Game level 5 : Menstimulasi Anak Suka Membaca (Day 1- 5)

11:51:00 PM



DAY 1- Membaca Yuk!

Bismillah. Sepanjang tahun 2018, saya lumayan sering baca buku, hal ini dilatari keinginan agar Ruwaid juga bisa ikutan senang membaca. Sejujurnya saya tuh gampang ngantukan, hehe, baru baca dikit udah ngantuk tapi kalau nggak dipaksain baca pasti nggak akan bisa jadi kebiasaan. 

Jadi, sekarang sebiasa mungkin dalam keseharian kami, saya kondisikan anak saya melihat saya baca buku. Dari dulu mereka yang senang membaca selalu mempunya nilai lebih dimata saya, apalagi kalau hasil yang dia baca kelihatan pada kepribadiannya. Tentu saja nggak akan mudah membentuk kebiasaan baik ini tanpa ada effort yang serius, apalagi untuk menularkannya ke anak. Saya sangat berharap nantinya Ruwaid senang membaca, dari membaca itu saya berharap lagi ia diberi ilmu yang bermanfaat yang berbuah amal. Aamiin

Nah...

Tema game level 5 kelas bunda sayang IIP yang saya ikutin berapa bulan ini sungguh bikin bahagia, tema yang diusung adalah bagaimana menstimulis anak suka membaca. Dan tahukah cara nomor satunya adalah 'Jadilah Teladan'. Masyaallah ya.

Periode Game Level 5 dimulai dari tanggal 10 sampai 26 Januari, peserta diminta untuk menjadwalkan Family Reading time, membuat reading tracker, menuliskan judul buku yang akan dibaca, dan membuat pohon literasi yang dirimbungkan dengan judul buku yang telah dibaca.

Masyaallah, pohon literasi ini bisa diisi dengan buku yang sudah dibaca sepanjang tahun setelah game ini selesai, jadi kelihatan sudah baca buku apa saja tahun ini.

Untuk mengisi Game level 5, saya dan Ruwaid akan membaca buku Sirah shahabat. Bismillah, doakan ya semoga istiqomah.


Untuk hari pertama ini baca buku barengnya sudah mulai tapi masih random alias nggak fokus. 😅

DAY 2 - Abu Bakar Yang Penyabar

Welcome Game level 5. hehe. Hari ini saya mulai membacakan buku untuk Ruwaid, awalnya harus dipancing dulu dengan nyebutin satu-satu gambar yang ada di buku, pas saya bilang ada 'maaao si kucing' dia langsung mendekat. Buku yang saya pegang diambilnya.

Hari ini saya bacakan buku 'Abu Bakar Yang Penyabar'.  Masyaallah, doi cuek sama ceritanya, hehe, dia lebih senang lihat gambar-gambar. Setelah itu dia mulai sibuk sama bukunya, saya mengambil buku bacaan, lalu membaca sambil tiduran, nggak lama kemudian dia ikutan baca sambil tiduran juga. Pas saya baca sambil tengkurang, dia juga ikutan. hehe

DAY 3 - Umar Yang Penolong


Masih seperti kemarin-kemarin, saat saya baca buku, Ruwaid akan mengambil buku yang saya baca. Hari ini saya sengaja membaca buku yang sudah saya siapkan untuk kami baca bersama, alhamdulillah walaupun Ruwaid nggak sabaran ingin pindah halaman tapi acara baca hari ini bisa selesai satu buku dan diulang sampai dua kali.

DAY 4 - Utsman Yang Dermawan

Memasuki hari ke empat ini, saya yang mulai nggak istiqomah baca satu buku, hehe, yang tadinya baca buku sirah sahabat, jadi pindah ke buku hidup minimalis. 

Hari ini saya bacakan kisah Utsman Bin Affan Untuk Ruwaid, dia sepertinya lagi nggak mood sama bukunya. Dia lebih tertarik sama buku yang saya baca. 

DAY 5 - Ali Sang Pemberani

Ruwaid masih lanjut dengan bacaan sirah sahabat, hari ini saya membacakan untuknya kisah sahabat yang mulia, Ali bin Abu Thalib. Hari ini acara bacanya cuma sebentar, Ruwaid memilih mainin lego saat saya bacain buku.

Berasa banget nih harus lebih rajin menularkan semangat baca ke anak, karena kelihatan matanya lebih berbinar saat lihat hp ketimbang lihat buku. 😅

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of