Idul Fitri 1435 H

12.59.00


♡ Yang Perlu Diketahui Tentang Ucapan Selamat Hari Raya ♡

1. Ucapan selamat dibolehkan (ibnu Baz dan ibnu Utsaimin)
2. Ucapan selamat dalam 'id dilakukan oleh para sahabat, dan ini adalah hal yang menjadi kebiasaan manusia (ibnu Utsaimin)
3. Tidak ada ketentuan tentang lafazh ucapan selamat (ibnu Baz dan ibnu Utsaimin)
4. Yang ada riwayatnya dari para sahabat adalah ucapan mereka "taqobbalallahu minnaa wa minka" dan "taqobbalallahu minnaa wa minkum"
5. Boleh mengucapkan selamat dengan ucapan yang lumrah di masyarakat selama dalam ucapan tersebut tidak ada hal2 yang terlarang dalam syariat (ibnu Utsaimin)
6. Bagaimana hukum ucapan selamat hari 'id padahal belum sampai harinya? #1. Yang dicantumkan para sahabat adalah mereka mengucapkan selamat jika telah datang hari' id
#2. Ucapan selamat adalah kebiasaan manusia. Maka urusannya lapang, dan tidak selayaknya kita terlalu kaku dalam hal ini dan rinciannya kecuali terdapat dalil yang melarang perbuatan ini.
#3. Beredar berita bahwa Syaikh Sholih Al Fauzan berkata bahwa ucapan selamat hari raya sebelum datangnya hari raya adalah perkara bid'ah. Maka hal ini tidak benar.
#4. Syaikh hanya menyampaikan bahwa dulu sahabat saling mengucapkan selamat setelah hari 'id datang dan tidak menyebutkan bahwa mengucapkan ucapan tersebut sebelum datang harinya adalah perkara yang haram
#5. Ucapan selamat sebelum' id seringkali dianggap sebagai ungkapan dekatnya kita dengan hari 'id dan bukan mengabarkan bahwa hari tersebut adalah hari' id. Dan tidak ada dalil dalam syariat yang melarang ungkapan kegembiraan atas semakin dekatnya kita dengan hari 'id

Syaikh Dr. Bandar al Utaibi
Terjemah: tim twitulama.com twitter: @twitulama

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of