11 Kejutan MPASI Pertama Bayi Enam Bulan

23.45.00



Ngomongin MPASI, saya bukanlah expert dalam bidang ini, tapi saya pikir nggak ada salahnya berbagi tentang pengalaman MPASI yang sudah saya lewati. Kenapa, karena ada beberapa hal baru yang saya dapati, dan itu baru benar-benar saya pahami setelah terjun langsung, hehe.

Jadi sudah lebih sebulan ini anak saya, Ruwaid, saya perkenalkan makanan pendamping ASI. Beberapa bulan sebelumnya, saya sudah mencari tahu banyak informasi tentang hal ini, Alhamdulillah, sejauh ini Ruwaid makan dengan lahapnya, walaupun kadang sesekali saya disembur, hehe.

Dua pekan pertama, usia enam bulan, saya memperkenalkan menu tunggal pada Ruwaid, setelah itu baru masuk ke menu campur-campur. Sejauh ini saya sudah memperkenalkan pisang, buah naga, alpukat, semangka, labu kuning, labu siam, kacang panjang, wortel, bayam, kentang, nasi merah putih, telur, hati ayam, daging ayam, tempe, ikan tuna, dan ikan salmon.

Dari pengalaman MPASI pertama Ruwaid, senggaknya saya punya 11 catatan yang "surprising" dan ingin saya sharing ke teman-teman, mudah-mudahan bisa jadi bekal sebelum memulai MPASI.

1. Pengetahuan adalah kekuatan

Andai saya nggak dengarin ceramahnya dokter Tiwi di youtube, mungkin saya nggak akan setenang sekarang menghadapi berbagai polah anak bayi menghadapi makanan yang saya sodorin. Berasa banget kalau pengetahuan bisa meredam kepanikan. Konon anak malas makan bisa menyebabkan kegalauan parah buat para ibu, ini wajar sih menurut saya.

Jauh-jauh hari sebelum memulai MPASI, saya sudah membangun asumsi bahwa si anak bayi yang saya tawarin makan lagi belajar, mulai dari belajar makan, belajar mengenal rasa baru, dan belajar mengunyah, jadi kalaupun dia masih ogah-ogahan makan, bisa jadi dia belum dapat feelnya aja. Jadi harus sabar, nggak usah depresi. hehe

2. Menu sederhana

Awalnya saya sempat panik melihat bermacam-macam resep mpasi di instagram, duh saya bisa nggak ya. Alhamdulillah pada prakteknya, nggak sesulit yang saya bayangkan. Intin point ini adalah, yang penting nilai gizinya terpenuhi. Menu makanan untuk bayi, apalagi untuk bayi enam bulan nggak ribet kok.

Memasuki usia 7 bulan, saya tidak lagi memberikan menu yang spesifik ke Ruwaid karena pelan-pelan saya mulai menyamakan menu makanan saya dan suami dengannya. Tinggal gula garamnya aja yang diskip

3. Perlengkapn makan yang heboh itu adalah ujian kesekian untuk dompet

Ayo ngacung siapa yang imannya mendadak lemah pas ngelihat piring-piring lucu berseliweran di instagram, haha. Saya termaksud golongan yang ingin beli ini itu buat perlengkapan makan si bayik. Untuk cepat sadar, dompetnya langsung saya gembok mati.


Jadi perlengkapan makan MPASI nggak harus menuh-menuhin lemari kok, asal bersih dan aman untuk bayi aja.

4. Alergi

Pengalaman MPASI lain dibulan pertama ini, alergi. Walaupun belum ngecek ke dokter, untuk sementara ini saya menyimpulkan kalau Ruwaid alergi telur. Kenapa? dia muntah setelah makan telur padahal sebelumnya nggak ada reaksi apa-apa. Saya juga awalnya nggak kepikiran kalau muntah adalah satu sinyal alergi, setelah baca-baca lagi pengalaman MPASI ibu-ibu yang lain, saya dapat informasi bahwa muntah adalah salah satu indikasi alergi, apalagi ini sampai dua kali.

Setelah konsultasi ke dokter, telur memang dianjurkan pemberiannya setelah anak berusia di atas satu tahun karena rawan menimbulkan alergi

5. Sembelit

Salah satu hal yang mungkin akan dihadapi di awal MPASI adalah sembelit, tapi jangan panik, karena hal ini sebenarnya wajar saja karena usus bayi beradaptasi dengan makanan baru. Di awal MPASI, saya sempat deg-degan, tiap hari nungguin Ruwaid pup, hehe, eh pas nggak ditungguin si anak bayi malah pup banyaaaaak sekali.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sembelit adalah dengan memberikan air putih yang cukup. Untuk takaran air putih disesuaikan dengan berat badan bayi. Yang nggak kalah penting, air putih selain untuk mencegah sembelit juga untuk membersihkan mulut bayi. Buah juga bisa jadi solusi, tambahkan porsi buah saat bayi menunjukan tanda-tanda sembelit.

6. Hargai keinginan anak saat menolak makanan

Jangan sampai memaksakan anak untuk makan, atau menghabiskan makanannya. Ingat, si kecil baru belajar. 


Mungkin ada yang nanya, kenapa Ruwaid bisa lahap makan? saya juga kurang paham apa sebabnya karena makanan yang sayaa suapkan sebenarnya biasa-biasa saja. Intinya setelah saya icip-icip dan menurut saya enak, biasanya Ruwaid langsung lahap.

7. Aturan makan

Sedari awal saya dan suami membiasakan makan bersama Ruwaid, makan sambil duduk, dan sedikit-sedikit belajar sunnah sebelum dan sesudan makan. Salah satu kesalahan saya diawal adalah makan sambil nonton, padahal harusnya hal ini tidak dilakukan. Saya nggak nyangka hal ini bisa berpengaruh ke Ruwaid, dia setiap kali makan pasti deh lihat TV. Pelan-pelan kebiasaaan ini saya hilangkan, saya berusaha menciptakan suasanan makan jadi lebih hangat dan merasakan kehadiran masing-masing anggota keluarga, tidak ada gadget, televisi ataupun mainan.

8. Beda anak beda tantangan

Mindset ini sedari awal saya bangun, termaksud masalah susah makan. Sebisa mungkin tidak membandingan satu anak dengan anak yang lain.

9. Berantakan

Ini udah pasti, namanya juga baru belajar. Makanan disembur trus dilapin kemuka itu bikin gemes, hehe. Biar nggak merasa repot duluan melihat apa-apa berantakan, saya coba bilang kediri saya, hal-hal seperti ini, melihat anak makan belepotan nggak akan lama. Nantinya akan menjadi kenangan yang akan diingat-ingat saat mereka beranjak dewasa.

10. Muntah dan tersedak

Ini bikin shock banget, hehe. Tapi seiring berjalannya waktu, pelan-pelan jadi lebih tenang menghadapi anak muntah atau sedikit tersedak. 

11. Teori MPSI dipraktekan dengan fleksibel

Ayo ngacung yang belajarnya udah getol banget beberapa bulan sebelum anak MPASI tapi buntut-buntutnya malah bingun sendiri, hehe. Teori MPASI amat sangat banyak tinggal kitanya pintar memilah ingin memakai yang mana, yang pasti apapun teori yang kita pakai harus membuat anak nyaman dan bahagia.

Semoga tulisan ini berguna untuk teman-teman yang bersiap menemani sikecil MPASI, saya bukan ahli dalam hal ini, sekedar sharing saja, terima kasih :)



You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of