Game level 5 : Menstimulasi Anak Suka Membaca (Day 6 - 10)

12:00:00 PM


DAY 6 - Bilal Sang Muadzin

Setelah beberapa hari ini rutin bacakan Ruwaid buku, yang paling berasa berat adalah konsisten dan memberikan teladan yang baik untuk lebih sering baca buku dibanding lihat handphone.

Hari ini Ruwaid saya bacakan buku Bilal sang muadzin, dengan sedikit akrobat dan adzan dari saya, alhamdulillah dia mau duduk tenang melihat buku, nunjuk-nunjuk gambar, dan nanya apa ini?

Alhamdulillah.

DAY 7 - Hamzah Singa Allah

Melanjutkan game level 5, hari ini Ruwaid nggak mau pegang buku, saya juga nggak dibolehin baca buku. hehe.

Akhirnya agenda baca buku diganti dengan main-main, sorenya pas lagi baring-baring saya ambil buku 'Hamzah Singa Allah' dan mengajak Ruwaid baca buku bareng, awalnya dia nggak mau, tapi karena melihat saya baca buku dengan suara agak keras akhirnya dia kepo juga. hehe.



DAY 8 - Abdurrahman Pedagang Yang Dermawan



Setelah sepekan  melewati game level 5, saya semakin bersemangat mengajak Ruwaid membaca, udah kelihatan banget, dia hanya mau baca buku kalau lihat saya baca buku atau pegang buku. Kalau nggak distimulus, kecenderungannya dia belum suka berlama lama sama buku.

Hari ini, biar lebih seru saya baca bukunya dengan menyebutkan semua nama-nama benda yang jadi ilustrasi di buku cerita Abdurrahman pedagang yang dermawan, alhamdulillah cara ampuh untuk mengajak Ruwaid baca buku walaupun fokusnya hanya sebentar.

DAY 9 - Belajar Mudah Rukun Islam

Untuk hari ini, Ruwaid ikutan baca buku yang saya baca. Walaupun akhinrya bukunya dia ambil terus dia tiduran sambil baca buku.  Masih seperti kemarin-kemarin, Ruwaid sibuk membuka halaman buku dan nanya-nanya 'apa ini? 'apa tuh'

Nggak sampe 10 menit dia udah lari, ngambil mainannya, bukunya ditinggal, pas saya ambil bukunya, dia datang lagi dan ikutan baca. hehe

DAY 10 - Tuntunan Doa Harian

Hari ini saya dan Ruwaid baca buku doa - doa harian, sekalian saya juga murajaah hafalan doa. Ini buku terakhir yang saya bacakan di game level 5 ini. Alhamdulillah, saat saya minta Ruwaid berdoa, dia langsung meletakan tangan di dada. Kami membaca beberapa doa harian seperti doa sebelum tidur, doa bangun tidur, doa melepaskan pakaian, dan doa sebelum makan.

---------

Pohon literasi Ruwaid untuk 10 hari ini mulai saya rimbungkan, tapi umi sama abinya belum selesai baca bukunya.

Alhamdulillah, dengan adanya game ini jadi semacam catatan kecil sudah baca buku apa saja, anaknya sudah dibacakan buku apa. Mudah-mudahan kedepannya bisa lebih semangat lagi. Aamiin

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of