Popok kain (Cloth Diaper) Favorit Buat Ruwaid

07.06.00


Salah satu perasaan paling nggak nyaman tapi tak terhindarkan saat beli popok sekali pakai adalah perasaan dibuang sayang, apalagi pas ngangkut doi ke tempat sampah, ya ampun, tapi mau disimpan-simpan juga udah nggak ada faedahnya. Karena hal ini, maka jadilah Ruwaid sudah satu bulan ini memakai popok kain (cloth diaper). 

Awalnya saya sempat merasa repot banget, mengingat Ruwaid dari lahir sudah saya pakaikan popok sekali pakai karena selain praktis, saya juga malas bolak-balik nyuci. Bukan tanpa perhitungan, sangking perhitungannya saya, selain ngitung kira-kira berapa biji pospak yang akan Ruwaid habiskan dalam sebulan, berapa uang yang akan saya keluarkan, saya juga mikirin sampahnya, ya ampun, baru sampah pospak yang dipakai Ruwaid aja udah banyak banget, kalau bisa disulap jadi batako, udah bisa bangun rumah kali. :D

Karena berbagai pertimbangan, akhirnya saat Ruwaid masuk umur 4 bulan saya coba belajar memakaikannya Clodi. Awalnya saya sempat syok, mahal banget, ini kancut bayi kok harganya bisa sampai 80 ribu, bahkan ada yang sampai 400 ribu. Karena belum ngerti dengan si Clodi ini,  alhasil Siang malam saya jadi monster survey clodi, melototin harga clodi yang dijual situs-situs online, baca satu-satu kelebihan dan kekurangannya, sampai terputuskan membeli 6 buah clodi untuk dipakai Ruwaid, merknya juga macam-macam, ada Pempem, Minikinizz, Emphilia, dan smart kids. Saya sengaja beli 4 merk yang berbeda-beda biar ada perbandingan, dan benar saja, dari ke 4 merk itu saya bisa memutuskan clodi mana yang akan saya beli lagi sebagai tambahan yang sudah ada, untuk jaga-jaga-juga siapa tahu nggak cocok pada Ruwaid.

Review singkatnya:

Minikinizz:
  • Ukuran kegedan tapi bahannya lembut banget.
  • Dari sisi praktis berasa kurang karena banyak bagian yang harus dicopotin pas di cuci, tapi ini juga memudahkan sih sebenarnya.
  • Motif lucu-lucu, Ruwaid punya brand ini 1.
  • Ketangguhan menahan pipis nggak begitu oke, bocor.
  • Tebal, jadi pas dipake Ruwaid jadi sedikit ngangkang
  • Cepat kering pas dicuci
  • Saya beli clodi merk Minikinizz di Orami.com
Smart kids:
  • Bahannya lembut banget
  • Motif lucu banget
  • Gak tebal tapi anti bocor
  • Praktis karena bagian-bagiannya nggak harus dicopot pas dicuci
  • Cepat kering pas dicuci
  • Favorit banget
  • Saya beli clodi merk smart kids di Orami.com
Emphilia:
  • Motif Lucu tapi gampang banget bocor, sekali dipipisin langsung bocor
  • akhirnya beralih fungsi jadi celana, hehe
  • Keringnya agak lama pas dicuci
  • Saya beli clodi merk Emphilia di Orami.com
Pempem:
  • Sejauh ini, pempem menjadi clodi favorit untuk Ruwaid. Ruwaid punya clodi ini sebanyak 8 lembar.
  • Motif lucu
  • Anti bocor
  • Walaupun agak tebal tapi masih nyaman untuk bayi.
  • Saya beli clodi merk pempem di orami.com dan penjual clodi online
  • Cepat kering pas dicuci
Lalu sebenarnya apa sih kelebihan clodi dibanding pospak, ini berdasarkan pengalaman saya aja ya.

Kelebihannya:
  1. Hemat, modal awalnya lumayan besar sih, tapi kalau di rawat baik-baik bisa diwariskan ke anak berikutnya. hehe. Harga clodi yang saya beli untuk Ruwaid ada dikisaran 80-65 ribu
  2. Ramah lingkungan. Nggak kebayang berapa jumlah sampah pospak yang ada di indonesia.
Kekuarangannya
  1. Repot? sedikit. Saya tadinya mikir bakal repot banget karena harus bolak-balik nyuci tapi pas prakteknya ternyata nggak repot-repot banget. Karena nyucinya sama halnya dengan pakaian biasa, hanya saja butuh perhatian ekstra dalam kebersihan agar kulit bayi tidak iritasi
  2. Kurang praktis untuk dipake bepergian
  3. Pas musim hujan jadi kurang bersahabat karena harus dicuci dan tunggu kering baru bisa digunakan.
  4. Yang harus diperhatikan saat menggunakan clodi adalah harus lebih sering diganti dibanding pospak. Untuk Ruwaid, saya sengaja tidak memakaikannya clodi di malam hari kuatir tidurnya akan terganggu kalau clodinya bolak-balik di ganti, biasanya saya pakaikan pospak untuk malam hari.
Yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk membeli Clodi:
  1. Kenyamanan bahan dikulit bayi, kalau bisa beli satu saja dulu untuk dicoba, kira-kira menimbulkan iritasi atau tidak.
  2. Daya tampungnya. Dari pengalaman pake clodi, memang ada clodi yang daya tampungnya terbilang 'lemah' gampang bocor
  3. Ukurannya. Jangan sampai kesempitan, atau terlalu ketat. Umumnya clodi bisa dipakai sampai berat anak mencapai 15 kg.
  4. Motif. Hehe. Racun banget ini, motifnya lucu-lucu euy.
  5. Harga. Ada yang harganya sampai setengah juataan. Memang sih ada rupa ada harga, tinggal disesuian sama keuangan saja. Yang harganya di range 100 rb juga udah bagus-bagus kok.
Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, menurut saya popok kain (Clodi) sangat membantu banget menghemat, dan tentunya lebih sayang bumi. Kalau kalian sendiri lebih pilih mana, pospak atau clodi?

Thanks for reading!

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of