Sedikit tentang Sya'ban

13.09.00

Dari A’isyah radhiallahu ‘anha, beliau mengatakan: Terkadang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam puasa beberapa hari sampai kami katakan, ‘Beliau tidak pernah tidak puasa’. Dan terkadang beliau tidak puasa terus hingga kami katakan, ‘Beliau tidak melakukan puasa’. Dan saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam berpuasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan, saya juga tidak melihat beliau berpuasa yang lebih sering dari pada ketika di bulan Sya’ban.(HR. Al Bukhari & Mulim)


Usamah bin Zaid, beliau bertanya: Wahai Rasulullah, saya belum pernah melihat anda berpuasa dalam satu bulan sebagaimana anda berpuasa di bulan Sya’ban. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rabb semesta alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam kondisi berpuasa.” (HR. An Nasa’i, Ahmad, dan sanadnya dihasankan Syaikh Al Albani)

*Besok sudah masuk Bulan sya'ban :)

Bekasi,20 Juni 2012 

You Might Also Like

4 comments

  1. Mantep, sis! Bulan sya'ban adalah bulan kelahiran gue, nih! ;-)

    BalasHapus
  2. maaf, saya kurang tahu tentang tingkatan hadist. Kalo hasan itu dibawah shahih? Terus kriterianya apa? dan bagaimana para ulama menyikapi hadist hasan? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. setiap bulan adalah baik,
    begitu juga hari-hari dalam bulan itu,
    maka setiap hari adalah hari yang baik untuk beramal.. :)

    terima kasih tausiyahnya..

    BalasHapus

I'm Proud Member Of