29 Ide Permainan bersama Bayi

8:16:00 AM


Dua hari lagi anak saya, Ruwaid, genap berusia satu tahun. Perjalanan satu tahun ini banyak sekali kenang-kenangannya, dan terjawablah sudah saya ini tipe ibu seperti apa. Saya si ibu baru yang gampang gelisah, ingin terus memeluk anaknya rapat-rapat.

Memasuki usia satu tahun, anak saya memiliki ketrampilan baru yakni naik turun kasur, kalau diitung-itung dalam sehari ada kali 77777 kali doi naik turun kasur. Pandangannya juga jadi sangat tajam, segala remah-remah makanan bisa dilihatnya dan langsung dihaaap, semutpun dikira makanan, butiran nasi yang nyelip disela-sela lantai kelihatan jelas sama doi. hahaha.

Bisa dibilang satu tahun belakangan kerjaan saya banyakan main-main sama anak bayi yang gampang banget dibuat ketawa, si anak ini nggak pernah peduli sesederhana apa mainan yang saya kenalin, udah berapa kali saya mengulang mainan dan lelucon yang sama. Si anak juga rupanya nggak perlu mainan mahal-mahal, yang penting ditemanin main, dia udah girang banget. Kebanyakan mainan yang saya kenalin ke dia nggak jelas apa faedahnya, yang penting dia senang 'nggak berbahaya'.

Jadi Saya sama Ruwaid mau sharing nih, mainan apa saja yang udah kita lakoni selama setahun ini, sekalian minta tambahan ide juga ya mainan yang bikin senang untuk anak usia satu tahun ke atas. Sekalian juga buat kenang-kenangan yang nanti bisa dibaca Ruwaid kalau udah gede :)

Maafkan yaa ini ide mainnya saya ketik nggak urut berdasarkan jenjang umur, anak saya baru aktif banget main pas udah bisa merangkak.

1. Latihan tengkurap dan merangkak

Latihan ini sebelum doi bisa tengkurap dan merangkak. Sekarang sudah lincah warbyasak. Saya sampai encok ngejar-ngejar dia yang suka banget merangkak ke pojokan bawah meja.

2. Ngobrol 

Saya biasanya mendudukan Ruwaid diperut saya dan mengajaknya ngobrol.

3. Main tebak-tebakan huruf Hijiyah / Flash card / Tempelan di dinding


Mainan ini pertamanya pake flashcard tapi karena anak saya doyaan banget makan kertas akhirnya saya ganti pake poster yang saya tempel dinding. Posternya saya lakban mati, hehe, walaupun sama doi masih suka dicungkil-cungkil juga tuh lakban. Cara mainnya gampang, tinggal dibacain aja sambil sesekali nanya ke anak "ini huruf apa"

4. Baca buku bareng


Walaupun faktanya buku yang saya pegang selalu disambar sama dia, Kadang kalau lagi anteng saya gendong sambil dibacain buku atau saya tiduran sambil baca buku nanti dengan sendirinya dia ikutan juga.

5. Nyebrang jembatan

Kebetulan tempo hari ada dus-dusan rak yang bisa dibikin model jembatan, dusnya ada tiga, panjangnnya kira-kira 70 centi, lebarnya 40 centi, tingginya 10 centi, nah dus itu saya jejerin, anaknya saya pancing pake mainan ke atas 'jembatan'... Ini saya ulang berapa kali baru dia bisa nyebarang jembatan, dia masih suka disorientasi gitu, suka belok-belok merayapnya, tau-tau udah keluar arena. Hahaha

6. Berjuang keluar dari terowongan

Terowongannya adalah kaki kursi sama bouncer.. haha.. nyusahin nggak sih? anak saya nggak tahu kenapa ada satu masa suka banget merayap ke bawah kursi sama bouncer, bisa masuk tapi nggak bisa keluar. Ya udah sekalian jadi mainan deh, ngelatih dia keluar sendiri.

7. Buka-tutup tuperware 

Tuperwarenya saya kasih ya kecil bentuknya mirip-mirip tapi beda warna, sekalian ngenalin warna, saya tunjukin cara buku-tutup + Nyocokin wadah sama tutupnya.

8. Mengenal tekstur

Nggak harus mainan khusus, saya kenalin tekstur ke anak saya pakai kain dan piring plastik dengan tekstur yang nggak sama. 

9. Main petak umpet

Biasanya saya nutup kepala pake selimut atau sarung, pas dia udah nyari-nyari saya kagetin dia.. baaaa... hehe.. dia girang pisan lihat emaknya.

10. Mengenal warna

Biasanya pas saya lagi lipat baju setiap kali melipat saya kenalin ke dia warna baju yang saya lipat, Dia ngerti nggak ya? nggak tahu deh.. hahaha. Yang penting dia nggak dicuekin sama nggak ngeberantakin lemarin.


11. Nonton bareng

berhubung tivi dikontrakan rusak jadilah nontonnya pindah ke laptop. Nontonnnya banyakan murotal sama ceramah, sesekali nonton ipin upin. Manfaatnya apa? biar emaknya ada hiburan juga.. hihi

12. Ruwaid Jadi Pesawat

Caranya dimulai dengan duduk di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki datar pada lantai di depan. Tempatkan perut bayi di kaki bawah dan pegang tulang belakannya ketika mau berbaring di lantai. Bayi akan terangkat diudara seperti pesawat yang lepas landas.

13. Manjat-manjat


Anak saya lagi deman banget manjat-manjat, saya tinggal jagain dia biar nggak kejungkal. 

14. Mukul gendang

Anak saya suka banget bunyia-bunyian, main mukul gendang sekalian latih motoriknya, gendangnya pake celengan. Stiknya pake ulekan makanan mpasi yang nggak dipake lagi. Mainan grencengan udah saya kenalin sejak dia masih orok, pas udah bisa duduk mulai naik tahap ke mukul gendang.


15. Main gigit-gigitan

Di umur hampir satu tahun dia nggak suka lagi gigit mainan teethernya dia, dia justru lebih girang kalau berhasil ngegigi lengan, perut, tangan, atau pundak emaknya. Kadang biar dia senang, saya kasih tangannya saya untuk dia gigit trus saya pura-pura kesakitan dan diapun senang. Kadang juga gantian, saya yang gigit betis sama lengannya dia. GEMAS

16. Mengeluarkan CD-R dari tempatnya


Ini pake tempat CD bapaknya dia, hehe. Cara mainnya biarkan anak bayi berusaha sekuat jiwa untuk ngeluarin piringan CD dari tempatnya, kasus anak saya, karena nggak bisa dikeluarin satu-satu akhirnya tempat CD nya dibalik dan berhamburanlah.

17. Ngeluarin buku atau baju dari rak atau mainan dari tempat tisu.

Dia paling senang banget ngalakuin ini, manfaatnya apa sih? sekali lagi sodara-sodara saya juga nggak ngerti, haha, yang penting dia senang aja. 

18. Main Kemah-kemahan / rumah-rumahan

Tinggal pake sarung trus ajak anak bayi masuk ke dalam sarung. Anak saya girang banget pas pertama kali saya kenalin mainan ini.

19. Main mobil-mobilan


Saya dudukin si anak bayi ke dalam keranjang setrikaan yang dialasi selimut trus saya dorong bolak-balik lengkap dengan suara ngeng ngeng dari emaknya.

20. Jalan-jalan pagi sore

Ini sekalian me time emaknya. Manfaatnya banyak banget selain bisa menghirup udara segar, anak juga bisa dikenalkan banyak hal yang ditemui pas jalan, seperti ayam, kucing, bunga-bunga, warna, kenalan dengan orang baru, dll. Anak juga bisa menyentuh tanah, daun, rumpur, sekalian kenalan sama tekstur yang ada di alam. 

21. Belajar sebab akibat

Nah anak bayi itu punya hobi bolak-balik jatohin mainannya, ternyata ini cara mereka belajar sebab akibat. Biasanya pas lagi ngeajatuh-jatuhin mainnanya, saya sengaja sembunyiin, pas dia udah nyari-nyari baru deh saya keluari.. hehe. Anak bisa diajarin sebab akibat lebih banyak lagi.

22. Main boneka

Ruwaid punya boneka upin. Biasanya kami ngobrol bertiga. hehe

23. Melipat baju bareng

Saat Ruwaid udah bisa duduk tegap, saya sering ngajakain dia pas saya lipat baju-lipat baju. Sebiasa mungkin saya libatkan dia ditiap aktivitas saya.

24. Menyusun Puzzle balok

Saya yang susun doi yang bongkar. hahahaha

25. Ngajak anak ke tukang sayur

Biasanya pas ditukang saya saya kenalin ke dia macam-macam warna, sayur, dan buah-buahan.

26. Belajar jalan, melangkah

Memasuki usia satu tahun Ruwaid sudah bisa berdiri sendiri sambil pegangan, sebentar lagi jalan insyaallah.


27. Mengenalkan bermacam-macam ekspresi

Kayaknya ini yang paling sering banget saya ulang-ulang, Ruwaid ketawa girang padahal saya cuma melet-meletin lidah sama kedip-kedipin mata.

28. Mengenalkan anggota tubuhnya dia

Di ulang-ulang tiap pagi, tiap mandi, tiap ganti baju. Sesekali diselipin kalau ada bagian-bagian yang nggak boleh dilihat sama dipegang orang lain, ini aurat harus ditutup. Doi pasti nggak ngerti saya ngomong apa. HAHAHA

29. Gendong, peluk-peluk sayang :)

Masyaallah, si anak bayi udah satu tahun aja, perasaan baru kemarin lahir, tau-tau udah gede aja, dan lama-lama akan lebih senang jalan sendiri, nggak bisa dan nggak mau digendong lagi. Mumpung masih bisa digendong-gendong, dipeluk-peluk, saya sering banget ngelakuin dua hal ini.

Dari segambreng mainan yang saya ceritain di atas, yang paling bikin saya senang adalah kesempatan bisa main-main sama dia tiap hari, melihat dia senyum-senyum karena hal-hal sederhana yang saya lakukan. Sehat-sehat terus ya Ruwaid sayang 













You Might Also Like

1 comments

  1. Poin 23 bagus mba Rahma.... Sekalian bisa bsntu2 tugas emaknya hahaha

    Tambah lucu aja Ruwaid... Emaknya pinter bikin anak bayinya senang dan bahagia... Semangat terus emaaaak yaaa....

    ReplyDelete

I'm Proud Member Of