goodbye, things : hidup minimalis ala orang jepang

10:46:00 AM


Salah satu hal yang kusyukuri saat membaca buku ini adalah beberapa hari sebelumnya saya sudah menamatkan buku sirah perjalanan hidup para shahabat. Mungkin kalau nggak begitu, kekaguman saya akan beda. Masyaallah, sepanjang membaca buku ini bayangan saya adalah Rasulullah dan para shahabat dari beratus-ratus tahun yang lalu sudah menerapkan pola hidup 'minimalis' dengan barang-barang yang amat sedikit.

Dibeberapa kisah ada yang minimalisnya sampai ekstrim banget, hanya punya satu lembar pakaian, dan kisah ini datang dari salah seorang gubernur di zaman pemerintahan sahabat yang mulia Umar Radhiayallahu anhu, masyaallah.  Saya sempat bilang pada suami saya, barangkali penulis buku ini bisa masuk islam kalau tahu kisah-kisah generasi terbaik umat ini dan cara mereka melihat dunia. hehe

Ehm, kesenangan yang lain adalah tentang buku ini sendiri, bukunya sangat bagus sekali, diluar kontrovesri yang ada tentang pola hidup minimalis dan buku Marie Kondo, harus kuakui mereka mengubah sebagian hidup saya dalam melihat sesuatu, terutama apa yang saya miliki dan rasa cukup, saya harus bilang bahwa perasaan cukup pada apa yang kita punya sangat melegakan dan menenangkan. Ada rasa puas tersendiri saat menyadari bahwa semua yang saya butuhkan sudah saya miliki, saya tidak kekurangan sesuatu pun. 

Buku ini menjadi buku pertama yang saya baca tahun ini, saya membacanya dengan suka cita hampir seminggu penuh, walaupun saya belum menjadi seorang minimalis, tapi dari dua tahun yang lalu, memiliki sedikit saja barang sudah menjadi salah satu cita-cita besar dalam hidup saya. Buku ini membantu saya mewujudkan mimpi itu. Bukunya sangat enak dibaca, bahasanya ringan tapi bikin ngangguk-ngangguk setuju, hehe

Tadinya saya pikir, mungkin sebagian orang berpikir sama denganku, bahwa minimalis itu barangnya harus sedikit, tapi ada cara pandang berbeda yang saya dapat dari buku ini, bahwasanya seorang minimalis adalah orang yang mengetahui apa yang benar-benar penting baginya, orang yang mengurangi barang supaya bisa fokus pada yang pokok. Hal yang penting berbeda untuk masing-masing orang, ... bila memiliki banyak barang memberikan makna dan tujuan bagi orang itu, tidak ada kebutuhan untuk mereka membuang apapun. Minimalisme adalah cara mencapai suatu tujuan.

Nah, si penulis buku untuk mencapai 'tujuannya' berusaha untuk berpisah dari barang-barang yang menurutnya tidak ia butuhkan dalam hidupnya, ia memberikan 55 kiat + 15 kiat tambahan untuk berpisah dari barang yang ia ambil dari pengalamannya. 

Setelah memberikan kiat-kiat berpisah dari barang, penulis menuliskan 12 hal yang berubah dari dirinya sejak berpisah dari barang-barang yang ia punya. Bagian ini bikin saya setuju 100 persen, padahal baru membayangkan melakukan hal serupa tapi saya rasa, sayapun akan berubah demikian saat hanya memiliki sedikit barang. Diantara perubahan yang penulis rasakan adalah ia lebih punya banyak waktu, lebih menikmati hidup, kebebasannya jadi bertambah, ia tak lagi membandingkan diri dengan orang lain, ia berhenti mencemaskan cara pandang orang lain tentang dirinya, fokus menjadi lebih baik dan berkonsentrasi jadi diri sendiri, lebih hemat dan peduli lingkungan, hubungan antarpribadi jadi lebih bermakna, dapat menikmati momen yang tengah berlangsung, merasakan syukur yang sebenarnya, dan merasa bahagia.

Masyaallah, saat sampai bagian akhir dari buku ini, ingatan saya kembali lagi pada para shahabat Rasulullah, pada Rasulullah shallallahu alaihi wa salam, bisa jadi apa yang dirasakan penulis buku ini saat berpisah dari barang-barangnya, sudah mereka rasakan beratus tahun lalu, maka tidak aneh jika mereka hanya memiliki sedikit saja barang-barang, dengan pakaian yang itu-itu saja, sedang sedekah mereka  'gila-gilaan', pada yang mereka lakukan itu mereka menemukan kebahagian yang sebenar-benarnya, masyaallah.

Buku ini menurutku sangat bagus untuk dibaca, apalagi dizaman sekarang ini dengan daya komsusi yang luar biasa hebat. Oh iya, Terima kasih pada kaka siti yang sudah membelikan buku ini, Sekian review rasa curhat dari saya. hehe

You Might Also Like

2 comments

  1. mari segera bergabung dengan kami.:)
    di ajoqq.club/games.^^
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.
    segera di add black.berry pin 58CD292C.AJoQQ.club/games.:)

    ReplyDelete
  2. Mantap ka . boleh dong dikunjungi blog saya di : https://iamrizkimuliawan.blogspot.com/

    ReplyDelete

I'm Proud Member Of