Cara menghafal juz 30 dalam 3 bulan

09.50.00


Adakah yang seperti saya, yang tiap tahunnya selalu masang target buat ngafalin juz 30 tapi tahun-tahun pun berganti dan nggak hafal-hafal juga.

Ngomongin juz 30, sebenarnya saya sudah 'pernah' hafal tapi karena nggak dijaga akhirnya hilang. Tahun ini, sayapun malu, seiring ramainya pemberitaan anak-anak balita yang sudah hafal juz 30, keponakan saya yang masih ingusan juga udah hafal, saya pun bertekad untuk kembali mengulang hafalan, setelah jumpalitan nyari cara akhirnya ketemu, salah satu sebab mengapa hafalan yang lalu nggak menetap adalah saya belum hafal benar tapi udah nggak sabaran pindah ke surah berikutnya.
 

Hafal Juz 30 dalam 3 bulan, mungkinkah? Mungkin bangeeeet. Ada malah yang sebulan udah hafal, sepekan juga ada, eh ada juga yang 40 hari udah hafal 30 juz.

Karena sadar diri dengan kemampuan dan biar nggak buru-buru, saya masang target tiga bulan, mulainya udah dari januari kemarin. Menghafalnya mulai dari An-Nas, dan hari ini sudah hampir selesai. Lalu metode apa yang saya pakai? Bukan metode canggih kok, hehe.

Sebenarnya untuk membuat tulisan ini juga saya malu, udah umur segini tapi juz 30 aja belum hafal. Namun, tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar, untuk mulai menghafal. Menghafal juz 30 menjadi proyek besar saya untuk tiga bulan ini. Mau ikutan? Mudah-mudahan ramadhan nanti bacaan sholatnya sudah lebih baik. Aamiin.

Ini beberapa catatan yang saya buat sebelum mulai menghafal.

Niat

Saya  kepikiran hukuman apa yang akan saya berikan ke diri saya andai saya tidak berhasil mencapai target ini, dan cukuplah bacaan sholat yang itu-itu aja dari tahun ke tahun menjadi hukuman. Kadang saya iri mendengar bacaan teman-teman saya pas jadi imam sholat, dan saya nolak mati-matian pas di suruh jadi imam, apalagi kalau sholatnya bersuara. Hehe.

Berdoa

Jum’at lalu saya ikut training pandai faham al qur’an, dan salah satu cara memahami al qur’an adalah berdo’a. Kedengaran klise ya? tapi setelah mendengar penjelasan ustadzah saya jadi berasa seperti butiran debu yang tak berguna, iya, dalam do’a-do’a yang saya panjatkan, meminta untuk dipahamkan al qur’an, dimudahkan menghafal qur’an itu terbilang jarang.

Menggunakan metode yang pas
  
Salah satu Kunci dari keberhasilan dalam menghafal adalah istiqomah dan sebelum menghafal udah punya gambaran surah yang dihafalin nyeritain apa. *ini kata teman-teman saya yang udah hafal banyak surah.

Setelah ke tiga point di atas barulah masuk ke langkah-langkah menghafal, saya sengaja buat asumsi waktu menghafal dari Maret-Mei pada postingan ini. Ada beberapa langkah saya tempuh, ini ala-ala saya aja, hehe. Check it out :)
 
1. Membuat list Surah-surah yang ada di juz 30, ada 37 surah list nama surah yang ada di point kedua
2. Membuat list Khusus Surah-surah yang sudah saya hafal, trikul libas deh. Hehe. Setelah ngecek hafalan, yang saya yakin banget udah hafal itu dari surah 93-114 (Lihat surah yang ditandain pake warna ungu) kemudian hilangkan dari list.


78. Surah An Naba'
79. Surah An Naaziaat
80.Surah ‘Abasa
81.Surah At-Takwiir
82.Surah Al-Infitar
83.Surah Al-Mutaffifiin
84.Surah Al-Insyiqaaq
85.Surah Al-Buruj
86.Surah At-Taariq
87.Surah Al-A’laa
88.Surah Al-Ghaasyiah
89.Surah Al-Fajr
90.Surah Al-Balad
91.Surah Asy-Syams
92.Surah Al-Lail
93.Surah Adh-Dhuha
94.Surah Al-Insyirah
95.Surah At-Tiin
96.Surah Al-‘Alaq
97.Surah Al-Qadr
98.Surah Al-Baiyinah
99.Surah Al-Zalzalah
100.Surah Al-‘Aadiyaat
101.Surah Al-Qari’ah
102.Surah At-Takathur
103.Surah Al-‘Asr
104.Surah Al-Humazah
105.Surah Al-Fiil
106.Surah Quraisy
107.Surah Al-Maa’uun
108.Surah Al-Kauthar
109.Surah Al-Kafirun
110.Surah An-Nasr
111.Surah Al-Lahab
112.Surah Al-Ikhlas
113.Surah Al-Falaq
114.Surah An-Naas

3. Membuat catatan untuk jumlah ayat masing-masing surah yang belum di hafal dan mengecek ada tidaknya ayat yang sudah di hafal di masing-masing surah. Total ayat yang belum saya hafal sekitar 382 ayat.. Buanyak ya... Hehe. (Lihat yang ditandain pake warna pink)

4. Karena waktu yang saya targetkan hanya 3 bulan atau 90 hari, dengan pembagian 80 hari untuk menghafal, 10 hari untuk murajaah. Maka 382 ayat bagi 80 hari = rata-tata harus hafal 5 ayat sehari.

78.Surah An Naba' (40 ayat, hafal ayat 1-20; lancar) = Sisa 20 ayat
79.Surah An Naaziaat (46 ayat, Hafal ayat 1-15; lancar) = Sisa 31 ayat
80.Surah ‘Abasa (42 Ayat, hafal ayat 1-10;lancar) = Sisa 32 ayaat
81.Surah At-Takwiir (29 ayat)
82.Surah Al-Infitar (19 ayat)
83.Surah Al-Mutaffifiin (36 ayat)
84.Surah Al-Insyiqaaq ( 25 ayat)
85.Surah Al-Buruj (22 ayat)
86.Surah At-Taariq (17 ayat)
87.Surah Al-A’laa (19 ayat)
88.Surah Al-Ghaasyiah (26 ayat)
89.Surah Al-Fajr (30 ayat)
90.Surah Al-Balad (20 ayat)
91.Surah Asy-Syams (15 ayat)
92.Surah Al-Lail (21 ayat)

5. Menentukan hari-hari dan target pencapaian (lihat bagian yang ditandai pake warna kuning)

78.Surah An Naba' (40 ayat, hafal ayat 1-20; lancar) = Sisa 20 ayat = 11-15 Mei
79.Surah An Naaziaat (46 ayat, Hafal ayat 1-15; lancar) = Sisa 31 ayat = 4-10 Mei
80.Surah ‘Abasa (42 Ayat, hafal ayat 1-10;lancar) = Sisa 32 ayaat: 28-30 April= 1-3 Mei
81.Surah At-Takwiir (29 ayat) 22-27 April
82.Surah Al-Infitar (19 ayat) 18-21 April
83.Surah Al-Mutaffifiin (36 ayat) 11-17 April
84.Surah Al-Insyiqaaq ( 25 ayat) 6-10 April
85.Surah Al-Buruj (22 ayat) 1-5 April
86.Surah At-Taariq (17 ayat) 27-30 Maret; 31 Maret libur
87.Surah Al-A’laa (19 ayat)23-26 Maret
88.Surah Al-Ghaasyiah (26 ayat) 18-22 Maret
89.Surah Al-Fajr (30 ayat) 12-17 Maret
90.Surah Al-Balad (20 ayat) 8-11 Maret
91.Surah Asy-Syams (15 ayat) 5-7 Maret
92.Surah Al-Lail (21 ayat) 1-4 Maret

6. Murajaah dan Istiqomah

*Hafalan lama dimurajaah setiap hari selama hari-hari menghafal.
*Surah yang sudah dan sedang di hafal menjadi bacaan sholat.
*Tanggal 16-30 Mei : Hari-hari Murajaah juz 30 keseluruhan.
----------
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?  (Qs. Al-Qomar:17)

Sekian, semoga bermanfaat, silahkan sesuaikan hafalan dengan waktu yang kamu punya :)

Sumber gambar: tumblr


You Might Also Like

2 comments

  1. sampai saat ini saja saya belum hafal juz amma Mbak :(
    hafalnya hanya yang sering dibaca pas shalat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak semangat menghafalnya... :)

      Hapus

I'm Proud Member Of