Bukunya bagus, coba deh baca saya yakin  kamu akan sepakat dengan saya yang bersemagat untuk menerapkan 7 kebiasaan baik dalam buku ini.

Teach Like Finland - 33 Strategi Sederhana Untuk Kelas Yang Menyenangkan

Tymothy D. Walker penulis buku ini adalah seorang guru yang berasal dari Amerika serikat, ia memutuskan untuk pindah ke negara kelahiran sang istri, Helsinki, Finlandia, setelah melewati 'hari-hari yang 'berat' sebagai seorang guru. Sebelum pindah ke Helsinki berulang kali ia mendengar istrinya bercerita tentang pendidikan disana, yang bergerak lebih 'lambat' namun menyenangkan dan dan kabar baiknya cara-cara yang diterapkan oleh guru-guru di Finlandia terbukti berhasil. 

Di halaman-halaman awal buku ini Tymothy menceritakan pengalamannya tentang guru-guru di Finlandia yang menganut prinsip lebih menghargai kebahagian diatas pencapaian. Kebahagian bukanlah hasil dari kesuksesan, namun kunci kesuksesan.

Membaca buku ini mengingatkan saya pada banyak hal tentang hari-hari yang saya lewati dengan terburu-buru, saya seperti Zombie yang selalu bernafsu ingin melahap banyak hal, ingin menyelesaikan banyak hal tanpa memberikan jeda pada diri saya. Buku ini sungguh membuat saya jatuh hati dengan pendekatan-pendekatannya, memberi saya kesempatan untuk sadar lebih awal dan tidak mengulangi ritme 'hidup dan belajar' yang saya terapkan dulu kepada anak saya. 

Ada banyak hal-hal positif dalam buku ini yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya pada proses belajar mengajar di kelas, sebagai seorang ibu saya sangat terbantu dengan banyaknya hal baik dalam buku ini, dan saya bersemangat untuk menerapkannya di kelas kecil saya dan anak-anak saya nanti.


***

Selain buku-buku diatas saya juga membaca beberapa buku-buku Billionaire Store yang khusus membahas bisnis online, seperti, Komik Jago Jualan, Mudahnya Membuat Laporan Keuangan Bisnis Online, Jualan Laris di Google, Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online, dan Easy Copywrinting. Tahun ini bisa dibilang saya nggak baca banyak buku, tapi semoga yang nggak banyak ini bisa dipraktekin semua :D

Bagaimana dengan kalian, sharing dong buku apa saja yang sudah kalian baca tahun ini, buat referensi bahan bacaan tahun depan untuk saya dan teman-teman yang belum baca.

Terima kasih ya sudah membaca tulisan ini :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Jadi merasa ditegur nih. Udah lama juga gak baca buku & belum ada list buku yang mau dibaca.

    ReplyDelete
  2. WOW!! Banyak buku ,,,, tapi dari tahun ke tahun gue kok jadi males baca, ya?

    ReplyDelete

I'm Proud Member Of