Rahasia menghafal al qur'an dalam 40 hari..

16.50.00

Bismillah. Haaaaahh 40 hari? 30 juz? kok bisaa? emang bisaa? saya sampe nganga-nganga mendengar cerita teman di tempat kerja tentang tante beliau yang baru-baru menamatkan hafalan al qur'an 30 juz, dalam 40 hari pula. Yang ada dalam kepala saya adalah pendarahan otak.. saya bisa pendarahan otak kalau memaksakan diri menghafal 30 juz dalam 40 hari. hahaha.

Iyaah.. jangankan 30 juz dalam 40 hari, juz 30 ajaa kagak tamat-tamat. Teman saya menceritakan bahwa tente beliau ikut program menghafal al qur'an dalam 40 hari di Makassar. Mendengar makassar di sebut membuat kepo yang tadi masih diam-diam naik ke kepala, saya segera undur diri dari obrolan dan segera mengetik di google bagaimana menghafal al qur'an dalam 40 hari, sayang, metode yang saya cari nggak ketemu, yang ada di pencatatan google hanya nama lembaga yang mengadakan program menghafal al qur'an dalam 40 hari.

Setelah berhari-hari kepo akhirnya saya menemukan titik terang nama seorang akhwat yang ikut terlibat dalam program 40 hari menghafal al qur'an, tapi saya tidak juga menemukan metodenya. Karena kepo yang tidak tertahan lagi, saya sampai kepikiran mau silaturahim ke rumah tante teman saya. haha.. modus SKSD. Aduh gimana ini?

Dan jrengg.. jrengg... Nggak nyangkaa, seminar 40 hari menghafal al qur'an akan ada di bekasi, tempatnya juga nggak jauh dari rumah. Alhamdulillah. Karena takut nggak dapat tiket, saya sampe ngutang dulu ke teman seruangan buat beli tiket.. haha.. tiketnya musti dibayar lewat atm gitu.. ya udeh..ngutang..ngutangg deh. Alhamdulillah tiket sudah di tangan.. Tanggal 31 di Masjid Al Azhar kalimalang.

Hari H.. saya udah nafsu ajaa.. saya berangkat pagi-pagi betul.hehe.. Akhirnya saya sampai di TKP dengan selamat.. telaat euy.. acaranyaa udah di mulaai.. Hilya si hafidz cilik sedang melantunkan ayat-ayat suci al qur'an.

Oh iyaa teman-teman.. Seminar ini bertemakan "menghafal al qur'an tak mengenal usia" di isi oleh tiga pemateri, Materi pertama di bawakan oleh ust. Bachtiar nasir. Materi kedua oleh syaikh... (saya lupa namanya). Materi ketiga, inilah materi yang membuat saya kepo.. hehe..Silahkan dihayati yaa..

Materi Pertama:

Yang paling dalem banget saat sampai pada bagian membuat program hidup. Ustadz bachtiar nasir menuturkan bahwa siapa saja yang ingin menghafal al qur'an harus membuat program hidup "mengikat diri dengan wahyu"

Ustadz.. memberikan motivasi untuk kita-kita yang hafalan al qur'annnya masih ngesot-ngesot.. hehe.. nggak ada kata terlambat. Rasulullah mulai menghafal al qur'an di umur 40 tahun, menghafalnya juga nggak lansung-langsungan tapi membutuhkan waktu selama 23 tahun. Masyaallah.

Materi kedua:

Aduh saya ketinggalan materi.. *izin ke toilet* makanya saya nggak tahu nama syaikhnya. Materi kedua lebih ke motivasi lagi.. syaikh memaparkan keutamaan al qur'an dan keutamaan para penghafalnya. Untuk bagiaan ini, sila cari di gugel yaah. Sebelum menghafal bagian ini harus di tanam baik-baik di dalam hati. Kalau kata ustadz.. bagaimana bisa kita istiqmah kalau nggak berilmu.. Gimana bisaa semangat kalau nggak tahu apa yang di tuju..

Setelah memaparkan berbagai keutamaan menghafal al qur'an, syaikh kemudian menjelaskan cara menghafal al qur'an dengan metode cepat, dengan metode ini hafalan al qur'an bisa rampung dalam enam bulan sampai satu tahun. Metodenya ada beberapa.. jangan syok yaah.. ini dia metodenya..

1. Santri penghafal al qur'an di wajibkan bangun disepertiga malam, dan menghafal sampai shubuh.
2. Setelah shubuh kemudian para santri menulis hafalan kemudian di tunjukan ke syaikh
3. Jam tujuh sampai dhuha adalah waktu istirahat
4. Dari jam delapan sampai jam sebelas digunakan untuk menghafal dan mengulang-ngulang hafalan.

Terus kapan sarapannya?
Pemirsaa.. sarapannya nanti jam sebelasan.. hehe.. ya ampyunn.. ini mah kalau nggak niat.. bisa..bisaa kebur dari pesantren..haha

5.Setelah sarapan.. (Sarapannya jam sebelas) di wajibakan tidur atau istirahat sampe dzuhur..

Saya senyum-senyum enggak jelas dibagiaan ini.. saya yah kalau tidur siang bisaa sampe dua jam an..

Makan siangnya kapan?

Nanti pas mau ashar..

6. Ba'da dzuhur sampai ashar

setiap santri membenarkan bacaan al qur'annya di hadapan syaikh.

7. Ba'da ashar sampai maghrib

Para santri membuka kembali bukunya, dan mendengarkan bacaan syaikh, kemudian memperbaiki yang kurang tepat

8. Maghrib sampai Isya

Memperdengarkan hafalan yang kemarin

9. Setelah shalat Isya sampai jam 11 malam

Murajaah.. Murajaahnya pake sistem thawah.. maksudnyaa? murajaah sampe jalan-jalan minimal memurajaah tujuh juz. kekekekek.. termehek-meheek.... Jangan kebur dulu... Isi materi ketiga adalah bagaima menghafal al qur'an dalam 40 hari.. 40 hariii cuy...hehe..Yuk marii... udah penasaran kan?

Materi ketiga

Oleh Ustadz dr. Faizal... Beliaulah yang memperkenalkan metode menghafal al qur'an selama 40 hari di Indonesia. Beliau mengikuti program ini di sudan dengan penuh perjuangan.. konon, beliau berazam tidak pulang ke Indonesia sebelum menamatkan 30 juz.. alhamdulillah berhasill.. berhasil...

Langsungg ajaa yaa..

Pernah kepikiran nggak menghafal al qur'an dalam 40 hari? Jangan kayak saya yang udah keder duluaan.. haha.. Sebelum menghafal, point-point berikut ini harus dipastikan sudah ada dalam diri kita..

Pertama: Harus yakin duluuu...

"TIDAK ADA YANG MUSTAHIL BAGI ALLAH"

Adalah modal utama metode ini. Masyaallah Kalau Allah berkenaan, jangankan 40 hari, 4 jam jugaa bisa hafal.. Jadi pertama-tama musti yakin dulu..

Kedua: Keikhlasan dalam beribadah harus di jagaa betul..

Sebelum menghafal.. yakinkan diri baik-baik bahwa niat kita adalah mencari keridhoan Allah.. Ingat hadist yang menjelaskan tentang tiga orang pertama yang dilemparkan ke neraka kan? nah salah satunyaa adalah penghafal al qur'an yang niatnya nggak lurus, bukan karena Allah. Jadi perhatikan baik-baik keikhalsan kitaa..

Bagaimana memunculkan keikhlasan?

Dengan memahami kedudukan seorang penghafal al qur'an di dunia maupun di akhirat.

Ketiga: Yakiiinnn

Yakin...yakiiin..yakin.. yakin akan penjagaan Allah terhadap al qur'an, Al qur'an beda dengan kitab lainnya, dannn yakin akan jaminan kemudahan bagi Allah untuk mereka yang berniat mempelajar Al qur'an

Keempat: Kesungguhan dan tekad yang kuat

Harus pake banget.. kalau nggak punya tekad kuaat.. saya yakin sekali pasti nggak bakalan kaut..
Kelima: Kesabaran

Sabar adalah cahayaa.. sabar inti kebaikan..
Keenam: Jauhi perbuatan maksiaat..

Tahu kisah imam syafii kan? yang kehilangan hafalan gegara melihat betis seorang wanitaa, itupun nggak sengajaa.. nah kitaa?

Ketujuh: Kekuatan do'aa..

Terus.. dan terus memohon kepada Allah.. hafalan al qur'an adalah karunia dari Allah

Bagiaan inti.... *berasa lama banget baru nyampe bagian ini*

Definisi daurah 40 hari menghafal qur'an adalah suatu akselarasi menghafal al qur'an selama 40 hari dengan target khatam 30 juz yang dilaksanakan dengan sistem karantina dimana setiap peserta menyetorkan (Tasmi) hafalannya di hadapan muhaffidz/ muhafidzah..

Jadi guyss.. ada sistem karantinaa disini.. buat kitaa-kita yang masih sering sakau kalau nggak ketemu hapee, di wajibkan puasa dulu sebelum ikut karantina.. hehe.. puasa dari pegang-pegang hape.. di tempat karantinaa kita nggak ketemu gadget dan semacamnya selama 40 hari selain waktu-waktu yang diizinkan.

Metode Daurah 40 hari:

1. Memiliki target yang jelas.

Bangun setengah tiga pagi.. Hafal satu hari satu juz... *Satu hari satu juz* wooow.. tenang dulu,, nggak usah takut kena pendarahan otak.. karena metode ini sudah menghasilakn hafidzah yang mengkhatamkan hafalan al qur'annya di umur 70 tahun.. *beliau ini adalah tante dari teman sayaa*.. masyaallah bangett.. adoooh malu.. mulunya jadi sayaa.. juz 30 aja masih suka keder.

Total waktu menghafal adalah 15 jam dalam sehari.

1 JAM = 1 LEMBAR

10 JAM = 10 LEMBAR= 1 Juz

Satu halaman al qur'an ada 15 baris.. satu lembar berarti 30 baris.. 30 baris dibagi 60 menit.. berarti satu barisnya harus selesai dalam dua menit. Insyaallah 1 jam bisaa hafal satu lembar..

Woow banget yaa.. Jangan takut
dulu.. ingat nenek 70 tahun itu lagi..

sisanya murajaah.. Murajaah..

2. Gunakan semua panca indraa, pahami ayat yang di hafalkan..
3. Fokus dan konsentrasi..

Menurut saya ini adalah kelebihan program ini.. karantinaa bisa membuat peserta fokuss..

4. Membentuk kebiasaan baru..

Untuk yang tipikal kayak anee.. pasti syok dah.. haha.. harus diperhadapkan dengan berbagai kebiasaan baru di tempat karantiana.. TAPI nggak ada yang nggak mungkin. Steven covey dalam buku sevent habits mengatakan bahwa kita hanya butuh waktu 21 hari saja untuk membentuk kebiasaan baru

5. Bersaing dalam kebaikan..

Maksunyaa masing-masing peserta berlomba menyelesaikan hafalan. *tapi bisaa setrees juga yakk kalau yang lain melaju dengan hafalannyaaa sedang kitaanya lemot* Cemungudd kaka..

6. Keluar dari zona nyamaann...

Ini nihh yang paling susaaaah pake bangett..

Tipsnya cumaa enam aja.. gampang kan? hehe.. Inti dari semuaah ini adalah niatt.. kalau nggak niaat.. saya yakin bisaa depresi kitee.. hehe.. untuk menerapkan metode ini paling pasnyaa harus dikarantinaa.. ingat lagi yakk "TIDAK ADA YANG MUSTAHIL BAGI ALLAH"

Penutup:

Khalid bin walid..pedang Allah yang terhunus pernah suatu hari menangis sambil memegang mushafnya, sambil berkata.. Jihad telah melalaikan kami darimu (al qur'an)" *Saya menyekaa air mataaaaa* Ya Allah..

Lalu, Kapan saya menyelesaikan hafalan qur'anku? Ya Allah mudahkan hamba-Mu ini..

Sekian... Semoga bermanfaat, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan yaa..

NB. Ini link vidio daurah menghafal al qur'an dalam 40 hari http://www.youtube.com/watch?v=7MaR93tI8F4

Bekasi, 3 Juni 2014

You Might Also Like

25 comments

  1. wow luar biasa. Pejuang hamas di palestina memberikan syarat bagi yang ingin masuk menjadi anggotanya salah satunya adalah harus hafal alqur'an 30 juz. Ternyata kekuatan Alqur'an mampu menggentarkan nyali Yahudi Israel

    BalasHapus
  2. infonya kerenn, tulisannya kerenn,, w a w

    BalasHapus
  3. Subhanallah, saya dari dlu ingin sekali bisa menghafal 30 juz al-Qur'an,,,

    Kapan y kira2 program hapalan al-Qur'an ini dilaksanakan lagi??? jadi pengen ikutan,,,,
    kalau tau infonya tlong dipublikasiinlagi y,,,,
    makasih,,,,

    BalasHapus
  4. Bacaan mengesankan sekaligus mengingatkan. Terimaksih. Semoga dipermudahkan dalam menghafal kalam Allah

    BalasHapus
  5. Subhanallah, artikelnya sangat menginspirasi sya untuk menghafal Al Qur'an..,

    BalasHapus
  6. Tulisannya bagus. Sangat menginspirasi. terima kasih :)

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, infonya bermanfat buat saya

    BalasHapus
  8. Pemaparannya manarik untuk dibaca semua, tapi sungkan mengulangi, maka saya catat poin-poinya saja. Insya Allah niat amal dan sampaikan. Jazakallahu khair.

    BalasHapus
  9. m. husnil maarif27 Desember 2014 22.10

    Mungkin nama syaikhnya adalah syaikh ali jaber imam dari masjid nabawi di madina...yang bahasa indonesianya sangat lancar...Dan maksih artikelnya krn sangat bermamfaat....

    BalasHapus
  10. Makasih banyak informasinya....artikelnya sungguh sangat bermanfaat.
    Jazakallahu khair katsiran

    BalasHapus
  11. Alhamdulilah, TQ so much.. this is so so so informative. Awesome..

    BalasHapus
  12. Jazakumullah.... terima kasih infonya :)

    BalasHapus
  13. Tanks so much ... so..so...great info

    BalasHapus
  14. benar aku masih banyak dosa jadi susah menghafal

    BalasHapus
  15. Subhanalloh, bc ni artikel awalnya senyum^^sendiri semakin di bc ke bawah semakin termotivasi,di bc terus timbul rasa takut, di bc terus timbul pasrah. ...Semoga Allah memberikan kemudahan bagi sy utk menghafal Alquran dgn target 40 hr trsbt, thanks sob mantapp infonya bro....barokallah Aamiin Aamiin ya Rabbal'Aalamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin ukhti... Semangat demi agama Allah ya..kita bersaudara,

      Hapus
    2. Amiiin ukhti... Semangat demi agama Allah ya..kita bersaudara,

      Hapus
  16. Subhanalloh, bc ni artikel awalnya senyum^^sendiri semakin di bc ke bawah semakin termotivasi,di bc terus timbul rasa takut, di bc terus timbul pasrah. ...Semoga Allah memberikan kemudahan bagi sy utk menghafal Alquran dgn target 40 hr trsbt, thanks sob mantapp infonya bro....barokallah Aamiin Aamiin ya Rabbal'Aalamiin

    BalasHapus
  17. Subhnallah, bermanfaat sekali ini artikel untuk kita semua. Semoga sya bisa hafal
    qur'an nul karim 30 juz AMIN...
    Nuhun yaa infony.... :D
    jazzakumullah, syukron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin ....akhi,semangat demi agama Allah!!

      Hapus
  18. Saya seorang alumni salah satu sma di jawa timur,skrg saya mulai menghafal,baru lima jus,insya Allah saya akan benar benar menerapkan apa yang anda tuliskan,adanya artikel anda yang menancap di kalbu saya adalah karna ketulusan anda,semoga kita bisa dipertemukan Allah di surga

    BalasHapus
  19. Saya seorang alumni salah satu sma di jawa timur,skrg saya mulai menghafal,baru lima jus,insya Allah saya akan benar benar menerapkan apa yang anda tuliskan,adanya artikel anda yang menancap di kalbu saya adalah karna ketulusan anda,semoga kita bisa dipertemukan Allah di surga

    BalasHapus
  20. Dimana aja tempat pesantren tahfiz itu bu?

    BalasHapus

I'm Proud Member Of