5 Hal baik yang bisa ditiru dari Rumah Orang Jepang

8:39:00 PM


Sejak dulu saya suka pada rumah orang jepang yang saya lihat di film-film, rumah mereka rapi dan nggak rame. Saya semakin jatuh cinta saat membaca buku Marie Kondo. Ketika menyebut nama Marie Kondo, saya harus berterima kasih karena wanita asal Jepang ini lewat bukunya telah mengubah banyak hal dalam diri saya, bukan hanya dari sisi merapikan rumah dengan pendekatan berbeda, sejak mengenal Marie Kondo angan-angan saya tentang hunian impian jadi beda, hunian impian untuk saya tidak lagi seperti yang ada sinetron Angling Dharma, yang mewah-mewah rame gimana gitu. Hehe

Yang pernah baca buku Marie Kondo pasti akrab banget sama beres-beres yang semuanya berangkat dari kebutuhan, kamu hanya menyimpan barang-barang yang kamu butuhkan dan bikin bahagia. Hasilnya, rumah nggak diramaikan oleh banyak barang. Beberapa hari yang lalu saya juga baca sedikit tentang rumah orang di finlandia, disana mereka berprinsip bahwa semakin sederhana rumah, semakin bikin bahagia. Mereka nggak punya banyak pajangan di dinding, dengan artian kalaupun ada pajangan maka itu benar-benar penting banget. Barangkali orang Jepang juga menganut prinsip ini.

Lanjut ke cerita rumah orang Jepang, sebelumnya saya belum pernah ke Jepang, mudah-mudah ada rezeki pengen main ke sana. Sebagian rumah orang-orang jepang yang saya dapati di IG dan Pinterest, konsepnya hampir sama semua, rapi, nggak rame, barangnya sedikit, terorganize, dan bikin bahagia hati yang memandang. 

Senggaknya ada 5 hal yang ingin saya tiru dari rumah orang Jepang jika nanti sudah dimampukan sama Allah untuk punya rumah, doaian ya mudah-mudahan bisa beli rumah nggak pake riba.. Aamiin.

1. Rumah Orang Jepang kelihatan 'Lega' walaupun lahannya sempit

Ini nggak lain karena barangnya nggak banyak. Barang-barang yang mereka simpan benar-benar yang mereka butuhin. Hiasan rumah mereka juga nggak banyak. Decluttering ala Marie Kondo boleh di coba.

2. Terorganize

Kelihatan dari semua barang ada tempatnya, hal ini sebenarnya menjadi masalah utama dari rumah yang nggak rapi, karena kebanyakan barang jadinya tempat yang ada nggak bisa nampung. Salah satu pelajaran yang saya ambil dari buku Marie Kondo adalah menyediakan tempat untuk setiap barang yang kita punya, semacam penghargaan untuk barang tersebut dan si barang punya tempat 'pulang' setelah kita gunakan yaitu tempat yang sudah kita sediakan. Yakin nggak ada lagi yang berhamburan nggak jelas. Barang-barang tertata rapi pada tempatnya.


3. Dindingnya bersih dari tempelan-tempelan



Ini kayaknya beda banget sama penganut scandy dan shaby home. Dinding rumahnya bersih banget, nggak banyak tempelan. Saya yakin giliran ada tempelan pasti deh penting, karena sebelumnya jarang ada tempelan maka pasti si tempelan itu jadi pusat perhatian.

4. Warnanya kalem



Kebanyakan cat rumahnya kalem, bikin adem. Saya pernah baca artikel yang ngebahas cat rumah, katanya cat rumah dengan warna putih selain memberikan kesan luas juga memberi rasa adem.

5. Furniturenya nggak rame + nggak banyak hiasan


Ini yang paling saya suka dari rumah orang jepang, furniturenya nggak rame, sederhana, dan kayaknya gampang dicontek sama tukang kayu di indonesia. hehe


Ngomongi rumah, pasti balik lagi ke selera masih-masing. Untuk saya pribadi nggak harus bagus apalagi mewah, yang paling penting bersih dan rapi, tentunya juga bikin penghuninya nyaman dan bahagia.

:)

Sumber gambar: @mihomuchacha dan @mayuru.home

You Might Also Like

12 comments

  1. Barang-barang yang nggak ada wadahnya itu jadi berserakan dan bikin rumah kacau. Memiliki rumah yang rapi adalah idaman saya, meski sampai sekarang masih saja ada yang berantakan, seperti mainan dsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget, itu yang kadang bikin kezal... hihi

      Delete
  2. Iyaa emang males banget ya kalau rumah berantakan banyak barang. Kalau mau beli sekarang jadi mikir mikir banget apakah barang tersebut perlu atau enggak.

    ReplyDelete
  3. Kalau dilihat sih kayaknya rumah orang jepang kecil-kecil ya jadi mereka memanfaatkan semua tempat dengan maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rumah mereka kecil2 tapi rapi-rapi...

      Delete
  4. iya begitu ya, aklau aku lihat sih simple

    ReplyDelete
    Replies
    1. simple kayaknya jadi ciri utama rumah2 jepang mba..

      Delete
  5. Cantik banget ya rumahnya. Beneran bikin adem, hati tentram. Pengen deh rumah kayak gitu...

    ReplyDelete
  6. Saya pun pengagum orang Jepang, 24 jam TV saya nyala yg ditonton dr pagi mpe malam cuma waku2 japan hahaha #lebay.
    Iya mungkin kesederhanaan, meski sebenarnya mampu, itu yg dijaga ya mbak. Patut ditiru. Saya punya buku Marie Kondo jg, tapi blm praktek semua, masih ada rasa "sayang" pada barang kenangan huhuhu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba mereka itu kyknya sederhana, nggak rame, buku marie kondo keren...

      Delete

I'm Proud Member Of