Cara menghafal Surah Ar-Rahman Dalam Satu Bulan

9:06:00 AM

Bismillah, apa kabar?

Wah.. Agustus sudah melewati separuh bagiannya, nggak berasa. Di catatan saya kali ini saya ingin sharing tentang salah satu target saya bulan ini. Apakah itu? menghafal Surah Ar Rahman. 

Jadi malu euy  umur segini hafalan masih segitu-gitu aja. Teman-teman udah hafal kali dari bertahun-tahun yang lalu ya? Saya baru mulai nih... :)

Trus kenapa saya memilih Surah Ar-Rahman? karena pas baca artinya saya merasa njleb banget. 

Maka Jadilah setengah bulan ini, dengan daya ingat yang berasa mulai lemah, saya berjuang untuk menghafalkan Ar-Rahman. Target Awalnya sih sebulan tapi memasuki tanggal 15 kemarin, hafalan saya hampir rampung. Dan tahu apa hasil perenungan saya? ternyata selama ini sayanya aja yang nggak istiqomah, ditambah ma'siyat yang jalan terus maka jadilah hafalan itu masuk lalu keluar, terkadang juga mental.

Lalu gimana caranya? caranya ini ala-ala saya aja ya. Karena siang hari saya habiskan di kantor, jadi kebanyakan waktu menghafal saya hanya di antara magrib dan isya (biasanya habis isya udah tindro). Alhamdulillah, sekali duduk bisa dapat 2-3 ayat. Mengenai waktu bisa disesuikan dengan kelowongan masing-masing.

Cara Pertama

Berdo'a. 

Terdengar biasa banget ya? tapi coba deh tanya diri masing-masing sudah sesering apa kita berdo'a meminta dimudahkan untuk menghafal ayat-ayat Allah.

Pertanyaan ini jadi pertanyaan menohok saat ada pelatihan pandai faham al qur'an di tempat saya berkerja.

Dan jawabannya kalau mau jujur, permintaan yang satu ini sungguh jarang-jarang kita pintakan dengan sungguh-sungguh.

Cara Kedua

Pilih Mushaf Al Qur'an yang 'kamu banget'. Hehe. Saya beberapa tahun belakangan ini setia pada satu mushaf, Mushaf Al Fathih namanya. Al Qur'an Al Fatih dilengkapi dengan terjemahan perkata, lengkap dengan kode tajwid yang berwarna-warni. Hal ini memudahkan kita untuk menghafalkan arti ayat- ayat yang sedang kita baca.


Cara Ketiga 

Baca berulang-ulang. Karena saya tipikal nggak sabaran, saya baca berulangnya nggak sampai 10 kali, pengen cepat-cepat mulai menghafal. Dari beberapa referensi yang saya baca, sebagian penghafal Al Qur'an membaca sampai 6o kali setiap surah yang ingin di hafal.

Cara Keempat

Baca artinya dan tau surah yang kita hafal berkisah tentang apa.

Ini adalah salah satu motivasi untuk saya pribadi saat ingin mulai menghafal. Selain melihat ayatnya panjang-panjang apa nggak, biasanya arti terjemahan dari surah tersebut menjadi fokus saya.

Dan Surah Ar Rahman ini, masyaallah, aduhhh, artinya benar-benar membuat saya rajin-rajin berkaca, kembali mengaduk-ngaduk hati sendiri yang masih jarang bersyukur.

Cara Kelima

Nah barulah mulai menghafal. Sebelum menghafal, saya sengaja menandai semua ayat berulang yang ada dalam surah Ar-Rahman. Surah Ar Rahman yang terdiri dari 78 ayat memiliki ayat berulang sebanyak 31 ayat. Jadi harus di hafalkan hanya kisaran 47 ayat. Target awal saya yang kira-kira butuh waktu sebulanan ternyata bisa lebih cepat, balik lagi, karena saya nggak sabaran.


47ayat jika dibagi 2 ayat perhari maka hanya butuh waktu sekitar 24 hari saja untuk di hafalkan. Dan saya yakin jika sudah mulai menghafal target dua ayat perhari akan terlampui dengan sendirinya apalagi sebelumnya sudah membaca artinya.

Yang jadi salah satu kendala dalam menghafal Surah Ar-Rahman adalah karena banyak ayat berulang jadinya kebolak-balik, untuk mentaktisi ini, saya sengaja menandai nomor ayat, yang terdiri dari dua ayat di sela-sela pengulangan ayat berulang (Sering keder sendiri, alias lupa), Saya tandai pake stabilo warna pink. Sisahnya ganti-gantian antara ayat berulang dengan ayat selanjutnya. Satu ayat, satu ayat. (ribettt ya, wkwk, mudah-mudahan bisa dimengerti ya, saya bingung gimana cara ngejelasinnya)

Cara Keenam

Biar lambat asal hafal :)

Pelan-pelan aja, jika menargetkan sebulan, maka manfaatkan waktu sebulan itu untuk benar-benar hafal sampe ngelotok banget. Jangan buru-buru. Insyallah jika istiqomah dipenghujung bulan surah ar-rahman sudah menjadi tabungan hafalan kita.

Cara Ketujuh

Muraja'ah. Salah satu caranya dipake saat sholat. Usahakan juga sering-sering mendengarkan ayat-ayat yang sedang kita hafalkan sekalian mengoreksi udah benar belum ya hafalan kita.

Sekian dulu catatan saya kali ini. Maafkeun ya jika ada yang kurang pas.

Semoga Kita dimudahkan :)

16 Agustus 2016

You Might Also Like

9 comments

  1. Sangat menginspirasi.. syukron..

    ReplyDelete
  2. Assalamualaykum mba,,, sy menemukan blog mba tanpa sengaja, link blog mba yg berjudul "Obesistuff: Penyakit Muslimah Kekinian?" di share oleh teman sy dan muncul di timeline fb sy,,, sy tipe orang yang senang membaca namun sekalipun tidak pernah menulis,,,berawal dari tulisan itu sy lalu kepo dan membaca banyak tulisan mba, random saja,,, di beberapa tulisan mba sy ingin berkomentar tp urung sy lakukan dan kemudian sampailah saya pada tulisan ini dan menemukan kata "tindro", mba org makassar yah? dan karena hal ini sy jadi berani ingin berkomentar,,, hehehe... #syorgmakassar #nggapentingyah

    banyak hal ingin sy sharing dengan mba, mengenai perasaan sy yg sangat senang membaca tulisan tulisan mba, sy yg malu dan tersentil karena sy pribadi yg kurang berusaha untuk belajar,,, satu hal yg sangat menginspirasi sy dari tulisan ini, mba sangat semangat untuk menghafal Ar-Rahman dibandingkan sy yg terkesan sangat santai,,, selama ini sy tidak meniatkan menghafal tp sy senang sekali mendengarkan murrotal Mishary Alafasy, dari suara beliau yg sy ulang terus setiap hari nya ntah berapa kali dalam sehari, sy sudah bisa mengikuti pelafalan beliau namun jika lepas dari arahan suaranya sy belum menghafalnya...

    sejak Januari 2017, saat sy tau bahwa sebagian ulama mengharamkan Musik sy mulai mengganti dengan mendengarkan murrotal AlQuran, dan bertemulah sy dengan Qori Mishary Alafasy (ini pun tidak sengaja), Takdir Allah memang indah... hehehe

    lah kenapa sy jadi curhat yah ke mba,,, sehat sehat selalu mba, ruwaid dan ayahnya...

    salam kenal mba,,, sy nuni nurqalbi (lah ini sy baru perkenalan di belakang)hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa''alaykumsalam... salam kenal juga ya nuni :)

      Delete
    2. iya kk rahmah, qt udah temenan di FB,,, hehehe... nama akun aku Nuni Rismayanti Nurqalbi...

      Delete
  3. Saya baru beberapa hri ini tergerak buat ngafalin ar rahman kak. Trmksh sharingnya😊

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah sangat bermanfaat 🙏🙏

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah,semoga hafalan ku di kelas VIII semester ganjil ini lancar.... aamiin :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah terima kasih atas pencerahannya. Saya lagi belajar menghafal juga...

    ReplyDelete

I'm Proud Member Of