Baca Buku Apa Tahun Ini?

10:16:00 AM

Sejak pertama ngaji sampai sekarang, setiap kali mendengar cerita orang shalih ntah itu shahabat,  tabi'in, tabi'ut tabi'in, atau ulama, saya sering dibikin takjub sampai ada dilevel bertanya-tanya 'orang sebaik ini beneran ada nggak sih?' hehe dan tentu saja benaran ada karena cerita mereka jelas sumbernya. 



Tadinya saya pikir hanya saja yang begini, ternyata teman saya, innah, juga sama, beberapa malam lalu pas lagi ngebahas kajian tadzkiratus saami', dia bilang 'Rahma saya itu kadang bertanya-tanya ada betulan kah orang-orang shalih yang diceritakan ustadz' haha. Aseli takjub sampai nggak percaya sampai kadang netesin air mata haru saat membaca atau mendengar kisah mereka tiga generasi terbaik umat ini, masyaallah. 

Jadi awal cerita kenapa saya kembali sering baca sirah adalah karena lagi ngikutin kajian Tadzkiratus Saami' yang dibawakan ustadz Nuzul Dzikir, dari awal kajian, kita akan sering mendengar nama-nama ulama disebutkan dengan quote-quote mereka yang masih tetap menggetarkan hati walaupun sudah berlalu ratusan tahun, masyaallah. Dan dari sekian banyak-banyak nama yang disebutin itu, ada banyak banget yang nggak pernah saya dengar disinilah awal kepo itu bermula. hehe 

Saya buka-buka lagi buku sirah yang sudah saya beli, untuk yang khusus bahas ulama baru saya beli bulan ini. Saya yakin bukan saya saja yang diam-diam ngelapin air mata saat membaca kisah perjuangan dan pengorbanan mereka yang heroik. Masyaallah. 

Setiap kali baca buku Sirah rasanya ingin punya kekuatan bisa baca lama, bawaannya cepat banget ngantuk, ini jadi salah satu ketidak mampuan saya untuk cepat namatin buku yang saya baca hehe. Oh iya, boleh ya saya share buku sirah yang saya punya siapa tahu teman-teman ada yang mau beli +  mau kasih referensi buku sirah yang bagus dan ringan dibaca ke saya juga (jangan kagum dulu ya, buku-buku tebal ini belum tamat saya baca) 

  • Sirah Nabawaiyah - Syaikh Shafiyurrahman Al Mubarakfury
Buku ini saya beli waktu masih kuliah, bukunya bagus menurut saya, cara penulis menceritakan sirah Rasulullah gampang dimengerti.

Dari kajian Tadzkiratus Saami, Ustadz Nuzul merekomendasikan buku 'Fiqh Sirah Nabawiyah - Prof. DR. Zaid bin Abdul Karim Az Zaid'. Kata ustadz Nuzul buku Sirah ini sangat rekomended untuk belajar sirah nabawiyah. Saya belum punya buku ini.

  • Sirah Shahabat dan Tabi'in - Abdrahman Ra'fat Basya (Buku ke 2 dan 3 dari bawah ya digambar)
Ke dua buku ini saya beli waktu masih kerja, bukunya bagus sekali, dari ke dua buku ini saya tahu beberapa ulama yang orang tuanya adalah budak, tapi masyaallah ilmu mengangkat derajat mereka.

Bukunya ringan dibaca, ceritanya juga gampang dimengerti, rekomended sekali menurutku

  • Perjalanan Hidup Empat Khalifah Rasul Yang Agung  - Al Hafizh Ibnu Katsir
Buku ini juga beli waktu masih kerja, belinya di toko buku dekat Radio Rodja. Saya baru baca kisah Shahabat yang Muliah Umar bin Khatab. Dulu saya beli buku ini setelah nonton film Omar. Pembahasan dalam buku sangat lengkap. 

  • Biografi 60 Ulama Ahlus Sunnah - Syaikh Ahmad Farid
Buku ini baru saya beli bulan ini, baru sampai kemarin. Saya beli buku ini setelah sering dengar nama-nama ulama yang dibahas Ustadz Nuizul Dzikri, saya baru baca kisah ibnu Mubarak, Al Fudhail bin Iyadh, dan Adz Zhahabi.

Bukunya tebal euy nggak bisa dibaca sambil tiduran, hehe, takut ketiban. Buku ini menurut saya agak berat bahasanya, banyak kutipan perkataan, dan banyak banget nama yang disebutin, agak bingung awalnya tapi makin dibaca makin cinta. Masyaallah

Selain buku-buku yang saya sebutin diatas, pasti masih banyak referensi lain yang bisa kita baca untuk belajar sirah. Insyaallah diblogspot selanjutnya mudah-mudahan bisa cerita nama-nama shahabat dan ulama yang sudah saya baca.

Teman-teman sharing yuk sudah baca buku apa saja tahun ini? sebenarnya masih ada beberapa buku yang sudah saya baca tapi belum sempat saya tulis reviewnya di blog, eh tapi lagi buku-buku yang saya ceritain di atas adalah yang paling rekomended menurutku. 

:)






You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of