Pre Ramadhan Note

16.35.00

Assalamu’alaykum.. hai… hai.. halo teman-teman blogger apa kabar? *gaya follower blog cuma sedikit ajaaah :D Catatan kali ini di buat khusus untuk kamu yang sedang rindu pada ramadhan *mohon tularkan rindu kalian kepadaku* untuk suami saya tercintaaah, untuk kamu yang sedang sibuk-sibuknya berkampanye, buat kamu juga yang lagi nyusun-nyusun prediksi tim unggulan pas piala dunia nanti *ramadhan ini pasti seru, bangun sholat malam juga jadi lebih gampang insyaallah, menyelam sambil minum susu, sholat lail dulu baru nonton bola* dan tentunya untuk saya yang sedang galau menanti ramadhaan..*belum ada persiapan ey*


Kemarin-kemarin saya sudah mengumpulkan beberapa artikel ramadhan buat bahan persiapan menyambut ramadhan, tapi karena kebanyakan jadinya saya malah bingung sendiri. Biar lebih mudahnya saya udaah buat beberapa catatan yang bisa kita lakukakan sebelum, pas, dan sesudah ramadhan. Silahkan dicontek.. silahkeun :) * saya jugaa nyontek kok, nyonteknya juga enggak tanggung-tanggung.. nyontek dari berbagai penjuru* hahaha..  tos dulu dong.. pokoknya ramadhaan ini kita harus nginjak garis finish bareng-bareng yaa.. Bareng-bareng jugaa kitaa meraup berbagai kebaikan ramadhan, janji-janji, dan kelipatan-kelipatan pahala. insyaallah semoga kita jadi hamba yang bertakwa..  aamiin..

Sebelum Ramadhan (Sekarang)

Bekal ilmu..

"Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan."  (Al Amru bil Ma'ruf, hal. 15)

Yang namanyaa ilmu mah luaasssss banget.. Nah untuk ramadhaan jugaaa.. kita musti tahu sampeee yang dalam-dalamnyaa.. buat apaah? Yah biar puasa kita oke dong.  Puasa kita juga jadi bertenaga karena tahu mana yang boleh, mana yang nggak. Eh main kartu di bulan ramadhan boleh nggak sih? Nggak ada dalilnya kan? Iyee nggak ada dalilnya tapi baca qur’an sama dzikir di bulan Ramadhan pahalanya jauh lebih dahsyat. Pilih mana?

Intinya.. dengan ilmu ibadah kita jadi berkualitass.. salah satu syarat di terimanya ibadah adalah sesuai apa yang dicontohkan Rasulullah. Jadi harus berilmu.

Ini check list ilmu yang harus kita ketahui..
Rukun puasa Ramadhan
b. Pembatal puasa Ramadhan
c. Sunnah di bulan Ramadhan
d. Perkara yang mengurangi pahala puasa Ramadhan
e. Mengenai sholat tarawih
f. Mengenai Zakat
g. Mengenai hari raya Ied
h. Perkara yang tidak disunnahkan di bulan Ramadhan
i. Mengenai i'tikaf
j. Apa-apa saja yang boleh dilakukan saat puasa
k. Tahu do’a apa-apa saja yang disunnahkan  Pas Ramadhan

Perbanyak ibadah dibulan Sya'ban

Biar nanti kita nggak kaget kalau haruss ibadaha lebih kenceng lagi pas bulan ramadhan..  Puasaa di bulan sya’ban jangan lupaa.. pilihannya ada banyaak.. bisa puasa senen kamis, puasa daud, atau puasa yaumil bidh 

Ini check list amal yang bisaa di latih sebelum ramadhan..
1.Fast on Monday and Thursday
2. Don't Sleep After Shubuh
3. Qiyamul lail
4. Pray Rawatib
5. Pray Duha
6. Recite Qur’an a juzu’ per day
7. Perform salah on Time
8. Practice sadqh
9. Witr Before sleep
10. Zikr Morning & Evening
    
Memperbanyaak taubat

Inilah yang dianjurkan oleh para ulama kita. Sebelum memasuki bulan Ramadhan, perbanyaklah taubat dan istighfar. Semoga di bulan Ramadhan kita bisa menjadi lebih baik. Kejelekan dahulu hendaklah kita tinggalkan dan ganti dengan kebaikan di bulan Ramadhan. Di antara do'a untuk meminta segala ampunan dari Allah adalah do'a berikut ini:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى خَطِيئَتِى وَجَهْلِى وَإِسْرَافِى فِى أَمْرِى وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى جِدِّى وَهَزْلِى وَخَطَئِى وَعَمْدِى وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِى
Allahummagh-firlii khothii-atii, wa jahlii, wa isrofii fii amrii, wa maa anta a’lamu bihi minni. Allahummagh-firlii jiddi wa hazlii, wa khotho-i wa ‘amdii, wa kullu dzalika ‘indii” (Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan) (HR. Bukhari no. 6398 dan Muslim no. 2719).

      
Persiapan fisik dan Materi

 Harus siap lahir batin biar segar dan fit pas Ramadhaan… *saya malassa banget olahragaaaa* :(

Insyaallah Ramadhan nanti kitaa bagi rezki pol-polaan yaa.. sedekah, bagi-bagi buka puasa dan sahur gratis.. aamiin. makanya dari sekarang uangnya  harus disisihin.

 Mempersiapkan income passive Ramadhan

Maksudnyaa… kita bisaa keciprataan pahaala dari amalan orang lain karena ada andil kita disitu.. Diantara bentuk income passive yang bisa dikeruk pas ramadhan nanti..
  •  Mengajarkan atau menyampaikan ilmu tentang ramadhan, kan masyaallah tuh pahalannya kalau ada yang beramal lewat ilmu yang kita sampaikan. 
  •  Beli beberapa mukenaah dan sumbangkan ke musholah.. *tiap ada yang sholat kita kebagiaan pahalanya jugaa, pahalanya makin menggunung dengan datangnya momen ramadhan*
  •   Beli air gelas kemasan dan letakan di masjid.. kalau gak bisa setiap hari, bisa setiaap pekan..    (siapin 100 ribuan lah)
  • Beli beberapa sandal jepit dan letakan di masjid atau mushola
  •  Beli beberapa mushaf lalu simpan di mushola atau masjid-masjid atau bisa jugaa langsung kasih ke teman-teman kitaa yang rajin baca al qur’an
  •  Dan lain-lain
          Merencanakan target di bulan Ramadhan
     Ini contoh target-target Ramadhan

a.       Merencanakan peningkatan prestasi ibadah
b.      Merencanakan bulan Ramadhan sebagai bulan taubat
c.       Merencanakan peningkatan diri dari sisi pengendalian diri
d.      Merencanakan peningkatan ilmu agama
e.      Merencanakan penigkatan diri pasca Ramadhan
f.       Merencanakan bulan Ramadhan tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya

Pas Ramadhan…

Waktunyaa beraksii.. hehe..
Semoga dimudahkan yaa..

Dan Setelah Ramadhan Semoga kita menjadi hamba yang bertakwa, Semoga istiqomah.. Istiqomah sampai mati.. aamiin..

Ya Allah pertemukan kami dengan Ramadhan

4 Juni 2014


You Might Also Like

1 comments

I'm Proud Member Of