#gamelevel3: Montessori - Kegiatan Ketrampilan Hidup

11:21:00 PM

Setiap kali ngomongin anak-anak perasaan saya selalu dibuat takjub dan senang oleh hal-hal yang mereka buat, ntah itu cara mereka tertawa atau cara mereka marah. Ya sepusing-pusingnya menghadapi anak tantrum pun saya masih sempat dibuat tertawa saat anak menunjukan emosinya dengan cara-cara yang nggak saya pikirkan sebelumnya, seperti beberapa hari ini setiap kali emosi atau nggak suka sama sesuatu anak saya akan melipat tangannya di dada sambil tarik napas dan mengeluarkan suara bisik-bisik yang maksud dan tujuannya hanya dia yang paham. hehe

Hari ini sudah masuk #gamelevel3 tantangan 10 hari menuliskan kegiatan dengan anak di rumah. Tema #gamelevel3 adalah meningkatkan kecerdasan anak. Untuk game level tiga selain mengusung tema meningkatkan kecerdasan anak, peserta juga diajak untuk membuat family project yang bisa dilakukan bersama-sama.

Lalu apa yang akan kami lakukan dalam 10 hari kedepan?

Setelah ngobrol dengan suami, berangkat dari kajian yang adab yang baru kami nonton sama-sama, rencananya family project kami akan mengangkat tema main-main ala montessori dengan kegiatan    ketrampilan hidup, tapi sebelumnya kami akan belajar Adab dulu.

Kenapa adab? hal ini berangkat dari kajian pembahasan adab yang dibawakan ustadz Nuzul Dzikri. Ustadz memaparkan bahwa diakhirat nanti orang tua akan ditanya tentang adab anaknya. Pembahasan adab ini semakin berasa pentingnya karena adab dimasa sekarang semakin dilupakan oleh penuntut ilmu atau minimal tidak lagi menjadi hal yang utama. Orang tua berlomba mengajarkan berbagai ilmu pada anaknya sedang pada adabnya mereka lupa. 

Nah kira-kira untuk anak seumuran Ruwaid (2y2m) mudahnya belajar adab apa ya? 

Insyaallah 10 hari ke depan Ruwaid akan belajar adab saat mulai belajar, untuk anak seumuran Ruwaid belajarnya = main, jadi tiap kali kami mulai main-main saya akan mengajaknya membaca doa memohon ditambahkan ilmu.

Untuk kegiatan montessorinya saya mengambil beberapa referensi dari buku montessori di rumah yang ditulis Elvina lim Kusumo.

Bismillah, semoga dimudahkan. Ruwaid lets go!😁

#Harike1
#Tantangan10Hari 
#GameLevel3
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of