Tentang Wudhu

1:05:00 AM


Semoga kabar teman-teman semua baik-baik saja. 

Ini tentang salah satu syarat sah sholat, wudhu. Kemarin itu saya sempat merasa bersalah karena tidak melakukan apa-apa saat melihat beberapa gadis muda dan ibu-ibu yang berwudhu ala kadarnya alias hanya disiram-siram dan ada anggota wudhu yang tidak terbasuh sempurna..

Hal-hal seperti ini sebenarnya sudah sering kita dapati. Ada beberapa sebab, diantaranya karena belum sampainya ilmu, sudah tahu cara yang benar namun belum serius mengamalkannya, merasa cukup dengan kebiasaan yang lama, dan tidak mencari tahu cara yang benar.

Kemarin, saat mengantri wudhu, saya mendapati mereka yang bebedak tebal akan berwudhu dengan hati-hati sekali, kebanyakan hanya disiram-siram. Mereka yang berjilbab dengan banyak peniti sebagai pengaitnya, kelihatan repot. Mereka yang buru-buru, tidak menoleh kiri-kanan saat berwudhu, padahal disitu ada laki-laki juga yang ikut berwudhu. mereka yang berwudu sambil main air, anak-anak. mereka yang berwudhu sambil lari-lari, mungkin atlet. Mereka yang berwudhu sambil minta pulsa, sindikat mama. mereka yang berwudhu sambil senyum-senyum sedang jatuh cinta. mereka yang berwudhu sambil berpikir, pedagang. 

Mereka yang berwudhu sambil melamun, ingin menikah. mereka yang berwudhu sambil minun, haus. Mereka yang berwudhu sambil mengepal tinju, sedang emosi. Mereka yang berwudhu sambil menangis, ingat dosa. Mereka yang berwudhu sambil ngobrol, ABG. Mereka yang berwudhu sambil makan, sungguh terlalu. Mereka yang berwudhu tak sampai siku, mungkin hemat air. Mereka yang berwudhu sambil memegang tas, pernah kecurian. Mereka yang berwudhu sambil membaca, tidak ada. mereka yang berwudhu sambil menutup mata, pernah membuat analisa yang kurang kerjaan seperti ini.





Mengenai wudhu, ini perkara yang serius  musti diilmui baik-baik sebab menjadi salah salah syarat sah sholat, jika syarat ini tidak terpenuhi maka tidak akan teranggap/ terlaksana apa yang kita inginkan dari syarat tersebut. *sholatnya nggah sah kalau nggak wudhu dulu*

Wudhu yang sudah kita ilmui selama ini bagusnya dikorek-korek lagi sapa tahu masih ada yang kurang pas atau belum sesuai dengan apa yang Rasulullah contohkan. Mau belajar wudhu klik disini

"Barang siapa yang Allah inginkan kebaikan padanya makan akan dipahamkan tentang agama ini"

Semoga kita jugaa.. aamiin.

12 Desember 2012


 






You Might Also Like

6 comments

  1. ini yg saya takutkan klo wudlu di tempat umum ukh, kadang tak ada pembatas hijab antara permpuan dan laki2, kadang klo pun ada sedikit terbuka.

    Saya kadang meilih wudlu di dalam kamar mandi saja jika memang untuk menghindar. tergantung keadaan dimana susahnya.
    Pagi...

    ReplyDelete
  2. aamiinn :)
    wah, barusan semalam sy bahas masalah wudhu jg dgn adik sy..
    *terus belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..belajar ters..harus terus belajar..apalagi tentang urusan agama ini..

      :)

      makasi ya

      Delete

I'm Proud Member Of