Tips mengatur keuangan setelah lebaran

08.15.00


Dompet kembali 'bersih' setelah Lebaran :D Ini kenyataan yang harus saya terima selepas lebaran tahun ini, ATM terkeruk sampai keraknya. haha. 

Rencana keuangan yang sudah saya susun rapi sebelum THR dan gaji keluar nyatanya berhasil melesat jauh. Tadinya saya pikir hanya saya saja yang merasakan kenyataan ini, eh teman saya juga ternyata mengalaminya. Dan ini bisa di bilang menjadi 'kelebihan' momen lebaran di banding momen lainnya. Jika di bulan lainnya gaji bulanan bisa mencukupi walau harus mengalami perihnya melarat di akhir bulan, maka harusnya dengan adanya THR hidup bisa lebih makmur... tapi... tapi.. tapi habis juga. Untung rekening tabungan saya enggak pake atm jadilah nggak bisa di colek-colek *Salah satu tips mengamankan tabungan. :D

Pagi ini saya kembali mengecek gaji bulan ini, udah masuk belum yak? :D

Belum!

Apa yang saya lakukan selanjutnya agar keungan kembali stabil? *coba nyari di gugel tips-tips mengatur keuangan setelah lebaran.

Tips yang saya dapat ada beberapa dan sudah saya praktekan. Ini dia tipsnya :)

1. Mengecek kembali pengeluaran selama lebaran (Ramadhan)

Banyakan habis di makanan.. hehe, sama beberapa kejadian tak terencana seperti pipa pam yang bocor, setelah pipa pam selesai diberesin tukang, selanjutnya giliran palfon toilet yang roboh. Panggil tukang lagi deh. Awalnya sempat puyeng juga, tapi setelah ngobrol-ngobrol sama pak tukang saya jadi malu sendiri, beliau mengatakan bahwa beliaaau saat itu lagi butuh uang untuk keperluan lebaran anak-anaknya, dan pas, kami memakai jasanya.

Setelah kerjaan beliau beres, suami saya sempat bilang sepertinya kita kurang sedekah, jadinya gini, dipaksa mengeluarkan duit.. hehe. 

Yang pasti jalan rezki emang nggak di sangka-sangka, rezki si bapak tukang Allah titipkan pada kami dengan caraNya. 

2. Mengintip Atm, masihkan ada yang tersisa di kerak atm sana. 

Masih ada, tapi enggak bisa di keruk lagi :D

3. Menyusun kembali rencana keuangan...

Yup.. harus move on... susun kembali rencana keuangan. Rencana keuangan yang lalu-lalu bisa menjadi bahan perenungan berhasil tidaknya kita. Jika sudah berhasil maka lanjutkan, jika belum maka barangkali ada yang harus di revisi.

Sabtu kemarin saya ke gramedia nyari wangsit lewat buku-buku yang sampulnya udah kebuka. Buku Ipho santoso yang judulnya magnet rezki (kalau ngga salah ingat ya) memberikan beberapa tips pengaturan keungan. Sub Judulnya " Habiskan gajimu" Provokatif  yah padahal kenyataannya emang selalu abis.. hehe.

Dari hasil baca-baca itu saya mengambil beberapa point yang bisa saya amalkan.

Pertama.. Sedekah musti di awal, gak usah mikir macam-macam dulu pas gaji keluar, langsung di sisihkan untuk sedekah dkknya.

Kedua.. Tabungan musti di sisihkan sebelum melangkah kepengeluaran.

Ketiga.. mulailah mengatur untuk pengeluaran.

4. Kembali Fokus bekerja (sambil nunggu gajian, hehe)

:) 

Sumber gambar: pink-wallet

27 Juli 2015





You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of