Dakwah: Mengajak bukan mengejek

21.27.00


Apa Yang terpikir olehmu saat mendengar kata 'Dakwah'? kedengarannya berat ya? Saya pertama kali mendengar kata ini dari KH.Rhoma Irama 'Nada dan Dakwah'. Jadi begini, akhir-akhir ini, saya dibuat kaget oleh nasehat-nasehat seorang teman yang  kelihatan bersemangat sekali. Sebenarnya, niatnya sangatlah baik namun saya banyak bingung dengan nasehat tersebut, seperti tidak tepat sasaran.

Dari nasehat yang terkesan buru-buru itu saya mengambil beberapa pelajaran yang barangkali bisa kita praktekan bersama dalam menyampaikan kebaikan agama ini. Secara umum, orang awwam lebih gampang menerima kebaikan dibandingkan kebenaran, maka bungkuslah Kebenaran itu dengan Kebaikan.

Perintah untuk menyampaikan kebaikan sudah terang dan jelas, Nabi kita juga telah memberikan teladan berkenaan dengaan hal ini, yang jadi soal kadang kita yang mengaku 'pendakwah' justru lupa pada adab bernasehat, terlampau buru-buru ingin menyadarkan orang lain. Harus kita arifi bahwa menyampaikan Kebaikan itu butuh banyak kesabaran, kesabaran untuk tidak terburu-buru, kesabaran untuk menjaga semangat, kesabaran saat dicueki, dan kesabaran untuk mempelajari keadaan. 

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. al-Nahl: 125)

Karena nasehat kaget itu juga akhirnya saya kembali membuka buku sirah Nabawiyah. Saya Langsung menuju kisah Rasulullah di Tha'if. sudah berkali-kali saya membaca bagian ini, sudah berkali-kali juga saya mendengarnya, namun getaran hati saya masih sama seperti awal kali mendengar kisah ini. Saya terharu luar biasa, betapa Laki-laki berhati lembut itu begitu sabar menyampaikan kebaikan agama ini.

Alangkah indah  teladan dari  dakwah beliau shallallahu alaihi wa sallam. Begitu lembut dan penuh dengan kasih sayang. Nasihatnya tak menyakitkan si pendengarnya, bahkan menyadari kekeliruan yang dibuatnya. MasyaAllah.



"Barang siapa mengajak orang lain menuju petunjuk (kebaikan), maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, itu tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barang siapa mengajak orang lain menuju kesesatan (dosa), maka dia akan mendapatkan dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, itu tidak mengurangi dosa mereka sedikit pun"

Semoga kita dimudahkan dalam mengamalkan amalan hebat ini.

Bekasi, 21 Juni 2012




You Might Also Like

14 comments

  1. "Menyampaikan Kebaikan butuh kesabaran, kesabaran untuk tidak terburu-buru,kesabaran untuk menjaga semangat,kesabaran saat dicueki,dan kesabaran untuk mempelajari keadaan"

    sabar ketika nasihat yang qta berikan itu di berikan kepada yang lebih tua dari qta..
    siap2 disemprot..hehe

    tetep semangat dalam kebenaran yang dibungkus dengan kebaikan

    BalasHapus
  2. "sampaikanlah walau hanya satu ayat.."

    yah, dakwah itu sudah harga mati bagi kita semua,
    bukan harus melalui kata-kata saja,
    tapi juga dari perbuatan..

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.

    ditunggu kunjungan baliknya ya :D


    #Semoga sehat selalu :D

    BalasHapus
  4. menyampaikan kebaikan memang tidak segampang yang kita bayangkan !
    gampang tuk di ucapjkan sulit tuk di laksanakan.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak gampang tapi selalu mungkin untuk dilaksanakan.

      Hapus
  5. suatu masukan penting menjelang ramadhan.. :)

    BalasHapus
  6. benar benar ... kebaikan harus mengikuti perubahan juga ya, di kondisikan lah gitu :D

    BalasHapus
  7. pagi ukht saya no comment smw sdah benar ^_^
    menyapa pagi ttp menetapi kesabaran dalam kebaikan menju keridoan

    BalasHapus
  8. subhanallah... ini renungan untuk semua yang merasa muslim dan meyakini bahwa apa yang dibawanya benar...

    BalasHapus
  9. Amiiin :)

    keep hamasah keep istiqamah! ^^

    BalasHapus
  10. memang benar adanyaa apa yang dikatakan mba rahma

    BalasHapus
  11. dakwah...
    semua tentang kabaikan dan kebenaran....

    BalasHapus
  12. Dakwah: mengajak pada kebaikan pada hal2 yang sesuai dengan syari'at Islam :)

    BalasHapus
  13. Salam :)
    semoga semakin istiqamah dalam berdakwa melalui blog :D

    #pinguinnya lucu :D

    BalasHapus

I'm Proud Member Of