Lesson Plan Untuk Ruwaid 1y4m #1

3:21:00 AM


Alhamdulillah bulan ini anak saya, Ruwaid, sudah 16 bulan. Rasa membersamainya banyak senangnya, banyak ngantuknya juga. Diusia yang sekarang dia sudah bisa diajak curhat-curhatan, walaupun kadang pas saya curhat dia menatap saya dengan tatapan kosong trus balik badan dan bobo😅

Ruwaid juga sudah bisa membedakan mana handphone sama kalkulator, haha. Sudah tahu mana jilbab rumah sama jilbab keluar, hal ini kelihatan dari reaksinya yang beda tingkat histerisnya pas saya ganti jilbab.

Dia sudah bisa nunjuk-nunjuk barang yang dia suka, entah mengapa dia suka sekali sama galon dan balon, pernah pas ke pasar dia tiba-tiba mengeluarkan suara khas mau sesuatu sambil nunjuk-nunjuk, saya pakir apa, ternyata tumpukan galon kosong😂

Karena Ruwaid sedikit-sedikit sudah bisa diajak komunikasi, jadi bulan ini saya mulai membuat semacam lesson plan dengan tujuan agar hidup tetap asik dan penuh tawa saat menemani anak yang hobinya bongkar-bongkar. Tujuan lainnya biar saya nggak mati gaya karena kehabisan ide main apa lagi nih, akhirnya kepikiran buat lesson plan di awal tahun kemarin untuk satu bulan kedepan dan insyaallah akan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya.

Alhamdulilla, lesson plan membantu kegiatan main-main di rumah. Karena Ruwaid saya nggak kasih banyak mainan, jadi saya harus mikir gimana nih biar bocah nggak bosan. Dan ternyata anak seumuran Ruwaid memang nggak butuh banyak mainan, dia lebih senang main sama ibunya, mainin semua yang dipegang, disayang, dan sudah diberesin sama ibunya.😅


Awal Januari kemarin mulailah aktivitas harian kami bersama lesson plan yang saya susun. Realisasinya bikin senang, saya juga jadi punya kesempatan lagi untuk belajar lagi dan membaca artikel yang bisa dijadikan referensi. Dengan Lesson plan kami jadi kayak main sekolah-sekolahan, Ruwaid muridnya saya gurunya, kadang kalau lagi ngelamun saya suka mikir nanti jaman ruwaid sekolah uang pangkal masuknya pasti udah mahal banget, jaman now aja udh udah luar biasa😅

Lesson plan yang saya susun masih sederhana sekali, kegiatannya masih sama untuk satu pekannya, ini akan kami ulang-ulang. Mungkin nanti kalau Ruwaid sudah masuk usia dua tahun baru dibuat perhari, dengan tema-tema khusus seperti yang ada di pinterest, pelaksanaanya juga kadang masih banyak lupanya tapi senggaknya dengan lesson plan ada patron untuk bahan evaluasi ibunya sudah ngajarin apa saja ke anaknya.  Untuk referensi saya ngikutin ada di blog sabumi dengan penyesuian kira-kira Ruwain lagi senang apa.

Saya share di sini ya lesson plan kami, mudah-mudahan membantu ibu-ibu yang suka mati gaya seperti saya😅. Saya akan senang sekali kalau ada teman-teman yang memberikan masukan. Mudah-mudahan seiring waktu lesson plannya bisa lebih baik lagi.

JANUARI - PEKAN 1 & 2

Shirah / Buku

Kisah Abu Bakar yang penyayang

Kalimat Thayyibah

Bismillah

Adab 

Belajar adab makan

Makan dan minum sambil duduk, sebelum makan dan minum baca bismillah, doa saat lupa membaca bismillah saat mulai makan.

Hadis

Jangan Marah
لاَ تَغْضَبْ وَلَكَ الْجَنَّةُ»

"Janganlah engkau marah, niscaya bagimu surga" (HR. Ibnu Abi Dunya)

Al Qur'an (Diputarkan dan dibacakan)

Pekan 1 >  An Naba 3-7x dalam sehari
Pekan 2 > An Naziat 3-7x dalam sehari

Hari Jum'at: Diputarkan Al Kahfi
Dzikir Pagi Petang

Pratical Life Skills

Menyendok balok  kecil ke mobil truk
Menyusun balok besar
Mengenalkan buah Semangka, buah naga, dan Pisang
Mengenalkan bagian tubuh kaki dan tangan
Main Big Bear dan Littler Bear (Besar-kecil)

JANUARI - PEKAN 3 & 4

Shirah / Buku

Kisah Umar Yang Pemberani

Kalimat Thayyibah

Alhamdulillah

Adab 

Sebelum tidur

Membaca triqul dan do'a

Hadis

Berdo'a yuk..
 أَفْضَلُ الْعِبَادَةِ هُوَ الدُّعَاءُ “Ibadah yang paling utama adalah doa.” (HR. Al-Hakim)

Mengajarkan kepada Ruwaid kalau ada keinginan langsung minta ke Allah..

Al Qur'an (Diputarkan dan dibacakan)

Pekan 3 > 'Abasa 3-7x dalam sehari
Pekan 4 > At Takwir 3-7x dalam sehari

Hari Jum'at: Diputarkan Al Kahfi
Dzikir Pagi Petang

Pratical Life Skills

Mengenalkan Semut, Ayam, Kucing (hewan yang ada di dekat rumah)
Mengenalkan bagian tubuh kepala dan perut
Menuang benda cair
Menuang benda padat
Main Up - Down

Akhir Pekan: Main di lapangan
Akhir Bulan: Berenang

Practical life skills ada banyak contoh yang bisa diajarkan ke anak, kadang tanpa terencana muncul ide-ide tanpa harus beli mainan baru lagi kaka, hehe.

**

Untuk sementara Lesson plan kami ini dulu, sambil dilihat-lihat lagi kalau belum maksimal di bulan Januari maka insyaallah dicoba lagi di bulan Februari begitu seterusnya 😆 Doakan mudah-mudahan istiqomah😇

Referensi:
sabumihomeschooling.wordpress.com
Urutasn hadis saya ambil dari program MAHIR Yufid Edu (bisa dilihat di youtube)
Hafalan Al Qur'an saya contek dari buku Ayah Bunda Jadikan Hafidz Al Qur'an
Di Pinterest ada banyak lesson plan berdasarkan tema yang bisa dicontek

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of