my life as a blogger 'newbie'

11.35.00

Sudah tiga bulan ini saya bergabung dengan komunitas blog, dan tahu apa yang terjadi? saya kedeer, haha. Saya sampai bingung sendiri melihat pemberitahuan yang datang hampir tiap menit tentang adanya postingan baru dari anggota komunitas. Melihat hal itu membuat saya yang masih amatiran ini ikut terbawa arus, duh mau dibawa mana ke blog saya. Konten apa yang harus saya angkat agar menarik, agar menjadi viral sekalian, agar bisa menang lomba-lomba blog yang hadiahnya hampir sepadan dengan gaji saya tiap bulannya.

Galau? YES!

Sempat terbersit tanya... duhai Rahma sebenarnya apa tujuan kamu ngeblog? Just sharing or? ingin terkenal atau? ingin dapat duit atau? bla..bla.. bla... *kegalauan khas ala blogger amatiran. 

Saya jadi ingat empat tahun lalu saat pertama kali mulai menulis-nulis, karena belum bisa jadi istri sholehah, ya minimal jadi blogger sholehah dulu :D

Dalam perjalanan si blogger sholehah lupa visi misinya, haha, jadilah isi blognya banyakkan curhatan bersambung.

Balik lagi, pentingkah menetapkan tujuan dari ngeblog?

Untuk saya pribadi jawabannya adalah penting banget, sebab semakin kesini, saat sudah mengenal berbagai latar blogger, dan berbagai konten yang begitu menggoda dengan konsekuensi menggadaikan idealisme awal yang diusung. Lalu apa gunanya ngeblog jika pada perjalanannya tidak membawa kebaikan apa-apa meski untuk diri sendiri. Kebaikan apa macam apa? Untuk seorang muslim kebaikan itu adalah apa-apa yang bisa mendekatkannya kepada Allah.

Karena hal ini saya teringat obrolan dengan suami beberapa bulan lalu tentang aktivitas membaca dan menulis yang terkadang bikin besar kepala, merasa lebih tahu. Obrolan kami mengingatkan saya pada  perjalanan menghentak-hentak penuh emosi Umar bin Khatab, namun emosi itu luluh seketika karena sebaris ayat. Duh tidakkah kita berkaca, pada berlembar-lembar buku yang sudah kita tamatkan, pada berbaris-baris kata yang sudah kita tuliskan. Adakah itu mendekatkan diri kita pada Allah? karena diluar sana banyak jiwa-jiwa yang tersembunyi namun hati mereka lembut, tak perlu banyak buku, tak perlu banyak tulisan, pun sekedar mendengar nama Allah disebut hati mereka sudah bergetar, iman mereka sudah bertambah.

Berikutnya, yang harus selalu dijaga setelah menetapkan tujuan ngeblog adalah niat. Sebagai muslim perkara NIAT selalu menjadi yang terdepan, dan menjadi tolak ukur nilai sebuah postingan, nilai yang saya maksud apakah itu termaksud ibadah atau bukan. Membuat satu tulisan untuk saya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, dan bukankah akan menjadi sia-sia jika tulisan itu tidak bernilai apa-apa di mata Allah karena dari awal niat kita bukan karenaNya. 

Urusan niat adalah urusan pribadi, kita tidak akan pernah mampu menakar kedalaman niat seseorang, apa pun bisa bernilai ibadah, dan karena jelas makna ibadah tidak boleh dipersempit, namun harus saya katakan, pujian itu begitu manis, ingin terkenal itu begitu menggoda, kita berlindung dari Riya dan Sum'ah pada apa-apa yang kita tuliskan.

Dan selamanya niat saja tidak akan pernah cukup, karena ada hal-hal yang harus kita pertimbangkan apakah itu bersinggungan dengan syari'at atau tidak. Salah satu prinsip yang dianut oleh para blogger adalah sharing is caring atau semoga dengan berbagi kita termaksud yang disabdakan nabi bahwa sebaik-baik kalian adalah yang paling bermanfaat. Menakar sejauh apa bermanfaatnya tulisan yang kita sharing adalah salah satu pertimbangan utama sebelum mempublikasikan apa yang kita tulis.

Dengan ini semoga Allah memberikan taufik-Nya sehingga menulis bisa menjadi salah satu pintu-pintu kebaikan yang menuntun langkah tertatih kita menuju pintu-pintu syurgaNya. Kita berlindung kepadaNya dari sifat mencintai pujian.

Salam,

You Might Also Like

1 comments

  1. Baru kemarin saya nulis yang kurang lebih intinya sama. Apa sih tujuan ngeblog sebenernya. Saya juga liat euforia tentang dunia perbloggeran yang semakin kesini semakin meningkat. Semoga saja niat awal berbagi tidak melenceng ya mbak. Karena niat awal saya ngeblog juga berbagi :)

    BalasHapus

I'm Proud Member Of