Kalap di tanggal muda pertanda apa?

13.09.00


Udah tanggal 20. Artinyaa apa? Puasa akhir bulan udah mulai jalan belum? :D Di ruangan saya kalau udah tanggal segini bisaanya kalau ada yang puasa pasti di ceengin.. puasa apa? Puasa akhir bulan kah? Untuk pegawai dengan gaji rutin *untung-untung kalau nggak telat* kayak saya.. Hari demi hari di penghujung bulan ini sudah mulai terasa praharanya. Prahara kemudian di perparah oleh rotasi bumi yang terasa melambat, pergantian siang dan malam pun terasaa nggak normal lagi. Kapan gajian.. kapaaan? Kapan? perasaan udah lama banget nggak gaajiaan *Sambil menatap kalender* :D:

Prahara akhir bulan yang saya derita sebenarnya sudah berlangsung lama. Prahara ini bermula sejak saya memasuki dunia kampus, uang bulanan yang emang dasarnya sudah melilit semakin melilit leher dengan adanya kebiasaan kalap di awal bulan. OKB nya kelihatan banget kalau udah awal bulan, minumannya pasti berwarna terus, tempat sampahnya penuh sama bungkus cemilan, kompor jugaa di museumkan untuk sementara. Bahagiannya hanya sehari saja, setelah itu gali lubang tutup lubang pun di mulai.

Alhamdulullah prahara akhir bulan setelah bekerjaa jadi sedikit terobati. Sudah sekitar dua tahunan ini saya mulai rajin membuat rencana keuangan, walaupun masih sering amnesia jugaaa, sering terheraan-heraan.. lah gajiaan perasaan baru kemarin tapi di dompet tinggal barisan patimura.

Perihal keuangan menjadi salah satu nasehat pernikahan dari kakak saya, selain memperingatkan untuk nggak resign, ia juga mengingatkan saya untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan baik, karena sudah banyak peperangan dalam rumah tangga yang bermuara pada urusan finansial. Apalagi kalau si istri tiap bulannya hanya ngarep dari suami.. apalagi istrinya masih sukaa hepi-hepi kalap di awal bulan. Biar nggak sering amnesia dadakan di akhir bulan dan membuat suami naik darah sebaiknyaa buat buku pengeluaraaan. Cateeet semuaaaanya*biar adaa bukti jugaaa* pokoknyaa hindari prinsip bersenang-senang dahulu nyut-nyut kemudiaan.

Kembali ke kasus kalap di awal bulan.. tidak ada kata terlambat guys.. *awal bulan masih setahun lagi.* :D  Untuk menyambut Juni IRIT ayuk buat rencana keuangan yuk, biar aman sentontasa kite sepanjang bulan. Dari beberapa referensi yang saya baca, ada beberapa nih yang sudah siap saya praktekan.. check it out..

Sebelum ke ATM di awal bulaan… sebaiknya wudhu duluuu, tarik nafas pelan-pelan.. trus ingatkan diri untuk nggak kalap. .seriuss.. mari seriuss..  ? :D

Pertama. Sebelum gajiaan… minimal dua atau tiga hari sebelum gajian.. rencana keuangan harus udah siap untuk sebulan ke depan. Waktu yang paling baik untuk mengatur keuangan versi saya adalah pas lagi melarat. Biasanya kalau lagi melarat apa-apa jadi penuh perhitungan. Setelah itu mulai deh masuk ke pos-pos pengeluaran. Petakan pengeluaran berdasarkan tingkat prioritas, untuk point pertama ini pengeluaran focus ke yang pasti-pasti aja dulu.. semisal uang listrik, pam, si mbak yang kerja di rumah, dan lain-lain. *Tagihan yang pasti-pasti sebaiknya dibayar di awal bulan, kuatirnya uangnya malah lari ke yang lain kalau di tunda-tunda* oke..

Kedua. Siapkan pos khusus untuk sedekah dan orang tua. Bisaa memakai sistem harian, bulanan atau sewaktu-waktu dengan catatan uangnya udah disisihin. Untuk yang hariaan, bisaa dengan S3 (sedekah seribu sehari) kelihatan cemen yah? Cumaa serebu peraak? Etsss tunggu dulu.. cobaa aja dulu.. serebu perak sih serebu peraak.. tapi istiqomah dan ingatnya itu loh susaah. Sedikit tapi berkesinambungan adalah amalan yang di cintaai oleh Allah dan Rasul-Nya. Kalo yang bulanan bisaa di posiN ke panti asuhan atau yayasan yang membutuhkan. Untuk yang sewatku-waktu.. banyaaakk target di luar sanaa.. Untuk orang tuaa...masyaallah, mereka tidak harus di kirim berjut-jut.. enggak, ke orang tuaa itu lebih pada nilai ingat seorang anak pada orang tuanyak *saya jadi ingat bapak saya yang selalu semangat mengantri di bank saat kiriman datang dari saya, padahal jumlahnya tidaklah seberapa*

Ketiga. Buat komitmen mau nabung berapa tiap bulan, kenapa nabung ada di point ketiga sebelum melangkah ke makan dan hepi-hepi yang laen. Berdasarkan pengalaman waktu masih jomblo biasanya kalau nggak disisihan dari awal pasti di akhir bulan akhirannya selalu melarat, ATM terkuras sampai basement. Nah, untuk menghindari tragedy ini sebaiknya di sisihkan sejak awal, dan buat perencanaaan tabungannya mau di pake buaat apa *biar lebih bersemangat, saya sama suami mau buat umraaah* aamiin.. tips selanjutnya untuk mengamankan tabungan dari nafsu liar yang tidak terkontrol adalah tabungannya JANGAN PAKE ATM

Keempat. Nah.. masuk deh ke kebututuhan hari-hari. Atur pengeluaran hariaaan, bulanan alias hanya sekali beli dalam sebulan, dan kebutuhan dadakan, trus jangan lupa juga untuk mencatat semuaa pengeluaran, jangan ada yang terluput.. Kalau menengok kebelakang saya selalu terheran-heran pada peta keuangan saya yang selalu labil dan galau padahal buku diary saya udah kayak buku akutansi. bagiaan catat mencatat ini sangat berasa manfaatnyaa, kita jadi tahu uang kita lari kemana ajaa. Dan bisaa jadi bahan muhasabah sejauh mana tingkat keborosan kitaa.. *bisaa jadi bukti jugaa ke suami untuk yang udah nikah*

Kelima. Jangan meremehkan uang receh. lama-lama bisa jadi bukit. Konon ada yang membeli mobil dengan berkarung-karung uang receh.. hehe.. *kasihan kasirnya*

Terakhir. Pikir masak-masa sebelum ngutang.

Demikiaanlah.. tips-tipss keuangan yang siap saya praktekan juni nanti. Intinya tahan diri untuk nggak kalap di awal bulan agar aman sentosa sampai gajian berikutnyaa.

20 Mei 2014

You Might Also Like

1 comments

  1. pengalamanku lah sama :d punya uang gak mikir .. giliran punya hadeuh.. mesti hemat :d

    BalasHapus

I'm Proud Member Of