Friday to do list

09.46.00


Bismillah. Sudah lama saya kepikiran untuk membuat Friday to do list yang bisa saya praktekkan setiap jum’at, tapi bawaannya selalu lupa dan jum’at pun berlalu tanpa target dan pencapaian yang jelas. Padahal jum’at telah jelas keutamaannya, jelas juga amalan-amalan yang disunnakan pada hari itu.

Kenapa penting untuk membuat Friday to do list? Ini pengalaman dari teman kantor yang sempat curhat kalau bacaan al kahfinya nggak pernah selesai karena pas udah di tempat kerja bawaannya lupa aja, atau biasanya nggak sempat. Padahal surat al kahfi bisa selesai loh dalam sekali duduk, sekitar 30 menitan. Pengalaman pribadi, hehe, kebiasaan baca al kahfi di detik-detik menjelang magrib.

Kalau saya bukan bacaan al kahfi yang sering keteteran pas hari jum’at tapi motong kuku sama banyak-banyakin shalawat. Masyaallah, mengenai shalawat ini seorang ustadz pernah memberikan semacam motivasi untuk menjadikan hari jum’at sebagai hari enggak ngomong macam-macam, bicara baik atau baca shalawat.

Sunnah di hari jum’at sudah kita ketahui bersama, yang jadi masalah barangkali hanya pembagian waktunya saja. Dari hasil baca-baca pembagian to do list untuk hari jum’at saya bagi menjadi beberapa bagian. Check it out.

1. Take care of personal Hygeine


Apa saja isinya, pokoknya bersih-bersih diri dari atas sampai bawah.

Untuk point ini kayak gampang banget tapi kalau nggak diniatin untuk melaksakan sunnah maka ceritanya akan lain lagi, bisa jadi enggak dapat pahala, bukankah amal tergantung niat. Nah untuk yang kerjanya dari pagi sampai sore, aktifitas bersih-bersih ini bisa dilakukan pas mandi pagi. Untuk laki-laki jika memungkinkan menjelang sholat jum’at mandi lagi biar segar, jangan lupa parfumnya.

2. Recite Surah kahf

Kamu termaksud yang sering keteteran? Saya juga. Hehe. Padahal keutamaan udah jelas banget ya.

Di tempat kerja biasanya jum’at penuh kejutan kerjaaan, untuk mensiasati point ke dua ini dari maghrib harus udah mulai dicicil.

Surah al kahf ada 6 lembaran. Bisa dicicil dua lembar setelah maghrib, dua lembar setelah isya, dua lembar setelah subuh. Selesai.

Atau bisa juga dari jum’ah ayatnya. Surat al kahf terdiri dari 110 ayat, bisa di cicil dalam lima kali waktu sholat dalam sehari. Tinggal dibagi-bagi saja.

3. Pray for the Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam often (Shalawat)

Harus bertarget misalnya 100 kali atau 200 kali atau 1000 kali pokoknya sesering mungkin. Baca shalawatnya bisa kapan saja, asal tempatnya tidak terlarang seperti toilet. :)

4. Do’a

Hari jum’at adalah salah satu waktu mustajab untuk berdo’a, apalagi selepas ashar.

Jadi khususkan hari jum’at untuk memperkencang do’a-do’a kita.


Day 5: #NulisRandom2015


5 Juni 2015






You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of