Ramadhan checklist

8:58:00 AM


Insya Allah kurang lebihh 4 hari lagi kita akan memasuki Ramadhan. Semoga Allah sampaikan kita ke pada bulan Ramadhan dalam kondisi yang baik dan siap untuk mentarqiyah diri dalam banyak hal. aamiin.

Di antara ikhtiar yg perlu kita lakukan utk memastikan kita bisa memasuki Ramadhan dalam kondisi prima yaitu menchecklist kelengkapan-kelengkapan tarqiyah kita di bulan Ramadhan. Silakan kita mencek masing-masing mencek semua kelengkapan ini sudah siap atau belum, jika ada yang belum tersiapkan semoga di sisa-sisa hari Sya'ban ini bisa kita lengkapi sebaik2nya. 

Checklist Kelengkapan Ramadhan

1. List target tarqiyah diri (baik dalam hal mafahim atau pun dalam hal ubudiyah)

Misal target tilawah/khatam Al qur'an, Qiyamul lain, hafaalan Al qur'an, shalat dhuha, shalat rawatib, target membaca buku (tentukan buku apa), dll. 

Bisa juga dibuatkan dalam bentuk tabel yang bisa di contreng tiap harinya. Pastikan list target ini telah definit dan kalau perlu ditempel di tempat yg sering kita lihat. 

2. Rencana pola harian

Seringkali kita membuat target Ramadhan yang fantastis tapi kita terlupa merencanakan slot waktu pelaksanaannya dalam setiap harinya sehingga setelah sekian hari Ramadhan target kita semakin tampak menjauh dari jangkauan.

Untuk itu, pastikan kita sudah punya rencana pola harian aktivitas selama Ramadhan.
Secara umum, saat Ramadhan pola harian kita akan berubah karena ada tambahan slot tarawih, sahur, dan ihyaul lail.. 

3. Tools tarqiyah

Pastikan semua tools yang diperlukan utk tarqiyah diri selama Ramadhan sudah ada dan siap pakai sejak mulai masuk Ramadhan.

Contoh:
Buku yang ditargetkan utk dibaca, pastikan kita sudah membelinya dan buku itu sudah siap dibaca. Jangan sampai kita baru mencari bukunya setelah Ramadhan datang.

Mukena yang akan dipakai saat tarawih, pastikan sudah kita cuci bersih dan siap pakai dan tools2 lainnya. 

4. List doa 30 hari

Salah satu waktu utama yang Allah janjikan akan diijabahnya doa2 kita adalah saat berbuka puasa. Untuk itu, pastikan kita sudah melist semua hajat dan keinginan2 kita tanpa terlewatkan satu pun, baik hajat kecil atau pun besar, baik utk pribadi kita, keluarga, da'wah, atau pun kaum mu'minin. Jangan sampai waktu utama saat berbuka puasa kita lewatkan sekadarnya dan dengan doa yang "seingatnya".

5. List infak Ramadhan

Kepada siapa atau kemana akan diberikan, berapa besarnya, dan kapan akan dikeluarkan.. pastikan semuanya telah terencana dan tercatat dengan baik.

Bahkan, dana infaknya pun sebaiknya sudah kita siapkan di dalam amplop-amplop kecil dan diberi label sehingga saat Ramadhan nanti kita tinggal mengeluarkannya.

Dijamin insya Allah tidak akan ada cerita batal berinfak karena kehabisan uang atau terpakai oleh urusan yg lain, insya Allah.

Termasuk hadiah-hadiah  yang akan kita berikan di bulan Ramadhan kepada tetangga/kerabat, usahakan telah dibeli dan disiapkan sejak sekarang, sehingga saat Ramadhan kita tidak perlu jalan2 keliling pasar/mall mencari hadiah lebaran tadi. 

6. List kebiasaan baik yang akan dilatih ditumbuhkan di bulan Ramadhan

Tidak usah muluk-muluk, cukup dua hal atau maksimal tiga hal saja, tapi benar-benar kita fokusi utk dilatih dan dimuhasabahi setiap hari.. 

7. List kebiasaan buruk yang ingin dihilangkan/diredam

Sama seperti kebiasaan baik, cukup 2-3 hal saja, tetapi fokus. 

8. Rencana i'tikaf 10 malam terakhir

Akan mulai kapan, di mana, dan rencana aktifitas selama i'tikaf sebisa mungkin disiapkan sejak sekarang.. 

 Itu di antara checklist-an kelengkapan Ramadhan yang perlu kita siapkan, persiapkan ramadhan kita sebaik mungkin, sebab mungkin ini ramadhan terakhir untuk kita.

Sumber: WA P3Q al ihsan Yayasan al hijaz alkhaeriyah depok
Sumber gambar: pinterest.-its-all-about-ramadhan

Day 14: #NulisRandom2015

14 Juni 2015 
 

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of